Seputar Harga Produk Terlengkap
Harga  

Harga Jual Alat Slump Test Uji Beton Paling Murah!!!

alat uji slump beton harga dan jual

Alat slump, juga dikenal sebagai conical mold atau slump cone, digunakan dalam industri konstruksi untuk mengukur konsistensi beton segar. Alat ini membantu menentukan tingkat kecenderungan beton untuk mengalir dan deformasi. Metode pengukuran ini dikenal sebagai uji slump. Dan biasanya memang akan berkaitan langsung dengan batching plant maupun truk mixer.

BELI ALAT UJI SLUMP BETON SEKARANG JUGA

Harga Jual Alat Slump Test Uji Beton

alat uji slump beton harga dan jual

Komponen Alat Slump:

  1. Mold (Cone): Berbentuk kerucut dan terbuat dari logam atau bahan non-absorben lainnya. Mold ini digunakan untuk membentuk tumpukan beton selama pengujian.
  2. Base Plate (Pelat Dasar): Pelat datar tempat mold ditempatkan selama pengujian.
  3. Tamping Rod (Batang Pemadat): Batang logam yang digunakan untuk meratakan permukaan beton dalam mold dan membantu menghilangkan gelembung udara.
  4. Rule (Penggaris): Penggaris yang digunakan untuk mengukur penurunan beton setelah mold diangkat. Pengukuran ini memberikan nilai slump.

Cara Penggunaan Alat Slump:

  1. Persiapkan Alat:
    • Pastikan mold bersih dan kering sebelum digunakan.
    • Tempatkan mold di atas base plate.
  2. Pemuatan Beton:
    • Isi mold dengan beton segar dalam beberapa lapisan yang setiap lapisannya diratakan menggunakan tamping rod.
  3. Pemadatan Beton:
    • Setelah mold diisi sepenuhnya, pemadatkan beton dengan tamping rod untuk menghilangkan gelembung udara dan meratakan permukaan beton.
  4. Angkat Mold:
    • Angkat mold secara perlahan dan pastikan tidak ada deformasi yang signifikan saat mengangkat.
  5. Ukur Slump:
    • Ukur penurunan beton dari puncak tumpukan ke permukaan beton yang terendah. Ini akan memberikan nilai slump beton.
  6. Catat Hasil:
    • Catat nilai slump yang diukur. Hasil ini mencerminkan konsistensi beton.
Baca Juga :  Harga Vivo V23 5 Indonesia, Review dan Spesifikasi Lengkap

Uji slump memberikan informasi tentang viskositas beton segar, yang dapat memengaruhi kemampuan pengecoran dan pekerjaan pengecoran. Nilai slump yang diinginkan dapat bervariasi tergantung pada jenis proyek konstruksi dan spesifikasi beton yang diinginkan. Uji slump sering digunakan dalam pengawasan mutu beton di lapangan.

alat uji slump beton harga dan jual

Uji alat slump adalah metode standar yang digunakan untuk mengukur konsistensi beton segar. Nilai slump memberikan gambaran tentang kecenderungan beton untuk mengalir dan deformasi. Berikut adalah cara menghitung nilai slump beton setelah melakukan uji slump:

  1. Persiapkan Alat Slump:
    • Pastikan bahwa alat slump, termasuk mold kerucut, base plate, tamping rod, dan penggaris, telah disiapkan dan diperiksa kebersihannya.
  2. Pemuatan Beton:
    • Isi mold kerucut dengan beton segar dalam beberapa lapisan, dan setiap lapisan diratakan menggunakan tamping rod.
  3. Pemadatan Beton:
    • Pastikan beton telah dipadatkan secara merata di dalam mold kerucut untuk menghilangkan gelembung udara dan memastikan permukaan beton yang halus.
  4. Angkat Mold:
    • Angkat mold kerucut secara perlahan dan pastikan tidak ada deformasi yang signifikan saat mengangkat.
  5. Ukur Slump:
    • Ukur penurunan beton dari puncak tumpukan hingga titik tertinggi permukaan beton yang terendah dengan menggunakan penggaris.
  6. Catat Nilai Slump:
    • Catat nilai penurunan tersebut sebagai nilai slump beton. Biasanya, nilai slump diukur dalam satuan sentimeter atau inci.
  7. Interpretasi Hasil:
    • Nilai slump mencerminkan konsistensi beton. Semakin tinggi nilai slump, semakin cair atau konsisten beton. Nilai slump yang rendah menunjukkan beton yang lebih kaku atau kental.
  8. Bandingkan dengan Spesifikasi:
    • Bandingkan nilai slump yang diukur dengan spesifikasi proyek atau standar mutu beton yang telah ditetapkan. Nilai slump yang diinginkan dapat bervariasi tergantung pada jenis proyek konstruksi.
Baca Juga :  Harga Desain Interior di Surabaya

Penting untuk diingat bahwa hasil uji slump hanya memberikan informasi tentang konsistensi beton pada saat pengujian. Nilai slump tidak memberikan informasi tentang kekuatan akhir beton setelah mengeras. Oleh karena itu, interpretasikan dan gunakan hasil uji slump sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi proyek konstruksi.

 BELI ALAT SLUMP BETON PALING MURAH

Sejarah alat slump dapat ditelusuri kembali ke perkembangan teknik uji beton pada abad ke-20. Berikut adalah gambaran singkat sejarahnya:

  1. Pengembangan Teknik Uji Beton:
    • Pada awal abad ke-20, dengan berkembangnya industri konstruksi, muncul kebutuhan untuk mengembangkan teknik uji beton yang lebih standar. Uji slump adalah salah satu metode yang berkembang sebagai bagian dari upaya ini.
  2. Pendekatan Awal:
    • Awalnya, teknik uji beton dilakukan dengan cara yang kurang standar. Metode-metode awal sering kali melibatkan pemanasan dan pemadatan beton untuk mengamati sifat-sifatnya.
  3. Pendekatan Empiris:
    • Seiring waktu, teknik uji beton bergerak menuju pendekatan empiris yang lebih sistematis. Uji slump adalah salah satu metode yang berkembang untuk memberikan indikasi konsistensi dan keluwesan beton segar.
  4. Pengembangan Alat Slump:
    • Alat slump, atau conical mold (mold kerucut), diperkenalkan untuk memberikan cara yang lebih konsisten dan terukur untuk mengukur konsistensi beton. Alat ini membantu dalam menentukan sejauh mana beton cair atau kental.
  5. Standardisasi:
    • Standarisasi uji slump dan alatnya menjadi penting untuk memastikan konsistensi dalam pengukuran di berbagai proyek konstruksi. Organisasi standar, seperti American Society for Testing and Materials (ASTM) di Amerika Serikat, menyusun standar-standar untuk uji slump.
  6. Pengembangan Metode Uji Lainnya:
    • Selain uji slump, industri konstruksi juga mengembangkan metode uji lainnya untuk mengukur sifat-sifat beton. Ini termasuk uji tekan dan uji tarik, yang memberikan informasi tentang kekuatan beton setelah mengeras.
  7. Penggunaan Rutin di Proyek Konstruksi:
    • Saat ini, uji slump dan alat slump menjadi standar dalam pengujian beton segar di proyek konstruksi di seluruh dunia. Metode ini membantu memastikan bahwa beton memiliki konsistensi yang diinginkan dan memenuhi spesifikasi teknis.
Baca Juga :  Daftar Harga Sewa Truck Mixer di 5 Kota Besar Indonesia

Alat slump menjadi instrumen yang penting dalam mengontrol kualitas beton selama tahap persiapan dan pengecoran, memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan proyek konstruksi.

Pencarian Terkait :

ukuran alat slump test
slump test beton
harga silinder beton
alat slump adalah alat yang digunakan untuk menguji campuran adukan beton yaitu untuk menguji
slump beton
cara slump test
slump cone
slump 12 ┬▒ 2 cm artinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *