Harga Alat TV Digital

Harga Alat TV Digital, TV Tabung Bisa Jadi Smart TV Kualitas Parabola

Sekarang ini sudah jamannya menggunakan teknologi yang canggih. Berbagai teknologi canggih dengan banyak peningkatan mulai diperkenalkan, apalagi untuk beberapa kebutuhan hiburan seperti televisi. Televisi dengan pengembangan pada siaran analog akan dihentikan dan untuk yang masih menggunakan televisi siaran analog tidak akan bisa menangkap siaran digital. Namun sebenarnya bisa diakali dengan alat TV digital, namun untuk harganya juga sangat terjangkau dan banyak dijual di pasaran. Walaupun harga alat TV digital ini ada banyak varian.

Televisi analog model lawas sebenarnya masih bisa menikmati siaran televisi digital, tapi harus menggunakan receiver televisi digital juga. Receiver siaran televisi digital ini namanya set top box. Supaya Anda tidak keliru dengan yang namanya set top box ini, mari kita ulas lebih rinci supaya Anda tidak salah beli set top box.

Set top box mempunyai tiga jenis. Mulai dari set top box televisi digital, parabola dan ada juga set top box jenis Android. Layaknya smart TV, sekarang Anda tak perlu membuang dan bahkan menjual TV tabung untuk menukarkannya dengan televisi model receiver digital. Cukup dengan set top box televisi digital saja, Anda sudah bisa menikmati banyak siaran televisi digital dalam negeri.

Apa itu TV Digital ?

Harga Alat TV Digital

Teknologi canggih untuk broadcasting dan siaran televisi yang menggunakan teknik serta kemajuan teknologi. Bahkan lebih jernih untuk kualitas gambar dan lebih bening untuk kualitas audio yang dihasilkan. Apalagi sekarang ini memang sudah jamannya beralih ke siaran televisi digital.

Televisi analog sebentar lagi jika dalam tahap transisi ini sudah sampai ke semua daerah dan semua pemancar digital sudah mendukung semua wilayah, maka siaran analog perlahan akan dimatikan dan digantikan ke siaran TV digital.

Kelebihan Alat TV Digital

Harga Alat TV Digital

Supaya Anda lebih paham dengan televisi digital, Anda harus tahu dulu berbagai kelebihan dan keuntungan jika menggunakan televisi digital. Dalam hal ini jika Anda menggunakan set top box.

1. Gambar Lebih Jernih

Peralihan dari sinyal televisi siaran analog ke siaran televisi digital tentunya ada beberapa alasan terkait. Misanya saja pada kualitas gambar yang lebih jernih. Anda bisa menikmati siaran televisi tanpa ada gambar semut, bahkan banyak yang berkualitas HD. Layaknya parabola, jadi lebih jernih dan gambar tajam.

Baca Juga :  Harga Mobil Isuzu Elf Terbaru

2. Suara Lebih Jernih

Karena gambar pun jernih, jadi untuk kualitas suara juga bisa bening tanpa hambatan, bahkan sangat jernih dan bisa Anda atur sesuai dengan codec yang ada di alat set top box.

3. Gratis

Kalau Anda menggunakan parabola, tentu akan dikenakan biaya berlangganan. Kalau tidak berlangganan, maka untuk beberapa acara tertentu bisa juga diacak, dan bahkan tidak bisa mendapatkan channel. Namun jika Anda menggunakan siaran televisi digital ini, tentunya gratis dan tanpa ada pungutan biaya sepeser pun, bahkan tidak ada biaya berlangganan dan tidak ada biaya internet seperti pada smart TV yang menggunakan Android.

Baca Juga : Harga Set Top Box TV Tabung, TV Tabung Jadi Smart TV Digital Android

4. Tidak Perlu Membeli TV Digital Baru

Televisi Anda yang masih analog tidak perlu di museumkan dan menggantinya dengan televisi baru. Walaupun memang pada televisi model terbaru sudah mendukung DVBT2, Namun televisi tabung Anda tetap bisa dijadikan sebagai siaran digital.

Baca Juga :  Harga Kolam Renang Anak Portable

Perangkat yang sebaiknya Anda beli menggunakan set top box. Alat ini sekarang sudah ada di banyak pasaran baik offline maupun online. Tinggal Anda pilih saja sesuai yang Anda inginkan. Yang terpenting STB sudah mendukung DVBT2, bukan yang STB Android.

5. Mudah Dalam Instalasi

Untuk instalasi alat TV digital ini juga sangat mudah. Dalam pembelian ada berbagai kelengkapan, mulai dari kabel power, kabel koneksi baik menggunakan hdmi maupun audio video plug in, kemudian juga ada remot set top box. Untuk televisi model tabung biasanya menggunakan kabel plug in audio video.

Kemudian colokan dari set top box ke televisi. Nyalakan televisi dan pada source pilih mode AV. Kemudian nyalakan set top boxnya. Jika sudah tampil, antena yang ada di televisi kemudian pindahkan kabelnya dan sambungkan dengan set top box.

Setelha itu lakukan scanning jaringan sinyal televisi digital. Anda bisa juga melakukan cek pada wilayah Anda dengan aplikasi TV digital yang ada di Play Store. Anda bisa menyalakan lokasi ponsel dan lihat apakah di lokasi Anda sudah mendukung sinyal tv digital atau belum, arahkan antena TV Anda ke pemancar terdekat.

Baca Juga :  Harga Sewa Bus Pariwisata Semarang

Kemudian pada set top box lakukan pencarian sinyal baik menggunakan auto maupun manual. Kemudian tunggu sampai proses scanning ini selesai.

Jika dimintai dengan kode pos, Anda bisa memasukkan kode pos daerah Anda. Namun jika Anda cek masih belum support siaran TV digital, maka Anda bisa mengganti kode pos ini dengan kode daerah lain yang lebih perkotaan. Kemungkinan besar akan mudah mendapatkan sinyal TV digital.

Kapan Mulai Pindah dari Siaran Analog ke TV Digital ?

Harga Alat TV Digital

Mulai dari bulan mei 2022 ini memang sudah dimulai, bahkan sebagian besar dari televisi lokal semua sudah mengadopsi siaran televisi digital yang lebih jernih dan bening. Namun sekarang ini masih belum semua, dan masih perlahan. Jadi lama-kelamaan juga akan mendukung semua wilayah, karena memang transisi ini juga membutuhkan banyak kesiapan dan proses misalnya dari pembangunan pemancar dari masing-masing stasiun televisi.

Harga Alat TV Digital

Harga dari alat Tv digital ini ada yang murah dan ada juga yang mahal, semua tergantung fitur, brand dan merk yang ingin Anda beli. Misalnya saja untuk merk akari, dengan harga di rentang 200 sampai 300 ribuan. Untuk merek lain juga ada yang 300 sampai 500 ribuan, mengingat ada berbagai fitur yang berbeda di masing-masing set top box.

Baca Juga :  Baru Di Rilis! Berikut Harga dan Spesifikasi Realme 9 Pro

Set top box ini juga sudah mendukung USB maupun kartu memori, dan bahkan untuk penggunaan juga sangat mudah.

Anda bisa menggunakan antena lawas Anda, atau bisa juga menggunakan antena baru dan khusus televisi digital. Untuk harganya sendiri bisa mencapai 100 ribuan. Sedangkan bagi Anda yang berada di perkotaan, Anda bisa menggunakan antena tipe tapware yang ada di toko online, dan ini hanya kurang dari 50 ribu saja.

Seperti yang sudah saya singgung diawal kalau STB ini ada berbagai tipe. Misalnya tipe DVBT2 dan tipe Android. Saya sarankan Anda menggunakan DVBT2 jika Anda ingin melihat siaran televisi digital. Jika sampai membeli yang Android, biasanya ini lebih mahal, maka TV Anda bisa menonton berbagai live maupun streaming. Misalnya saja Youtube, Netflix dan Iflix. Tentu ini berbayar dan menggunakan jaringan internet, Anda bisa menggunakan wifi maupun menggunakan jaringan ponsel.

Namun jika menggunakan DVBT2, maka gratis dan Anda bisa menonton siaran televisi lokal. Misalnya Indosiar,RCTI, TV One, RTV dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *