Harga dan Fungsi Dari Kondensor Mobil

Harga dan Fungsi Dari Kondensor Mobil

Sistem Air Conditioner (AC) pada mobil telah disusun oleh banyak komponen. Setiap komponen mempunyai perannya masing-masing dan akan saling terikat dengan satu sama lain. Satu komponen penting yang ada di dalam AC mobil yaitu kondensor. Kondensor mobil memiliki fungsi untuk mengubah gas yang bertekanan tinggi ke cairan yang bertekanan tinggi dengan tujuan untuk dialirkan ke Receiver Dryer sampai hingga berlanjut ke katup expansi. Jika kondensor AC dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka dapat mengakibatkan AC akan cepat rusak dan kinerja AC akan menjadi terhambat.

Berbagai kerusakan dapat terjadi akibat banyaknya kotoran yang telah menumpuk di bagian kondensor. Namun sebelum Anda mengetahui cara perawatan dan pembersihan kondensor yang tepat, maka Anda juga harus mengetahui fungsi dari kondensor AC.

Apa itu Kondensor?

Harga dan Fungsi Dari Kondensor MobilKondensor mobil merupakan salah satu komponen yang paling penting pada mesin mobil. Kondensor yang berbentuk silinder kecil ini telah terdiri dari beberapa lembar kertas timah. Lembar kertas timah ini  masing-masing lembarnya telah diberi kertas parafin dan digulung ketat sehingga akan membentuk silinder.

Baca Juga :  Harga Akun TikTok Follower 2.000-10.000

Secara umum fungsi kondensor yaitu untuk mencegah percikan bunga api yang akan terjadi pada platina. Percikan bunga api yang terjadi pada platina akan mengakibatkan kontak point yang terdapat pada platina cepat aus. Oleh karena itu jika tidak dilengkapi dengan kondensor maka platina akan menjadi cepat rusak. Pada sistem pengapian, kondensor mempunyai fungsi untuk membantu proses penyerapan loncatan bunga api yang telah terjadi pada breaker point yang terletak di bagian platina.

Fungsi Kondensor Mobil

Kondensor sendiri ini memiliki fungsi yaitu untuk menurunkan suhu yang ada di refrigerant. Pada saat terjadinya proses kondensasi dan saat suhu panas berhasil diturunkan, maka akan terbentuk cairan dingin yang nantinya akan dikeluarkan melalui lubang AC mobil.

Sederhananya, kondensor akan menyerap panas pada freon yang telah dikompresikan oleh kompresor dan akan mengubah freon berbentuk gas menjadi cair. Mengingat perannya yang sangat penting penting, kondensor mobil ini memang butuh perhatian yang ekstra. Tujuan  perhatian ekstra ini yaitu untuk menghindari kemungkinan kondensor akan bocor yang. Jika kondensor bocor maka nantinya akan berdampak pada panasnya hawa kabin pada saat dikendarai di posisi kecepatan rendah atau berhenti.

Baca Juga :  Harga Mobil Korea Terpopuler di Indonesia

Selain itu kondensor juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai sistem pendingin, sistem pengapian, dan sistem refrigerasi. Berikut ini adalah penjelasannya.

1.Sistem Pendingin

Fungsi kondensor mobil pada sistem pendingin yaitu untuk membuang panas. Pembuangan ini akan terjadi pada proses perubahan freon dari gas ke cair. Freon ini berasal dari komponen AC, yaitu kompresor. Komponen ini telah terkait dengan kipas pendingin. Keduanya yang mempengaruhi tingkat kedinginan udara yang telah dihembuskan AC mobil. Kedua komponen ini akan terus menjalankan fungsinya selama AC mobil hidup.

2.Sistem Pengapian

Pada sistem pengapian, fungsi kondensor ini adalah untuk menyerap loncatan bunga api pada breaker point di platina. Fungsi ini telah menghasilkan kenaikan tegangan pada koil sekunder dan juga menjaga kondisi platina mobil agar tidak cepat mengalami aus.

3.Sistem Refrigerasi

Pada sistem refrigerasi, fungsi kondensor adalah sebagai alat yang dapat membuat kondensasi refrigerant gas yang berasal dari kompresor bertekanan dan bersuhu tinggi. Refrigerant yang ada di dalam kondensor dapat memberi hasil kalor yang nantinya akan diserap dengan evaporator dan panas dari kompresor.

Cara Kerja Kondensor Mobil

Harga dan Fungsi Dari Kondensor MobilLoncatan bunga api ini mempunyai tujuan untuk membantu menaikkan tegangan pada coil sekunder, serta untuk membantu membuat platina agar menjadi tahan lama. Bagaimana sih cara kondensor menaikkan tegangan pada coil sekunder?
Arus primer akan mengalir pada bagian kumparan primer. Jika arus primer ini terputus secara tiba-tiba, hal ini akan menghasilkan tegangan tinggi yang berkisar 500 volt. Pada bagian kumparan primer dan akan menghasilkan daya dengan sebesar 10.000 volt. Selain itu, pada kumparan sekunder ini terdapat pada bagian ignition coil nya.
Induksi tersebut bisa mengakibatkan arus akan tetap mengalir dalam bentuk percikan bunga api di bagian breaker point. Selain itu, gerakan pemutusan platina yang relatif lebih lambat juga akan menjadi penyebabnya, jika dibandingkan dengan gerakan dari aliran listriknya.

Baca Juga :  Harga Servis Mobil Avanza dan Perawatannya

Berikut ini adalah cara kerja kondensor pada sistem pendingin, sistem pengapian, dan sistem refrigerasi.

1.Sistem Pendingin

Pada sistem pendingin, cara kerja komponen kondensor ini yaitu mengubah gas menjadi cair. Freon akan dipompa kompresor di sistem pendingin. Kemudian akan dialirkan menuju kondensor yang berbentuk gas dengan tekanan yang tinggi. Angin yang telah dihasilkan kipas akan membuang panas dan akan menurunkan suhu di tekanan freon. Kedua hasil ini akan memunculkan perubahan energi gas menjadi cair.

2.Sistem Pengapian

Pada sistem pengapian, cara kerja kondensor yaitu dengan mengaliri arus primer yang berasal dari baterai  menuju assa baterai serta kumparan sekunder pada saat platina dalam keadaan menutup. Saat platina ini dalam keadaan terbuka, arus listrik akan dialirkan menuju kondensor. Hal ini yang mencegah percikan bunga api akan terjadi.

3.Sistem Refrigerasi

Dalam sistem refrigerasi, cara kerja kondensor terbagi menjadi 2, yaitu konveksi alamiah dan konveksi paksa. Di dalam konveksi alamiah ini laju aliran udara akan melewati kondensor yang sangat rendah. Alasannya yaitu sistem ini hanya mengandalkan kecepatan angin. Konveksi paksa, cara kerjanya sama, namun memakai bantuan kipas angin atau sejenisnya.

Baca Juga :  Harga Harimau Putih, Wow Bikin Kaget !

Penyebab Kondensor Mobil Rusak

Kebocoran kondensor dapat diakibatkan oleh hal yang sepele dan jarang disadari oleh para pengendara. Penyebabnya yaitu adanya debu dan kerikil. Kerikil yang telah terpental bisa mengenai kondensor AC sehingga dapat membuatnya bocor. Putaran kipas yang semakin melemah juga dapat menjadi salah satu penyebab kondensor AC mobil mengalami penurunan fungsi utama. Putaran kipas yang telah melemah ini diakibatkan oleh pemakaian yang terlalu sering. Terlalu banyak freon yang telah digunakan juga dapat mengakibatkan tekanan yang berlebihan. Sehingga suhu ruangan akan menjadi tinggi dan akan membuat kondensor menjadi lebih panas jika dibandingkan dengan kondisi biasanya.

Kondisi motor fan yang telah lemah atau bahkan telah rusak juga akan membuat kondensor menjadi panas. Hal ini karena embusan atau hisapan angin yang muncul akan menjadi berkurang. Akibatnya, kondensor yang berfungsi membuang panas dari mesin AC ini tidak bisa menerapkan pekerjaannya sehingga sistem AC menjadi ikut terganggu.

Kondensor merupakan salah satu komponen dari AC mobil yang cukup rentan mengalami kerusakan. Selain pada AC mobil, masalah pada kondensor juga dapat terjadi pada mesin mobil yang overheat pada saat kondisi AC menyala. Sebaliknya, pada saat AC dimatikan maka panas pada mesin akan kembali menjadi normal.

Baca Juga :  Harga Tokek Rumah Ukuran 28-45 Cm, Termurah Sampai Termahal !

Harga Kondensor Mobil

Kondensor pada AC mobil juga berfungsi untuk membuang panas. Pembuangan ini terjadi ketika proses perubahan freon yang berasal dari wujud gas hingga menjadi cair. Freon sendiri ini berasal dari salah satu komponen AC, yaitu kompresor. Kondensor ini memiliki banya fungsi dan kegunaan pada mobil. Jadi wajar saja jika harganya sedikit mahal. Harga kondensor ini berkisar Rp.650.000 sampai Rp.2.000.000.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.