Seputar Harga Produk Terlengkap
Harga  

Daftar Harga Sewa Truck Mixer di 5 Kota Besar Indonesia

Harga Sewa Truck Mixer

Sebelumnya kami telah membahas mengenai harga batching plant untuk mendirikan ready mix. Namun untuk mendirikan sebuah unit usaha ready mix ini, perlu yang namanya alat dan kendaraan tambahan guna mensuplai dan mengalokasikan beton mix ke lokasi proyek. Misalnya saja mengenai unit truck mixer. Namun jangan khawatir, jika memang belum bisa memiliki unit truck mixer ini, Anda sebenarnya bisa sewa truck mixer. Berikut beberapa rekomendasi dari kami mengenai harga sewa truck mixer terbaik.

Truck mixer ini ada berbagai tipe. Mulai dari yang terkecil muatan 3 kubik sampai yang terbesar dengan muatan beton mix hingga 12 kubik.  Tentunya sangat disesuaikan dengan medan dan kondisi jalan, selain itu juga dikondisikan sesuai kebutuhan untuk mengirim ke lokasi proyek.

HUBUNGI KAMI SEKARANG

Kelebihan Menggunakan Truck Mixer

Sebagai saranan transportasi pengangkut beton mix, tentu saja mempunyai kelebihan menggunakan kendaraan berat yang satu ini. Mulai dari keadaan beton segar yang siap di tuang ke dalam cetakan di lokasi proyek sampai penuangan pihak proyek tidak perlu menyediakan komposisi dan membuatnya sendiri. Sangat cocok memang jika pengecoran bisa dilakukan dalam jumlah besar.

Bahkan ready mix yang memiliki satu batching plant dan 10 unit kendaraan truck mixer saja dengan kapasitas 7 kubik bisa mempu melayani dan produksi 500 kubik dalam seharinya. Namun ini juga tentu didukung oleh banyak faktor. Mulai dari faktor alat sampai faktor sdm juga harus mumpuni. Kebutuhan lain juga meliputi laboratorium beton seperti alat uji slump dan beberapa faktor alat lainnya.

Merk Truck Mixer Terkenal di Indonesia

Harga Sewa Truck Mixer

Ada banyak merk dari truck mixer yang sekarang ini beredar di pasaran Indonesia. Mulai dari Hino, Isuzu, Sagman, Sany, Quesster dan beberapa dari mitsubishi. Ada juga dari merk Mercy yang memang mengutamakan kenyamanan dan sudah menggunakan air suspension.

Namun yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah Sany, Hino dan beberapa seri dari Questerr. Selain konsumsi bahan bakar yang lebih irit juga tenaga power yang dihasilkan lebih bagus dan lebih maksimal. Apalagi jika memang untuk daya angkut pada berbagai medan yang sulit, misalnya di pegunungan dan dataran tinggi yang lebihi banyak medan menanjak.

Komponen-komponen Truck Mixer

Seperti kendaraan lain pada umumnya, truck mixer ini mempunyai komponen yang berbeda dalam penggunaanya. Mulai dari bagian depan yang masih sama dengan truck lainnya. Bagian belakang berisikan mixer dengan daya angkut sesuai dengan kondisi dan spesifikasi kemampuan daya beban kendaraan. Kemudian ada tangki air. Kedua komponen inilah yang bisa membuat perbedaan Truck mixer dengan kendaraan berat lainnya.

Truck mixer merupakan kendaraan yang didesain untuk selalu hidup dalam keadaan genting sekalipun, karena memang di tuntut demikian kalau ada muatan. Resiko yang paling fatal jika memang muatan menjadi beku dan perlu pembersihan tersendiri, bahkan bisa sampai ganti mixer jika kerusakan akibat pembekuan beton mix sudah banyak.

Komponen utama tentu mengacu pada mixer daya putar dari gearbox, ini akan memanfaatkan konsep hidrolik untuk memutar mixer. Tangki air berfungsi sebagai tempat air untuk sebagai cadangan air dalam perjalanan menuju lokasi proyek.

Truk mixer memiliki beberapa komponen utama yang bekerja sama untuk mencampur dan mengangkut beton. Berikut adalah beberapa komponen kunci dari truk mixer:

  1. Drum Mixer: Drum ini adalah tempat pencampuran beton. Drum berputar selama perjalanan truk, mencampur bahan-bahan beton agar menjadi homogen.
  2. Sistem Pemuatan (Charging System): Sistem ini digunakan untuk memuat bahan-bahan beton ke dalam drum mixer. Ini mungkin melibatkan konveyor atau tangga yang memudahkan proses pemuatan.
  3. Sistem Hidrolik: Sistem hidrolik digunakan untuk menggerakkan drum mixer. Hidrolik memungkinkan kontrol yang baik atas putaran drum selama perjalanan.
  4. Mesin Penggerak: Truk mixer dilengkapi dengan mesin penggerak, biasanya berupa mesin diesel, yang memberikan daya untuk menggerakkan truk dan memutar drum mixer.
  5. Chassis: Chassis adalah rangka truk yang mendukung dan membawa semua komponen lainnya. Chassis harus cukup kuat untuk menanggung beban berat beton dan peralatan tambahan.
  6. Sistem Kendali: Truk mixer modern dilengkapi dengan sistem kendali elektronik yang memantau dan mengatur proses pencampuran beton. Ini dapat mencakup pengaturan kecepatan drum dan parameter pencampuran lainnya.
  7. Sistem Pembuangan (Discharge System): Setelah beton selesai dicampur, truk mixer dilengkapi dengan sistem pembuangan untuk mengeluarkan beton ke lokasi konstruksi. Ini biasanya berupa pipa pembuangan yang dapat dikontrol.
  8. Sistem Pendingin: Beberapa truk mixer dilengkapi dengan sistem pendingin untuk mencegah suhu drum meningkat secara berlebihan selama pencampuran beton.
  9. Ban dan Suspensi: Ban yang baik dan sistem suspensi yang efisien diperlukan untuk menangani beban berat dan memastikan kestabilan truk mixer selama perjalanan.
Baca Juga :  Harga Mobil Porsche Terbaru

Kelebihan Menggunakan Truk Mixer

Penggunaan truk mixer dalam industri konstruksi memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang umum untuk pengangkutan dan pencampuran beton. Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan truk mixer:

  1. Efisiensi Pencampuran:
    • Truk mixer memungkinkan pencampuran beton langsung di lokasi proyek, yang menghasilkan beton segar dengan kualitas yang baik.
    • Proses pencampuran yang berlangsung selama perjalanan ke lokasi proyek memastikan beton tetap homogen dan siap digunakan saat tiba.
  2. Mobil dan Fleksibel:
    • Truk mixer bersifat mobile dan dapat dengan mudah mencapai berbagai lokasi konstruksi, termasuk area yang sulit dijangkau.
  3. Penghematan Waktu:
    • Pencampuran beton langsung di lokasi proyek mengurangi waktu yang diperlukan untuk pengiriman beton dari pabrik pencampuran terpusat.
    • Proses ini juga meminimalkan risiko kerasnya beton sebelum digunakan.
  4. Kontrol Kualitas:
    • Dengan pencampuran beton di truk mixer, kontraktor dapat lebih aktif mengontrol kualitas beton dan memastikan bahwa itu memenuhi spesifikasi yang diinginkan.
  5. Penghematan Biaya:
    • Penggunaan truk mixer dapat mengurangi biaya transportasi karena beton dicampur dan diangkut dalam satu proses.
    • Mengurangi kerugian beton karena dapat meminimalkan kelebihan campuran yang tidak digunakan.
  6. Penyimpanan Bahan Baku:
    • Tanpa perlu menyimpan beton di lokasi proyek, kontraktor dapat menghemat ruang dan sumber daya yang digunakan untuk penyimpanan bahan baku.
  7. Pilihan Kapasitas:
    • Truk mixer tersedia dalam berbagai kapasitas, memungkinkan kontraktor untuk memilih truk dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan proyek.
  8. Pengurangan Limbah:
    • Dengan mencampur beton di tempat, risiko pemborosan beton dan pencemaran lingkungan dapat dikurangi.

Harga Sewa Truck Mixer di Beberapa Kota Besar Indonesia

 HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

Dalam penerapannya jika Anda ingin menyewa truck mixer dalam jumlah yang besar, tentunya akan ada keringanan  dan bahkan diskon. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan sewa truck mixer. Tentu saja terkait dengan harga sewa truck mixer dan beberapa hal kelengkapannya juga harus Anda perhitungkan dulu.

Mulai dari apakah akan menyewa truck mixer dengan sopirnya atau tidak, kemudian pada perjanjian kerusakan. Ini akan sangat menjadi hal pokok nantinya di kemudian hari. Kemudian pada servise truck mixer. Setelah itu ada juga bahan – bahar dari truck mixer itu sendiri.

Baca Juga :  Harga Paket Internet XL Terbaru

Setelah itu Anda harus bisa juga mengatur alokasi waktu jam kerja dari truck mixer. Apakah akan ada pergantian kendaraan atau full penggunaan dalam sekali sewa. Ada banyak yang menyediakan jasa sewa truck mixer di berbagai kota yang ada di Indonesia. Berikut merupakan beberapa harga yang kami ambil dari berbagai sumber, silakan alokasikan saja dana perkiraan untuk menyewa dan alokasi waktu sewa yang Anda butuhkan.

Harga Sewa Truck Mixer Jakarta

Jakarta merupakan tempat dengan banyak pembangunan. Di era sekarang ini, banyak/ batching plant yang ada di Jakarta. Bahkan untuk penyewaan alat berat seperti truck mixer ini tentu sangat mudah untuk mendapatkannya. Berikut beberapa perkiraan harga sewa truck mixer dari berbagai sumber. Ada perbedaan harga memang dari beberapa kota, namun tidak terlalu banyak dan hanya puluhan ribu saja.

Truck Mixer Mini Hino Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Standar Hino Rp 300.000/Jam
Truck Mixer Standar Isuzu Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Mini Isuzu Rp 290.000/Jam
Truck Mixer Questerr Rp 380.000/Jam
Truck Mixer Sany Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Sacman Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Hino 700 Rp 290.000/Jam

Harga Sewa Truck Mixer Semarang

Truck Mixer Mini Hino Rp 290.000/Jam
Truck Mixer Standar Hino Rp 300.000/Jam
Truck Mixer Standar Isuzu Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Mini Isuzu Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Questerr Rp 380.000/Jam
Truck Mixer Sany Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Sacman Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Hino 700 Rp 280.000/Jam

Harga Sewa Truck Mixer Jogja

Truck Mixer Mini Hino Rp 280.000/Jam
Truck Mixer Standar Hino Rp 200.000/Jam
Truck Mixer Standar Isuzu Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Mini Isuzu Rp 260.000/Jam
Truck Mixer Questerr Rp 380.000/Jam
Truck Mixer Sany Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Sacman Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Hino 700 Rp 290.000/Jam

Harga Sewa Truck Mixer Palembang

Truck Mixer Mini Hino Rp 240.000/Jam
Truck Mixer Standar Hino Rp 300.000/Jam
Truck Mixer Standar Isuzu Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Mini Isuzu Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Questerr Rp 380.000/Jam
Truck Mixer Sany Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Sacman Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Hino 700 Rp 270.000/Jam

Harga Sewa Truck Mixer Bandung

Truck Mixer Mini Hino Rp 230.000/Jam
Truck Mixer Standar Hino Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Standar Isuzu Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Mini Isuzu Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Questerr Rp 380.000/Jam
Truck Mixer Sany Rp 270.000/Jam
Truck Mixer Sacman Rp 250.000/Jam
Truck Mixer Hino 700 Rp 240.000/Jam

Demikian perkiraan dan ulasan kami mengenai harga truck mixer yang ada di beberapa kota di Indonesia. Namun harga tersebut hanya perkiraan saja, bukan harga mati. Karena memang penyesuaian harga tergantung daerah dan kondisi unit yang ada. Kemudian pada beberapa jasa penyewaan alat berat juga menyediakan harga khusus pastinya jika memang ada pengambilan unit yang banyak. Perbedaan harga terletak pada unit, brand dan tentunya pada strategi marketing penyewaan alat berat di berbagai kota.

Jenis Jenis Truk Mixer

Ada beberapa jenis truk mixer yang umum digunakan dalam industri konstruksi, dan perbedaannya terutama terletak pada desain drum mixer, kapasitas angkut, dan fitur tambahan. Beberapa jenis truk mixer yang umum meliputi:

  1. Truk Mixer Konvensional:
    • Ini adalah jenis truk mixer standar yang memiliki drum mixer pada bagian belakang truk. Drum ini berputar selama perjalanan untuk mencampur beton.
  2. Truk Mixer Transmixer:
    • Truk mixer ini memiliki drum mixer yang dapat diputar 180 derajat, memungkinkan beton untuk dicampur pada kedua sisi truk. Ini memungkinkan pengisian dan pembuangan beton dengan lebih fleksibel.
  3. Truk Mixer Drum Terbuka (Open Top):
    • Jenis ini memiliki desain drum terbuka yang memungkinkan pemuatan beton dari atas tanpa perlu menggunakan konveyor atau tangga.
  4. Truk Mixer Volumetrik:
    • Truk mixer volumetrik memungkinkan kontrol langsung atas campuran beton dan jumlah yang dibutuhkan. Bahan-bahan dicampur di tempat menggunakan komponen otomatis.
  5. Truk Mixer Mini:
    • Truk mixer mini dirancang untuk proyek-proyek kecil dan memiliki kapasitas angkut yang lebih kecil. Mereka lebih manuver dan cocok untuk akses yang sulit.
  6. Truk Mixer Agitator:
    • Truk mixer agitator memiliki drum mixer yang dirancang untuk menghindari segregasi beton selama pengangkutan. Mereka memiliki bilah pengaduk di dalam drum.
  7. Truk Mixer Self-Loading:
    • Jenis truk mixer ini dilengkapi dengan mekanisme pemuatan otomatis yang memungkinkan truk untuk memuat bahan baku beton sendiri.
  8. Truk Mixer Hybrid:
    • Truk mixer hybrid menggunakan kombinasi daya listrik dan bahan bakar tradisional untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar.
Baca Juga :  Harga Meja Kayu Jati Klasik

Setiap jenis truk mixer memiliki keunggulan dan kegunaannya masing-masing tergantung pada kebutuhan proyek konstruksi. Pemilihan jenis truk mixer yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pekerjaan konstruksi.

Cara Mengoperasikan Truk Mixer

Mengoperasikan truk mixer memerlukan pemahaman yang baik tentang fungsi dan prosedur kerja truk tersebut. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengoperasikan truk mixer:

  1. Pemeriksaan Prabekerjaan:
    • Periksa secara menyeluruh truk mixer sebelum memulai operasi. Pastikan semua sistem seperti rem, lampu, dan sistem hidrolik berfungsi dengan baik.
  2. Pemuatan Bahan:
    • Pastikan bahan-bahan seperti semen, pasir, kerikil, dan air siap untuk dimuat ke dalam drum mixer. Ini dapat melibatkan penggunaan konveyor atau sistem pemuatan otomatis.
  3. Memulai Mesin:
    • Nyalakan mesin truk mixer sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produsen.
  4. Pencampuran Beton:
    • Aktifkan drum mixer dan pastikan bahwa drum berputar dengan baik. Proses pencampuran dapat dimulai setelah memastikan bahwa bahan-bahan telah dimuat ke dalam drum.
  5. Pengaturan Putaran Drum:
    • Sesuaikan kecepatan putaran drum mixer sesuai dengan spesifikasi pencampuran dan kondisi jalan.
  6. Pengangkutan Beton:
    • Setelah proses pencampuran selesai, angkat drum mixer dan bawa beton ke lokasi proyek. Pastikan perjalanan dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah segregasi beton.
  7. Pembuangan Beton:
    • Saat tiba di lokasi proyek, turunkan drum mixer dan gunakan sistem pembuangan untuk mengeluarkan beton ke tempat yang diinginkan.
  8. Pembersihan Drum Mixer:
    • Setelah selesai mengirim beton, bersihkan drum mixer secara menyeluruh untuk mencegah kontaminasi campuran beton pada proyek selanjutnya.
  9. Pemeliharaan Rutin:
    • Lakukan pemeliharaan rutin sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, termasuk penggantian oli, periksa sistem hidrolik, dan perawatan lainnya untuk menjaga kinerja truk mixer.
  10. Kepatuhan Terhadap Pedoman Keselamatan:
    • Selalu patuhi pedoman keselamatan dalam pengoperasian truk mixer. Gunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai, dan ikuti prosedur keselamatan yang ditetapkan.

Mengoperasikan truk mixer memerlukan keterampilan operator yang baik, pemahaman yang mendalam tentang mesin, dan kesadaran akan keselamatan. Pastikan bahwa operator truk mixer telah menjalani pelatihan yang memadai dan memiliki lisensi yang diperlukan untuk mengemudikan truk tersebut.

Semoga ulasan harga sewa truck mixer ini bermanfaat dan bisa menjadi rekomendasi persiapan dana Anda sebelum menyewa truck mixer untuk kebutuhan ready mix.

Responses (9)

  1. mau sewa untuk wilayah Kebumen 10 unit, boleh di kasih opsi berapa harga sewa 5 kubik dan 7 kubik? jangka waktu sewa 1 tahun,

    reply 082319453255

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *