Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12

Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12

Ponsel flagship Xiaomi 12 series ini telah resmi dirilis di Indonesia. Ada dua model yang akan diluncurkan, salah satunya yaitu Xiaomi 12 versi “reguler”. Smartphone kelas atas terbaru dari Xiaomi ini telah mengunggulkan sektor kamera utama yang berkapasitas 50 MP serta chipset yang mumpuni dari Qualcomm.

Produk terbaru ini tentu saja merupakan seri flagship terbaru dari Xiaomi. Sebagai salah satu seri flagship, Xiaomi pasti telah menyematkan sederet spesifikasi terbaik yang mereka punya. Meskipun demikian, harga smartphone Xiaomi 12 terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan produk flagship dari merek lain.

Tabel Spesifikasi Xiaomi 12

Layar 6,28 inci, 2400 x 1080 p (FHD+), AMOLED DotDisplay, Refresh rate 120Hz, Berlapis Gorilla Glass Victu.
Chipset & OS Prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, GPU Adreno 730, Android 12, MIUI 13.
Dimensi dan bobot 152,7 x 69,9 x 8,16 mm 180 gram.
Memori 8GB RAM + 128GB ROM, 8GB RAM + 256GB ROM, 12GB RAM + 256GB ROM.
Kamera Utama Triple camera 50MP, f/1.9, 26mm (wide), 13MP, f/2.4, 12mm, 123˚ (ultrawide), 5MP, f/2.4, 50mm (telephoto macro). Perekaman video sampai dengan [email protected] (HDR)
Kamera Depan Single camera 32MP, f/2.5, 26mm (wide), Perekaman video sampai dengan [email protected]
Baterai 4.500 mAh, Fast charging 67W, Fast wireless charging 50W.
Kelengkapan Dual SIM, USB Type-C, NFC, Sensor sidik jari dalam layar, Speaker ganda yang berteknologi Dolby Atmos besutan Harman/Kardon, bluetooth 5.2, WiFi 6/6E, dan sistem pendingin LiquidCool.
Warna Purple, Gray, dan Blue
Baca Juga :  Spesifikasi Yamaha Fazzio Hybird Terbaru dan Harganya !

Kelebihan Xiaomi 12

Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12Setiap produk yang diciptaka akan memiliki sejumlah kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Xiaomi Mi 12, baik yang sifatnya khas (tak dimiliki smartphone lain) dan umum sebagaimana pada smartphone flagship.

1.Desain

Xiaomi 12 ini memiliki beberapa hal elemen yang membuatnya tampil beda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu Xiaomi Mi 11. Ketiga elemen tersebut adalah modul kamera belakang, posisi kamera depan, serta bentuk layar. Pada modul kamera belakang, pada saat ini Xiaomi 12 mempunyai bentuk persegi panjang.

Modul tersebut memiliki warna yang selalu senada dengan penutup belakang. Sementara itu, modul kamera belakang mempunyai Xiaomi Mi 11 dengan berbentuk elips, dengan dua kelir: hitam dan warna senada dengan penutup belakang.

Selanjutnya, pada kamera depan seri terbaru ini digeser ke sisi tengah atas. Xiaomi Mi 11 punya lubang kamera depan pada bagian pojok kiri atas. Nah, soal bentuk layar, pada saat ini Xiaomi tidak lagi menerapkan lengkung di empat sisi seperti Mi 11. Praktis lengkung layar Xiaomi 12 ini hanya berada di tepi kiri dan kanan.

Baca Juga :  Harga Mobil Korea Terpopuler di Indonesia

2.Tampilan

Sektor tampilan pada seri terbaru ini telah diperkuat oleh layar dengan bentang 6,28 inci. Panel yang telah digunakan adalah AMOLED dengan adanya teknologi LTPO. Resolusi layar smartphone ini adalah Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan adanya kerapatan piksel 419 ppi.

Resolusi layar seri ini memang hanya setengah dari generasi sebelumnnya. Namun, layar seri ini mampu menampilkan warna dengan tingkat kedalaman sampai 12 bit. Maka tidak heran apabila layar smartphhone ini tembus dalam standar warna DCI-P3 dan mendapat nilai A+ dari DisplayMate.

layar seri terbaru ini telah mendukung refresh rate adaptif sampai 120 Hz dengan touch sampling rate sampai hingga 480 Hz. Layar ini juga mampu meraih tingkat kecerahan sampai 1100 pada saat smartphone dipakai untuk menyetel video dengan format HDR. Rasio kontras pada layar ini yaitu 5.000.000:1.

3.Performa

Dapur pacu pada seri terbaru ini telah ditenagai oleh salah satu SoC paling garang pada 2022, yaitu Snapdragon 8 Gen 1 bikinan Qualcomm. SoC delapan inti telah dirancang dengan arsitektur CPU baru dengan adanya fabrikasi 4 nm.

Baca Juga :  Rekomendasi Laptop Dell Core i5 Beserta Harganya

Qualcomm telah mengklaim bahwa SoC ini lebih kencang dan lebih hemat daya daripada pendahulunya, Snapdragon 888. Peningkatan itu terjadi di banyak sektor, di antaranya yaitu CPU, GPU, dan AI (Artificial Inteligence). Misalnya, untuk GPU, kemampuannya telah diklaim dapat meningkat 30%, dengan konsumsi daya lebih irit yaitu 25%.

4.Kamera

Xiaomi telah mempersenjatai tiga kamera yang berada di bagian belakang seri terbaru ini. Tiga kamera tersebut adalah kamera utama yang berkapasitas 50 MP, kamera ultrawide dengan kapasitas 13 MP (f/2.4), dan kamera telemakro yang berkapasitas 5 MP (f/2.4). Ketiganya telah ditemani dua lampu LED flash dual-tone.

Dari ketiga kamera tersebut, yang paling penting yaitu pada kamera utamanya. Kamera tersebut telah memiliki resolusi 1/2 dari Xiaomi 11. Pihak resmi Xiaomi pada saat ini lebih yakin dengan memperbesar ukuran sensor kameranya menjadi 1/1,56 inci (semula 1/1,33 inci pada Xiaomi Mi 11). Sensor tersebut adalah Sony IMX 766. Sensor ini dapat menghasilkan gambar dengan ukuran per pikselnya yaitu 1 mikrometer.

5.Baterai

Xiaomi 12 telah dibekali dengan kapasitas baterai 4500 mAh. Ukuran ini termasuk dalam kategori besar mengingat ukuran smartphone yang kompak. Baterai tersebut telah didukung dengan beerbagai fitur pengisian daya.

Pengisian cepat nirkabel 50W, mulai dari pengisian cepat 67W, serta pengisian balik 10W. Protokol dari pengisian Power Delivery 3.0 serta Quick Charge 4+ juga didukung.

Baca Juga :  Harga Pembalut di Indomart

Berdasarkan denggan pengujian yang telah dilakukan Chris G. melalui aplikasi PC Mark: Work 3.0 battery life, Xiaomi 12 telah mencatat waktu pakai sampai 14 jam 23 menit. Hasil tersebut dapat diraih ketika smrtphone disetel pada refresh rate 60 Hz. Hasil tersebut dapat menemani penggunanya dalam bermain smartphone hingga satu hari penuh.

6.Speaker

Xiaomi 12 ini telah mewarisi konfigurasi speaker stereo dari Xiaomi Mi 11. Artinya, terdapat dua output suara yang terletak pada bagian bawah dan pada bagian atas smartphone ini. Speaker ini telah disetel oleh Harman Kardon dan didukung oleh preset dari Dolby Atmos.

Singkatnya, suara yang telah dihasilkan speaker Xiaomi 12 ini sangat jelas dan mantap. Seluruh penguji telah mengakuinya. Hanya saja, Chris G menilai bahwa suara speaker smartphone ini sedikit lebih lantang daripada Xiaomi 12 Pro.

Kekurangan Xiaomi 12

Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12Salah satu smartphone akan sangat mustahil jika hadir tanpa adanya kekurangan, sekali pun itu smartphone flagship. Berikut ini adalah kekurangan dari Xiaomi 12:

1.Sisi Minor Desain

Pada bagian belakang smartphone ini bersifat licin. Memasang casing tambahan pada smartphone ini jelas akan menghindarkan smartphone dari kesan licin. Selain licin, smartphone ini tidak mempunyai IP Rating atau sertifikasi ketahanan air dan debu. Masalah ini tampaknya belum dilihat secara serius oleh pihak resmi Xiaomi. Pasalnya, Xiaomi Mi 11 juga tidak mempunyai IP Rating. Dengan demikian, slot SIM smartphone ini telah dilengkapi karet agar air tidak dapat masuk.

Baca Juga :  Harga Vario Terbaru 160 Tahun 2022, Murah dan Nyaman

2.Sisi Minor Kamera

Sangat disayangkan smartphone kelas premium namun belum bisa melakukan perekaman video di resolusi 4K pada bagian kamera depannya. Praktis kamera depan Xiaomi 12 hanya dapat merekam video sampai beresolusi Full HD (1080p).

Harusnya kamera depan smartphone ini paling tidak bisa merekam video pada resolusi 2K (2160p). Resolusi 2K setidaknya dapat memberikan detail yang lebih jernih, sehingga video tidak akan pecah pada saat di-crop. Telah banyak smartphone kelas menengah yang kamera depannya sudah mampu merekam video di resolusi 2K.

Harga Xiaomi 12

Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12

Di Indonesia, Xiaomi 12 telah tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Gray, Purple, dan Blue. Xiaomi 12 dengan kapasitas memori 8/256 GB dibanderol dengan harga Rp.9.999.000. Seri terbaru ini dapat dipesan di Indonesia mulai hari Kamis (7/4/2022) sampai hingga Rabu (13/4/2022) di situs resmi Xiaomi Indonesia dan platform rekanan Xiaomi. Penjualan perdana Xiaomi 12 sendiri baru akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2022 melalui saluran yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *