Harga dan Ciri-Ciri Kelinci Australia

Harga dan Ciri-Ciri Kelinci Australia

Sesuai dengan namanya, kelinci Australia adalah salah satu jenis kelinci yang berasal dari Australia. Hingga sampai saat ini kelinci tersebut bukan hanya sebagai kelinci hias saja namun juga telah digunakan untuk sumber daging. Hal ini karena kelinci jenis ini mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar.

Proses kemudahan pengembangbiakan yang telah ditawarkan membuat semakin banyak orang tertarik untuk beternak kelinci Australia ini. Apalagi prospek keuntungan yang cukup menarik yang membuat orang berbondong – bondong memelihara jenis kelinci ini.

Ciri Ciri Kelinci Australia

Harga dan Ciri-Ciri Kelinci Australia Selain digunakan sebagai sumber daging, kelinci ini mempunyai ciri khusus yaitu pada di bagian bulu yang cukup lebat. Pada umumnya kelinci tersebut mempunyai warna bulu chestnut.

Nah namun, corak warna ini terkadang cukup menipu. Hal ini dikarenakan telah banyaknya penjual yang mengatakan bahwa kelinci yang dijualnya adalah kelinci Australia. Padahal kelinci Australia yang asli tidak ada yang masuk ke Indonesia. Hal ini disebabkan karena adanya sistem imunitas yang berbeda sehingga jika kelinci Australia asli masuk ke Indonesia maka akan langsung terkena virus.

Baca Juga :  Harddisk Internal Laptop Terbaik dan Harganya

Meskipun kelinci tersebut mempunyai kekurangan dari sistem imunitas akan tetapi banyak orang yang tetap mencari kelinci ini. Karena pada kelinci ini banyak kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan yang dimiliki oleh kelinci Australia yaitu mampu menghasilkan anak berkisar 6 – 10 ekor di setiap kelahiran.

Untuk kebutuhan ternak tentu jumlah ini sangat cukup menjanjikan bukan? Apalagi kelinci Australia ini dikenal sebagai varietas kelinci yang mempunyai kandungan lemak cukup rendah. Sehingga dagingnya dapat lebih diminati karena tidak menyebabkan kolesterol.

Tahapan Ternak Kelinci Australia

Harga dan Ciri-Ciri Kelinci Australia 1.Pemilihan Lokasi atau Lahan yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum Anda memulai ternak Kelinci Australia yaitu dengan pemilihan lokasi kandang yang tepat. Pilihlah lokasi kandang yang dekat dengan aliran sungai dan rerumputan yang terbebas dari lingkungan yang tercemar. Serta mempunyai suhu yang ideal, suhu yang ideal ini berkisar antara 15 sampai hingga 25 derajat Cecius. Diusahakan kawasan ternaknya juga jauh dari jangkauan hewan peliharaan lain yang dianggap dapat mengganggu kelangsungan hidup dari Kelinci tersebut.

Baca Juga :  Oppo Reno 5 Spesifikasi dan Harga

Sementara itu, pilih tempat ternak yang dekat dengan rumah Anda. Dengan demikian pemantauan akan menjadi lebih mudah dilakukan. Buatlah kandang dengan aman dan nyaman, karena walau bagaimanapun kandang adalah tempat utama bagi kelinci dalam melangsungkan hidupnya.

2.Pemilhan Bibit Kelinci yang Sehat

Memilih bibit haruslah tepat supaya bisa menghasilkan banyak keturunan kelinci dalam jumlah yang besar dan sehat. Anda harus memilih bibit dari indukan kelinci Australia yang biasa melahirkan banyak anak. Hal ini bertujuan agar keturunan yang didapat juga telah diharapkan dan dapat melahirkan anak yang banyak sama seperti induknya.

Sementara itu, dalam memilih bibit lihatlah jumlah puting susu pada induknya. Apakah lengkap dengan jumlah 8 buah atau tidak. Kelinci yang sehat dan normal yakni mempunyai 8 buah puting susu. Kondisi fisik yang sehat, normal, tidak cacat, bulu bersih dan mata bersinar juga telah menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan bibit. Pada saat memilih bibit sangat disarankan bagi Anda untuk memilih bibit dengan jenis kelamin betina. Karena semakin banyak betina maka akan semakin banyak juga anak yang dilahiran.

Baca Juga :  Harga Flimty di Indomaret dan Alfamart 2022

3.Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk kelinci ini dapat dikatakan berbeda dengan cara pemberian pakan pada kelinci lokal. Berilah pakan dengan banyak nutrisi yang tinggi. Pemberian makananjuga dapat berupa sayuran seperti wortel, daun bayam, kangkung, daun lamtoro, serta rumput yang telah disediakan dalam jumlah yang banyak. Pemberian pakan yang banyak ini bertujuan agar kelinci dapat berkembang dengan baik.

Namun Anda harus tetap mengikuti jadwal pagi, siang, serta malam dengan porsi yang sesuai bobot dan usia kelinci. Pemberian makanan tambahan seperti konsentrat juga sangat diperlukan secara bertahap. Siapkan 50 gram konsenrat dalam kisaran waktu sehari untuk kelinci yang sedang berada dalam masa pertumbuhan atau pembesaran. Siapkan juga 70 gram untuk indukan kelinci yang sedang hamil, dan untuk takaran 150 gram sampai hingga 200 gram untuk indukan yang sedang dalam masa menyusui.

4.Proses Kawin atau Reproduksi

Kelinci ini baru bisa dikawinkan setelah masuk umur 5 – 6 bulan atau dianggap telah dewasa sehingga diharapkan bisa bereproduksi dengan baik. Waktu ideal untuk melangsungkan proses perkawinan yaitu pada saat sore hari atau pada saat pagi hari. Satu induk pejantan yang dapat dikawinkan dengan 10 ekor induk betina. Cara perkawinannya yaitu dengan memasukkan induk betina ke dalam kandang induk jantan. Proses pengawinan ini bisa dilakukan kembali setelah 7 sampai 10 hari induk melahirkan anaknya.

Baca Juga :  Harga Bibit Ikan Nila Merah Ukuran 2 Jari di Jogja

Jenis Kelinci Australia

Harga dan Ciri-Ciri Kelinci Australia 1.Kelinci Anggora Australia

Kelinci jenis angora ini merupakan salah satu kelinci Australia yang mempunyai bulu yang cukup lebat, tentu saja jenis kelinci ini lebih sering digunakan untuk hewan peliharaan dibandingkan dengan hewan konsumsi.

2.Kelinci Australia Unggul

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kelinci Australia breed asli akan sangat sulit untuk dikembangbiakkan di Indonesia. Pada umumnya bibit dari kelinci Australia unggul ini berasal dari Peternakan Australia dengan kelinci lokal di Indonesia.

3.Kelinci Australia Putih

Selain mempunyai warna bulu chestnut, pada umumnya kelinci ini mempunyai warna putih. Biasanya lebih sering digunakan sebagai salah satu kelinci konsumsi. Jika Anda tertarik, Anda juga dapat mencari ke tempat peternakan kelinci yang besar.

4.Kelinci Australia Mata Merah

Nah, jika kelinci lain mempunyai mata sedikit gelap, Anda juga bisa mencari kelinci Australia yang mempunyai mata merah.

Cara Merawat Kelinci Australia

Sebenarnya cara merawat kelinci jenis ini tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan kelinci pada umumnya. Jika anda tertarik untuk memelihara kelinci  ini, pastikan Anda sudah mempunyai kandang atau lahan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk memelihara kelinci.

Baca Juga :  Harga Obat Pembesar Alat Vital Pria Permanen di Apotik

Lahan yang memadai juga dapat membuat kelinci menjadi lebih nyaman pada saat diternakkan. Setelah memiliki lahan pastikan Anda harus membuat kandang yang nyaman dan aman. Jika Anda tidak membutuhkan peralatan yang baru dalam membuat kandang asalkan peralatan tersebut masih kuat dan bisa untuk digunakan.

Kelinci adalah salah satu hewan yang cukup rentan terkena jamur apalagi jika mempunyai bulu yang tebal. Untuk itu Anda perlu melakukan pembersihan kandang secara rutin supaya kelinci terhindar dari penyakit yang akan menyerang nantinya.

Sementara itu perawatan yang dikenal cukup baik untuk kelinci yaitu memandikan kelinci. Apalagi jenis kelinci ini memang membutuhkan perawatan yang khusus. Namun Anda juga harus pastikan jangan terlalu sering memandikan kelinci karena dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan pada tubuh kelinci.

Harga Kelinci Australia

Harga danCiri-Ciri Kelinci Australia

Kelinci Australia Anakan Rp.25.000 – Rp.60.000
Kelinci Australia 2-3 Bulan Rp.60.000 – Rp.100.000
Kelinci Australia 5 Bulan Rp.130.000 – Rp.150.000
Kelinci Australia Sepasang Rp.500.000 – Rp.600.000
Kelinci Australia Mata Merah Sepasang Rp.60.000v

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:

  • https://dailysuka com/harga-dan-ciri-ciri-kelinci-australia/
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *