Harga Set Top Box TV Tabung, TV Tabung Jadi Smart TV Digital Android

Sekarang ini sudah ada banyak cara untuk menonton siaran televisi. Mulai dari siaran TV analog, siaran TV digital dan siaran TV streaming bahkan siaran TV parabola. Berbagai opsi ini memang menawarkan teknologinya sendiri untuk menonton siaran televisi. Teknologi terbaru ada salah satu siaran TV digital yang menawarkan gambar lebih jernih dan canggih. Untuk itu perlu penambahan alat khusus seperti Set Top Box, namun harga dari Set Top Box untuk TV led dan tabung ini juga bervariasi.

Sangat disayangkan memang jika Anda langsung menjual TV lama Anda dan membeli TV baru, padahal TV lama Anda masih bagus. Sebenarnya untuk mengakalinya memang dibutuhkan perangkat lain, tergantung Anda mau pilih yang mana. Misalnya menggunakan parabola, digital maupun smart TV.

Apa itu Set Top Box ?

Set Top Box

Set Top Box ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk menangkap siaran televisi dari berbagai pemancar. Misalnya saja digital, parabola dan internet. Jadi karena ada beberapa jenis ini, Set Top Box sendiri ada berbagai tipe dan penggunaannya harus Anda pahami, ini agar Anda tidak salah beli jika ingin merombak TV tabung Anda menjadi smart TV.

Baca Juga :  Harga Tiket Cinema XXI dan Sejarahnya

Jenis – Jenis Set Top Box

Ada beberapa jenis Set Top Box yang perlu Anda tahu. Sekaligus sebagai rekomendasi bagi yang membutuhkan agar bisa menyesuaikan dengan jenis TV dan siaran apa saja yang akan di terima.

1.Set Top Box TV Digital

Ini merupakan alat untuk menerima siaran TV digital. Belakangan ini pemerintah memang resmi akan menutup siaran televisi analog dan akan menggantikannya dengan siaran televisi digital. Menggunakan teknologi yang lebih canggih baik dari segi gambar maupun suara. Terlebih memang ada kelebihan yang bagus menggunakan Set Top Box ini.

Cara menangkap siaran televisi digital ini perlu menggunakan set top box digital. Untuk cara pemasangan ke televisi cukup mudah. Anda bisa menggunakan kabel HDMi atau menggunakan kabel jack audio video. Namun karena kali ini kita akan bahas khusus mengenai televisi tabung, maka gunakan kabel jack audio video.

Pada antena langsung masuk ke koneksi di Set Top Box nya. Kemudian nyalakan televisi tabung Anda dan pilih menu lalu pilih mode, atau kadang juga ada menu masukan dan source. Pilih AV dan nyalakan Set Top Box nya. Kemudian menu Set Top Box ini akan muncul. Untuk melakukan setting Anda bisa menggunakan remot atau bisa juga menggunakan alat bantu lain jika memang ada di perlengkapan Set Top Box nya.

Baca Juga :  Harga Headset Bluetooth yang Bagus 2022

2.Set Top Box Android

Salah satu Set Top Box android Indihome sudah kami bahas di Set Top Box versi Android. Cara settingnya menggunakan kabel yang sama. Namun pada jenis Set Top Box ini memang menggunakan jaringan internet untuk bisa mengakses layanan televisi streaming dan video streaming lainnya.

Memang lebih lengkap dan bisa Anda sesuaikan ingin menonton siaran atau live streaming apa saja, namun jaringan internet Anda juga harus stabil dan lancar.

3.Set Top Box Parabola

Khusus pemakai parabola dan siaran TV berlangganan memang gambar jernih dan bahkan teknologi ini juga mampu menonton siaran televisi luar negeri. Namun Anda harus berlangganan dengan platform penyedia langganan, ini agar bisa menonton tanpa siaran yang diacak.

Harga Set Top Box TV Tabung

Harga dari berbagai Set Top Box ini sangat bervariasi. Mulai dari berbagai versi dan berbagai brand. Yang akan kami bahas secara khusus memang ada pada TV digital, mengingat ini paling bagus dan menjadi solusi bagi yang masih mempunyai TV tabung dan ingin melakukan upgrade dan tanpa membeli TV baru.

Baca Juga :  Harga Mobil Isuzu Elf Terbaru

Adapun siaran digital ini tidak akan dikenakan biaya streaming maupun langganan apapun. Kualitas gambar lebih jernih dan kualitas audio juga lebih bagus. Tidak ada gambar semut, dan pastikan Anda segera membeli Set Top Box sebagai pendukung TV digital di siaran TV lokal Anda.

Secara cepat atau tidaknya, pemerintah memang menganjurkan untuk segera berpindah ke siaran TV digital, ini akan memberikan dampak yang baik juga bagi masyarakat. Akses informasi yang lebih jelas dan lebih canggih ini, juga bisa mencerdaskan Anda semua.

Namun dari beberapa Set Top Box memang kalau masih belum paham juga akan mengalami kendala dalam pemasangan. Misalnya saja terkait pemasangan koneksi, untuk TV tabung ini memang kabelnya menggunakan kabel audio video, sedangkan untuk LED dan sudah mendukung HDMI bisa menggunakan HDMI.

Untuk antena sendiri bisa menggunakan antena UHF lama Anda, jadi Anda tidak perlu membeli antena baru, cukup beli Set Top Box digital saja sudah bisa menikmati siaran TV digital.

Baca Juga :  Berikut ini Daftar Harga Mobil Lexus Sport Terbaru

Untuk harga Set Top Box ini bervariasi. Adapun yang banyak dijual di pasaran memang berada di kisaran 170 ribu sampai 300 ribu. Ini merek standar dan sudah bagus untuk digunakan. Anda bisa membelinya lewat toko elektronik terdekat, marketplace dan gerai televisi berbagai merek di kota Anda.

Cara Scan Siaran TV Digital

TV digital ini bisa Anda scan jika memang di daerah Anda sudah mendukung siaran TV digital. Anda bisa melakukan cek siaran TV digital yang saat ini ada di daerah Anda. Anda bisa mengeceknya menggunakan aplikasi sinyal TV digital yang ada di Play Store. Bahkan dengan cara ini sudah akurat berdasar berbagai pemancar yang tersedia di daerah Anda.

Kemudian Anda bisa masuk ke Set Top Box dan menu jaringan tv digital, kemudian lakukan scanning. Setelah mencari maka akan muncul berbagai siaran channel tv digital ini tergantung dari daerah Anda. Jangan lupa simpan dan lakukan lock pada channel agar tidak hilang.

Baca Juga :  Harga Paket HokBen Terbaru 2022

Sudah Scanning Tapi Tidak Ada Sinyal TV Digital ? Begini Solusinya!

Ini yang sering dikeluhkan oleh banyak pihak yang telah menggunakan dan beli Set Top Box. Padahal adakalanya beberapa memang tidak tahu cara melakukan setting pada Set Top Box. Mulai dari pemasangan koneksi kabel, hingga penyetelan daya antena maupun scanning sesuai zonasi terkait. Ada juga karena beberapa produk yang memang ada trouble terkait perangkat elektroniknya, jadi bisa dicek lebih dulu dan jangan sampai Anda kecewa membeli Set Top Box. Belilah Set Top Box berkualitas dan jangan sampai tertipu harga murah namun produk abal-abal.

Pada antena juga bisa dicek, kalau pada waktu scanning di frekuensi 500 mhz sampai 600 mhz memang sudah ada banyak siaran TV digital, jadi kalau dalam frekuensi ini belum mendapatkan channel, Anda bisa cek berbagai koneksi baik kabel maupun settingan pada antena.

Demikian ulasan singkat kami mengenai harga Set Top Box TV tabung, dan ayo migrasi ke siaran TV digital yang lebih jernih dan canggih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.