Harga Solder yang Bagus

Harga Solder yang Bagus

Solder menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh tukang servis elektronik. Bahkan alat yang satu ini memang menjadi alat pokok dalam melakukan servis dan penyambungan baik komponen maupun kabel konektor. Namun solder juga bisa mengalami kerusakan. Jika Anda ingin membeli solder baru, berikut beberapa rekomendasi harga solder yang bagus dan cocok untuk semua tukang servis elektronik.

Tukang servis elektronik memang dituntut dengan skill elektrik yang mumpuni dan selalu update. Mengingat sekarang ini memang untuk kemajuan teknologi sendiri sekarang sudah canggih dan berkembang pesat. Bahkan untuk spare part dan berbagai komponen elektronik yang sekarang memang lebih kecil dan simple.

Jadi bisa dimungkinkan kalau sekarang tukang servis berbagai alat elektronik tidak bisa dengan semua kemajuan teknologi jaman sekarang, sangat dimungkinkan usahanya akan sepi dan bahkan bisa tidak mempunyai pelanggan.

Alat dari tukang servis elektronik biasanya meliputi obeng lengkap, tang dengan berbagai jenis, isolator, komponen spare part maupun solder dan timah. Solder dan timah berfungsi untuk menyambung dan melepas komponen unit kelistrikan. Misalnya saja resistor, kapasitor, dioda maupun ic.

Baca Juga :  Rekomendasi Mobil Harga 300 Jutaan Terbaru 2022

Kebanyakan komponen kelistrikan akan di taruh dan dihubungkan langsung melalui unit pcb. Di mana dengan cara ini semua komponen akan lebih rapi dan tertata. Sehingga memudahkan untuk pemahaman dan membuat alat elektronik jadi semakin ringkas.

Pengetahuan tentang kelistrikan memang tidak lepas dari yang namanya solder, timah, obeng dan avo meter. Bahkan ada berbagai alat tambahan, namun beberapa alat ini bisa masuk ke semua pengguna elektronik. Penggunaan solder sendiri memang tidak mudah dan butuh skill, dengan penggunaan asal-asalan justru bisa merusak solder dan bahkan membuat waktu Anda sia-sia.

Cara Agar Solder Awet

Harga Solder yang Bagus

Penggunaan solder perlu skill dan pemahaman akan kelistrikan, dan tidak semua orang memang akan lincah dalam waktu singkat. Mengingat kelistrikan ini juga sulit dan perlu pemahaman khusus. Di bawah ini ada beberapa cara agar solder di rumah Anda jadi awet.

Baca Juga :  Nonton TV Digital Android, Ini Alat dan Harganya !

1. Gunakan Tegangan Stabil

Sebaiknya Anda menggunakan listrik yang stabil dan tidak naik turun secara drastis. Keadaan listrik stabil memang listrik rumahan dari PLN. Jika Anda menggunakan generator, maka perlu menggunakan stabilizer, ini demi keawetan dari solder yang Anda miliki.

Listrik yang terlalu tinggi bisa membuat solder rusak, namun listrik yang terlalu rendah bisa membuat timah tidak cair dan matang. Untuk memperoleh tingkat kematangan timah agar penyambungan dari komponen bisa sempurna, panas solder harus sesuai dengan tingkat kepanasan pencairan timah.

2. Gunakan Timah yang Bagus

Timah solder yang bagus ada berbagai jenis. Anda bisa menggunakan timah pasta dan menggunakan timah gulung. Timah gulung ini memang lebih murah dan mudah digunakan. Dengan beberapa jenis timah sendiri tentu ada banyak kelebihan dan kekurangannya.

Namun kebanyakan yang sering digunakan oleh banyak tukang servis memang kebanyakan menggunakan timah gulung. Timah ini sangat mudah didapatkan dan banyak dijual di berbagai tempat dan toko kelistrikan.

3. Gunakan Stop Kontak yang Bagus

Stop kontak sebaiknya gunakan yang bagus. Sebagai sumber arus utama, Anda bisa menggunakan stop kontak dan jenis kabel yang bagus. Ini agar memperoleh tingkat kepanasan maksimal dari solder Anda.

Baca Juga :  Harga Flashing HP Samsung

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Solder

Harga Solder yang Bagus

Kebanyakan solder memang akan rusak pada waktunya, karena memang ini alat. Apalagi jika sudah digunakan secara terus-menerus. Berikut ada beberapa jenis kerusakan solder yang biasanya akan terjadi pada semua jenis solder. Misalnya saja,

1. Solder Tidak Panas

Sudah di colokkan ke sumber arus namun tidak panas, ini bisa saja ada kerusakan pada kabel maupun dari alat pemanas yang ada di dalam solder.

Coba Anda buka bagian dalam solder dan perhatikan beberapa kabel penghubung. Jika memang ada yang putus, Anda bisa menyambungkannya. Namun kalau lampu hidup tetap tidak panas, ini merupakan kerusakan yang terjadi pada pemanas di dalam solder.

2. Solder Tidak Hidup

Solder tidak hidup bisa terjadi karena memang sumber arus yang tidak sampai ke bagian dalam semua komponen solder. Anda bisa melihat lampu power, dan pada kabel penghubung arus utama di dalam solder. Jika sering bekerja dengan banyak gerakan, maka bisa saja putus di area kabel sumber arus utama.

Baca Juga :  Harga Obat Pembesar Payudara di Apotik

Tips Memilih Solder yang Bagus

Ada beberapa jenis solder yang sering digunakan oleh tukang servis. Dari dari setia[ alat elektronik memang mempunyai jenis alat penyambung komponen tersendiri. Misalnya saja solder dengan gagang kayu, atau ada juga solder dengan bentuk menyerupai pistol yang ditekan untuk cara penggunaannya.

1. Perhatikan Kabel ke Sumber Tegangan

Anda bisa melihat kabel yang akan terhubung ke sumber arus utama. Pastikan tidak ada luka dan beberapa komponen isolator yang mengelupas. Pemilihan memang harus jeli, mengingat alat ini menggunakan tegangan dan berbahaya jika sampai bocor.

2. Perhatikan Mata Ujung Solder

Mata ujung solder memang mempunyai jenis tersendiri bagi setiap tukang servis dan komponen yang akan disambung. Ini sesuai dengan jenis dari komponen yang akan disambung. Bahkan dari jenis alat elektronik juga mempunyai komponen dan jenis yang berbeda. Baik dari segi resistor, dioda maupun kapasitor.

3. Coba Solder

Jangan lupa untuk mencoba solder yang akan Anda beli. Ini untuk memperoleh kualitas solder yang panas dan dapat digunakan secara maksimal. Ada berbagai jenis solder baik dari segi bentuk dan kegunaan. Silahkan Anda pilih saja sesuai kegunaan yang akan Anda lakukan. Misalnya saja untuk servis ponsel maupun untuk servis alat elektronik lainnya.

Baca Juga :  Harga Timbangan Digital Kapasitas 5-100 Kg

Harga Solder yang Bagus

Untuk di pasaran baik marketplace maupun toko elektronik harga solder yang bagus sekitar 20 sampai 50 ribuan, tergantung kualitas dan dari brand apa yang akan Anda beli. Demikian harga solder yang bagus yang dapat kami rekomendasikan supaya Anda dapat memperoleh kualitas solder yang maksimal untuk kebutuhan servis Anda. Harga yang kami dapatkan dari berbagai sumber ini memang terbaru dan dapat berubah sewaktu-waktu. Silakan Anda cek secara berkala di berbagai market place baik offline maupun offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *