harga genset

Harga Genset 450, 900, 1200, 2000, 3000, 5000 Watt Termurah!

Genset memang menjadi salah satu alat suplai listrik yang sangat dibutuhkan. Apalagi bagi orang yang memiliki usaha yang berhubungan dan membutuhkan listrik sebagai sumber utama pada usahanya. Ada beberapa rekomendasi genset terbaik yang akan dailysuka bahas pada artikel kali ini, tentunya dengan harga yang menarik dan terjangkau bagi semua kalangan dan sesuai kebutuhan.

Sangat disayangkan memang jika terjadi pemadaman listrik. Misalnya bagi usaha mikro kecil dan menengah. Mulai dari industri rumah tangga, warung sembako maupun peternakan. Tentu genset atau generator listrik menjadi solusi pada saat genting ketika butuh suplai arus listrik yang mendesak. Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah dengan kondisi sering terjadi pemadaman arus listrik.

Pilihan genset tentunya da banyak dan ada berbagai merk. Untuk harga sendiri, genset juga ada banyak variasi. Mulai dari harga yang termurah hingga harga yang tertinggi. Tentunya sesuaikan saja dengan kebutuhan arus dan daya yang Anda butuhkan.

Tipe Genset yang ada di Pasaran

harga genset

Untuk jenis genset dari berbagai merk yang beredar di pasaran ada dua jenis. Yaitu genset dengan motor penggerak 2 tak dan 4 tak. Ada renggang harga yang agak jauh dari kedua jenis genset ini. Ada juga genset yang menggunakan motor diesel sebagai penggeraknya, namun ini tentunya disesuaikan dengan genset berkapasitas daya yang besar. Misalnya genset untuk apartemen, industri dan kebutuhan daya besar pada pertambangan maupun proyek.

Yang sering digunakan untuk kondisi rumahan dan industri kecil jatuh pada pilihan genset 2 tak dan 4 tak yang berkapasitas daya 450 sampai 5000 watt. Ada berbagai merk rekomendasi terbaik seperti krisbow dan firman. Atau bisa juga menggunakan merk seperti genset Yamamax.

Kelebihan genset 4 tak tentu saja ada pada suara yang lebih halus, daya yang dikeluarkan juga lebih stabil. Untuk konsumsi pada bahan bakar juga lebih irit karena menggunakan motor penggerak 4 langkah sebagai sumber tenaga putar alternator. Kekurangan genset 4 tak tentu hanya pada harganya saja yang memang lebih mahal. Untuk genset 2 tak harganya lebih murah, namun pada konsumsi bahan bakarnya lebih boros dan harus menggunakan oli samping layaknya sepeda motor 2 tak.

Baca Juga :  Harga Mobil Isuzu Elf Terbaru

Tips Menyalakan dan Menggunakan Genset

Ada beberapa tips dan hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum menggunakan generator listrik. Ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan genset dan perlengkapan elektronik yang Anda miliki. Diantaranya,

1.Matikan Sumber Listrik dari PLN

Perlu diketahui jika terjadi pemadaman listrik dan Anda ingin menggunakan listrik dari generator, sebaiknya matikan dulu sumber listrik dari PLN. Ini untuk menghindari tabrakan arus listrik keduanya ketika listrik PLN nyala kembali. Kalau sampai lupa dan hal ini terjadi, maka genset akan mengalami kerusakan, bahkan bisa fatal.

2.Cek Oli Genset

Jangan sampai genset Anda terbakar dan motor penggerak bisa rusak fatal. Cek dulu oli genset, jika kurang silakan tambah lebih dulu. Pengecekan ini justru lebih baik sering dilakukan pada genset 2 tak, mengingat bahan bakar juga harus dicampur dengan oli samping. Kalau tidak bisa terjadi kerusakan fatal pada motor penggerak.

3.Cek Bahan Bakar Genset

Pada bahan bakar yang digunakan juga sebaiknya selalu di cek dan jangan sampai terlalu minim. Kalau sampai terlalu minim maka keadaan tangki bisa kosong sebagian dan pada yang kosong inilah yang akan mudah berkerak. kerak dan karat tangki yang kotor akan luntur dan akan menyumbat saluran bahan bakar yang nantinya masuk ke dalam sistem pembakaran motor. Kemudian akan merusak genset sehingga genset susah dinyalakan.

Baca Juga :  Harga Spooring Balancing Pada Mobil

Pengecekan lanjut ke dalam filter udara sistem pembakaran, jika kotor langsung saja dibersihkan. Kalau sudah terlalu kotor sebaiknya ganti dengan baru. Saluran chooke juga di kontrol apakah ada kendala atau tidaknya.

4.Cek Kabel Penghubung Genset dan Koneksi Instalasi Listrik Rumah

Kadang terjadi kebocoran arus listrik karena kerusakan kabel instalasi pada rumah. Namun ini jarang disadari, jangan sampai terjadi karena sangat membahayakan orang di sekitar. Cek dulu semua kondisi terminal dan instalasi kabel yang ada, jangan sampai terjadi konsleting, ini bisa bahaya dan bahkan bisa mengakibatkan kebakaran.

Lakukan isolasi pada bagian yang memang terjadi rawan kebocoran arus, misalnya pada sambungan dan saklar kabel maupun lampu.

Cek juga berbagai kebutuhan elektronik yang memang berat dan membebani generator, gunakan genset sesuai kapastias, kalau tidak sesuai maka genset akan bersuara berisik dan bekerja ekstra. Kemudian akan mati jika memang beban terlalu berat. Kalau sering terjadi, fuse pada genset bisa putus dan harus diganti dengan yang baru. kinerja genset yang terlalu berat bisa mengakibatkan genset cepat rusak.

Baca Juga :  Rekomendasi Mobil Harga 300 Jutaan Terbaru 2022

5.Gunakan Stabilizer

Selalu gunakan stabilizer yang sesuai dengan elektronik rumah Anda. Ini agar daya yang dihasilkan stabil. mengingat kebutuhan arus listrik pada berbagai perangkat elektronik perlu kestabilan dan rawan rusak jika memang arus terlalu tinggi. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya gunakan stabilizer pada beberapa perangkat elektronik seperti TV, Komputer dan laptop. Perangkat elektronik seperti laptop dan komputer sangat rentan terhadap kerusakan jika arus terlalu tinggi, jadi harap diperhatikan.

Harga Genset 450, 900, 1200, 2000, 3000, 5000 Watt

Untuk genset dengan kapasitas daya yang dihasilkan 450 watt harganya antara 1 sampai 1,5 jutaan baik dari 2 tak maupun genset 4 tak. Sedangkan genset dengan daya 900 watt, harganya sekitar 1,5 sampai 3 jutaan untuk 4 tak dan 2 tak. Untuk genset 2000 sampai 3000 watt harganya 3 juta sampai 5 jutaan tergantung dari merk yang ingin Anda pilih.

NO NAMA GENSET HARGA GENSET
1 Genset Infinite Generator Diesel SIlent 250 Kva Rp 100.000.000
2 Genset Mesin Bensin Firman 450 watt Rp 900.000
3 Genset Merk Firman 900 Watt 4 Tak Rp 2.500.000
4 Genset Merk Yamamax 900 Watt 4 Tak Rp 1.900.000
5 Genset Merk Honda er2000cx Daya 2000 Watt 4 Tak Rp 9.000.000
6 Genset Industri V-gen 20-50 kva Rp 75.000.000
7 Genset Petrol Yamamax 900 Watt Rp 1.700.000
8 Genset Emerlad 30 kva Rp 54.500.000
9 Genset Merk Yamaha ET1 Rp 3.500.000
Baca Juga :  Harga Mesin Capit Boneka

Untuk genset berkapasitas daya 5000 watt bisa sampai 5 jutaan hingga 8 jutaan tergantung merk dan jenis genset. Sparepart perbaikan genset banyak dijual di toko teknik, jadi jangan khawatir dengan kerusakan genset. Yang sering terjadi ketika genset sudah lama tidak dihidupkan adalah genset susah hidup. Untuk mengatasi hal ini cukup hidupkan dengan menggunakan chooke dalam keadaan tertutup. Kemudian buka kembali jika genset sudah nyala.

pada genset dengan stater jenis motor stater maka perlu cek aki terlebih dahulu, ini memang menjadi sumber arus utama dalam menghidupkan stater. Jika tidak bisa nyala, maka nyalakan dengan teknik jumper menggunakan arus lain. Sekarang tinggal Anda yang menentukan, kami sudah memberikan rekomendasi harga genset terbaik dan beberapa merk genset yang sering digunakan dan bahkan Anda sendiri sering menemuinya.

Pilih saja sesuai kebutuhan dan daya yang sesuai. Cari di toko teknik terdekat. Semoga rekomendasi harga genset ini bisa bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *