harga obat cacing anak

Harga Obat Cacing Anak

Dailysuka.com – Anak anak usia 1 hingga 5 tahun memang rentan mengalami cacingan. Tak jarang kita selalu merasa khawatir saat anak kita terkena cacingan. Jika anak Anda cacingan, Anda tidak perlu merasa panik dan khawatir. Anda bisa mengobatinya dengan membeli obat cacing di apotek terdekat. Berikut harga obat cacing anak yang perlu Anda ketahui.

Harga obat cacing anak pun sangat bervariasi, tergantung jenisnya. Obat cacing anak ada yang berbentuk tablet ada juga obat cacing yang berbentuk cair. Apotek biasa menjual obat cacing anak bentuk tablet dengan rentang harga antara Rp 11.600 – Rp 20.000 per strip. Sedangkan rentang harga obat cacing anak dengan bentuk cair antara Rp 14.900 – Rp 25.000.

Untuk aturan minum obat cacing anak adalah 1 sampai 2 sendok takar. Sedangkan 1 sendok takar adalah 5 ml. jadi aturan minum obat cacing adalah 5 ml hingga 10 ml. Anak anak disarankan untuk minum obat cacing minimal dua kali  dalam setahun.

Untuk anak anak yang masih balita biasanya juga akan mendapatkan obat cacing anak pada posyandu terdekat. Pada bulan Februari dan bulan Agustus saat penimbangan berat badan biasanya para balita akan mendapatkan obat cacing dari tenaga kesehatan. Selain obat cacing para balita juga biasanya akan mendapatkan vitamin A pada setiap dua bulan tersebut.

Penyebab Cacingan Pada Anak Dan Pencegahannya

harga obat cacing anak

Penyebab cacingan pada anak biasanya karena faktor lingkungan yang kurang bersih. Selain itu juga faktor air yang kurang bersih juga bisa menyebabkan cacingan pada anak. Selain kedua faktor tersebut ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat anak kita terkena cacingan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Tidak Mencuci Makan Tangan Sebelum Makan

Terlalu senang bermain, membuat anak anak sering lupa untuk membiasakan diri mencuci tangan dan membasuh kaki selepas bermain. Dengan keadaan tangan yang kotor bahkan penuh debu sehabis menyentuh boneka atau benda kesayangan mereka, mereka langsung makan dan minum.

Boneka atau benda mainan mereka biasanya mengandung banyak kuman. Inilah yang biasanya rentan membuat anak sering sakit. Dan bahkan bisa menyebabkan cacingan. Maka dari sekarang, biasakanlah membiasakan anak Anda rajin mencuci tangan dan membasuh kaki selepas bermain. Mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu langkah terbaik untuk mencegah cacingan.

Baca Juga :  Harga Yamaha YZ 125 dan Spesifikasinya

2. Sering Makan Sayuran Atau Daging Yang Kurang Matang

Masakan setengah matang memang terlihat sangat segar dan nikmat. Namun ternyata ini tidak baik untuk kita, terutama untuk anak anak yang tingkat kekebalan tubuhnya belum sempurna. Dalam sayuran atau daging yang tidak masak sempurna, biasanya masih banyak terdapat telur telur cacing yang belum mati.

Telur cacing itu akan dapat dengan mudah masuk ke dalam perut anak kita, dan ini akan membuatnya terkena cacingan. Maka untuk mencegah anak kita terkena cacingan, hindari anak kita untuk amkan makanan setengah matang. Biasakan memberi anak kita sayuran atau daging yang sudah matang sempurna.

3. Sering Jajan Di Pinggir Jalan

Makanan pinggir jalan memang sangat menggiurkan. Banyak pedagang menjual jajanan yang sangat menggugah selera, terutama untuk anak anak. Padahal makanan pinggir jalan biasanya kurang higienis, baik dari proses memasaknya maupun cara penyajiannya. Banyak lalat lalat beterbangan yang hinggap pada makanan atau minuman tersebut.

Kemudian lalat tersebut bertelur dan telur lalat itu ikut masuk ke dalam perut anak kita. Ini membuat perut anak kita sakit, diare bahkan mengalami cacingan karena dalam makanan tersebut terdapat telur cacing yang ikut termakan oleh anak kita.

Baca Juga :  Harga Jasa Cat Kusen Pintu dan Jendela

Telur cacing yang ikut termakan, akan mudah bertumbuh dan menetas dalam usus kita. Inilah yang membuat anak kiat rentan mengalami cacingan. Untuk mencegahnya, biasakan kita memberi bekal pada anak jika anak kita sudah mulai memasuki usia sekolah. Dan jangan biasakan membebaskan anak kita untuk sering membeli jajan pinggir jalan.

4. Anus Yang Kurang Bersih

Biasakan mencuci bagian kemaluan dan anus anak kita menggunakan air bersih setelah anak buang air kecil ataupun buang air besar. Karena anus atau kemaluan yang tidak bersih rentan membuat gatal gatal pada anak. Banyak kuman bahkan cacing sering hinggap pada area organ intim yang kurang bersih.

Jika anak merasa gatal pada daerah anus atau pun kemaluannya maka anak tersebut akan terus menggaruknya. Gatal yang disebabkan oleh cacing, biasanya cacing kremi akan terasa semakin gatal pada malam hari. Ini akan sangat mengganggu waktu tidur anak. Dengan menggaruk anus ataupun kemaluan terus menerus akan membuatnya mengalami iritasi dan luka.

Telur cacing pun akan ikut menetas dan masuk ke dalam perut anak melalui anus. Ini akan membuat cacing makin tumbuh dan anak akan mengalami cacingan. Maka untuk mencegahnya, biasakan senantiasa menjaga kebersihan pada organ intim anak. Biasakan mencuci bersih daerah kemaluan dan anus anak. Ini salah satu cara untuk mencegah cacingan pada anak.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi HP Vivo Terbaru Tahun 2021

5. Lingkungan Yang Kurang Bersih

lingkungan yang kotor membuat cacing akan dapat dengan senang bertelur. Cacing akan mudah bertelur pada benda benda di sekitar kita. Telur cacing akan dengan mudah ikut tertelan mulut anak kita, saat anak kita menyentuh benda benda tersebut.

Senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, dan sering mencuci benda mainan anak. Merupakan salah satu cara untuk mencegah cacingan pada anak.

6. Air yang Tidak Bersih 

Menggunakan air yang tidak higienis juga bisa menyebabkan cacingan pada anak. Air yang kotor atau tidak higienis banyak terdapat telur telur cacing. Telur cacing yang ikut terminum pada air akan menetas dan tumbuh dalam usus anak. Dan itu akan bisa menyebabkan cacingan pada anak.

Mulai sekarang biasakan menggunakan air yang bersih, baik untuk mencuci makanan atau membuat minuman untuk keluarga kita. Itu adalah salah satu upaya mencegah cacingan pada anak.

Selain cara pencegahan di atas, jika salah satu keluarga kita ada yang terkena cacingan. Maka seluruh anggota keluarga juga di anjurkan untuk minum obat cacing. Ini untuk mencegah penularan cacing ke anggota keluarga lainnya. Dan dengan rutin memberi obat cacing minimal setahun dua kali pada anak kita, maka anak kita akan terhindar dari cacingan.

Baca Juga :  Harga Gift TikTok

Rekomendasi Harga Obat Cacing Anak Terbaik

harga obat cacing anak

Berikut ini beberapa rekomendasi harga obat cacing anak terbaik, baik yang terjual bebas di apotek maupun harus dengan resep dokter.

1. Combantrin 

Obat cacing ini biasanya untuk pengobatan infeksi cacing jenis cacing kremi, cacing tambang dan cacing gelang. Tersedia dalam bentuk tablet dan bentuk cair. Dengan harga Rp 16.000 untuk bentuk tablet dan Rp 20.000 dalam bentuk cair Anda sudah bisa mendapatkan obat cacing ini.

2. Konvermex

Bukan hanya anak anak, dewasa juga bisa minum obat cacing ini. Dengan rentang harga antara Rp 11.600 – Rp 14.900 untuk anak dan Rp 11.600 – Rp 18.800 untuk dewasa, Anda sudah bisa mendapatkan obat cacing ini. Konvermex tersedia dalam bentuk tablet dan juga cair.

3. Askamex

Untuk pemberantasan jenis cacing gelang dan cacing tambang, Anda dapat menggunakan Askamex. Dengan harga Rp 1.600 – 3.000 per strip Anda sudah bisa mendapatkannya. Sangat terjangkau bukan?

Demikian beberapa rekomendasi harga obat cacing anak terbaik yang bisa Anda beli di apotek atau minimarket terdekat. Dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan rutin memberikan obat cacing pada anak minimal dua kali dalam setahun maka anak Anda akan terhindar dari cacingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.