obat ikan lele kena jamur

Obat Ikan Lele Kena Jamur, Segini Harganya!

Budidaya ikan merupakan salah satu langkah wirausaha yang efektif dan bahkan bisa menjadikan jenis bisnis ini penghasil cuan jutaan per bulan. Misalnya saja pada ikan jenis lele, ikan yang mudah dibudidayakan ini juga sangagt cepat untuk waktu panen dari bibit sampai ikan bisa dikonsumsi. Namun kendala yang paling banyak dikeluhkan oleh para petani ikan mengenai masalah jamur pada ikan lele. Kalau Anda juga mengalami demikian, jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini menggunakan obat jamur. Harga obat ikan lele kena jamur ini juga sangat terjangkau, tentunya tak bakalan menguras kantong Anda.

Salah satu masalah ini memang bisa membuat petani ikan lele jadi gagal panen, bahkan bisa merugi sampai akhirnya semua lele bisa dijual murah karena ukuran bisa semakin besar jika dibiarkan sampai lama. Padahal ikan jenis konsumsi di mana dalam satu kilo bisa berisi 5 sampai 10 ekor, dan ukuran jenis ini yang paling laku dan berharga di pasaran.

Jamur memang menjadi parasit yang tak hanya pada ikan lele saja, bahkan pada hampir semua ikan bisa terserang jamur. Jamur ini akan membuat tubuh ikan dipenuhi semacam rambut, yang kemudian bisa membuat kulit ikan mengelupas.

Baca Juga :  Harga Kambing 1 Ekor untuk Qurban

Kalau sudah parah bahkan nafsu makan ikan juga tidak akan bagus, kemudian pada akhirnya ikan akan mengambang dan mati. Ini sering terjadi, dan kalau tidak cepat dalam penanganan, maka lama-kelamaan bisa menular, yang kemudian bisa membuat lele dalam satu kolam tersebut terinfeksi penyakit yang sama.

Penyebab Ikan Lele Kena Jamur

obat ikan lele kena jamur

Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan lele bisa mempunyai penyakit jamur dan kulit mengelupas. Kalau untuk pertanda yang jelas jika lele di kolam Anda terkena penyakit ini, ada beberapa kondisi tubuh yang mengelupas baik berwarna merah dan putih.

Ada banyak luka yang bisa terserang, mulai dari mulut hingga bagian ekor. Bahkan kalau sudah parah bisa membusuk dan ikan lele akan mati. Ada beberapa penyebab agar Anda lebih bisa dan lebih cepat melakukan pencegahan terhadap pemicu jamur pada ikan berikut ini.

Baca Juga :  Harga Flashing HP Samsung

1. Bakteri

Salah satu penyebab yang paling dominan pada luka dan jamur ikan lele ini terletak pada bagian infeksi bakteri jamur. Ini bisa dikarenakan oleh kadar air yang kotor, ada beberapa kotoran maupun hewan lain yang mati membusuk, dedaunan yang membusuk dan masih banyak lagi.

Kolam sebaiknya ada bagian penyaringan pada sirkulasi air, pada bagian ini bisa Anda beri dengan berbagai filter agar air menjadi bersih. Pada kolam baru juga sebaiknya diberi obat untuk menetralkan air, sehingga suhu dan kadar ph dalam air menjadi stabil. PH yang terlalu tinggi memang tidak akan cocok untuk semua jenis ikan, bahkan untuk tebar benih perlu perhatian khusus.

2. Air Sabun

Kolam kalau di pedesaan biasanya akan dibuat untuk saluran pembuangan air dari rumah. Misalnya saja air sisa cuci piring, cuci pakaian dan bahkan untuk wc. Ini memang akan cocok kalau ikan sedikit dan ikan lele memang sudah besar dan mapan.

Tapi untuk jenis ikan lele yang masih bibit, bisa saja langsung terkena jamur dan bahkan bisa langsung mati kalau terkena zat – zat kimia.

3. Air Tercemar Limbah

Pencemaran pada semua jenis limbah memang tidak akan cocok untuk semua jenis ikan, bahkan bisa langsung mati. Misalnya saja limbah pabrik dan berbagai pengumpulan sampah lainnya yang mengandung zat berbahaya dan kimiawi.

Baca Juga :  Harga Tiket Candi Borobudur

Tak hanya bisa berbahaya bagi ikan, bahkan kulit manusia pun juga rentan jika terkena limbah pabrikan. Untuk itu sebaiknya gunakan saluran air untuk budidaya ikan dengan kadar PH yang stabil dan cuaca juga sangat berpengaruh. Apalagi jika Anda ingin tebar benih, perhatikan kondisi kolam, air dan cuaca.

4. Kondisi Kolam yang Tidak Steril

Kondisi kolam yang tidak steril dan bahkan sudah lama tidak digunakan memang bisa menyebabkan berbagai masalah. Misalnya saja sudah ada banyak bakteri yang berkembang biak disana, bahkan ada berbagai zat pemicu jamur, ini tidak akan bagus bagi ikan.

Ikan lele memang tergolong ikan yang ampuh, namun kalau sudah menghadapi berbagai bakteri, pemicu jamur memang juga bisa terkena, bahkan untuk penularan bisa lebih cepat untuk ikan lain dalam satu kolam.

Cara Mengobati Ikan Lele Kena Jamur

obat ikan lele kena jamur

Ada beberapa cara memang untuk bisa mengobati ikan lele yang sudah terkena jamur ini. Anda bisa menggunakan cara tradisional dan tanpa obat dengan beberapa dedaunan khusus. Anda juga bisa menggunakan obat dan sekarang memang sudah ada di berbagai toko perikanan.

Baca Juga :  Harga Nmax 2020 dan Spesifikasi Lengkap Terbaru

1. Menggunakan Cara Tradisional

Cara tradisional memang sangat sederhana, bahkan dengan cara ini Anda tidak mengeluarkan biaya sepeserpun, namun untuk pengobatan memang harus telaten dan perlu perhatian khusus. Anda bisa menggunakan daun dan batang pohon pepaya untuk menyembuhkan luka pada ikan lele.

Tak hanya ikan lele saja bahkan ikan lain pun juga bisa, dan tidak hanya luka saja, bahkan daun pepaya bisa membunuh bakteri yang ada pada kulit ikan dan membunuh bakteri yang ada di dalam air kolam.

2. Menggunakan Obat Ikan Lele Kena Jamur

Ada beberapa jenis obat yang memang khusus untuk menyembuhkan ikan lele yang luka. Misalnya saja catfish. Obat ini dalam penggunaan cukup mudah. Cukup gunakan beberapa tutup botol saja, sesuaikan dengan lebar dan jumlah air dalam kolam.

Untuk aturan dan takaran pemakaian sudah ada dalam bungkus obat ikan lele kena jamur ini. Bahkan sudah jelas dalam kadar air dan jumlah air per meter kubiknya. Dalam beberapa kasus memang tidak cuma sekali sehari dalam penyembuhan, bahkan bisa berhari-hari tergantung dari lebar dan jumlah ikan.

Baca Juga :  Harga Honda Civic Type R Terbaru

Anda bisa mengulangi dengan kedua cara baik menggunakan obat maupun daun pepaya. Beberapa kasus memang luka di ikan lele ini karena kurang dan telatnya pakan, sehingga saling memangsa antara satu dengan yang lain, dan akhirnya timbulah luka yang kemudian menyebar dan terinveksi jamur.

Jadi pastikan juga ikan lele Anda cukup dalam hal pemberian pakan. Kalau sudah luka dan jamuran sebaiknya pakan pelet hentikan dulu sampai sembuh, dikhawatirkan pemberian pakan pelet secara berlebihan bisa memicu jamur lebih parah lagi. Gunakan saja alternatif seperti daun kates dan daun ketela ketika dalam masa pengobatan.

Jenis Obat Ikan Lele Kena Jamur

obat ikan lele kena jamur

Ada banyak jenis obat ikan lele kena jamur ini. Bahkan ada yang harganya sampai 100 ribuan, namun juga ada beberapa dengan harga yang sangat terjangkau hanya belasan ribu saja.

Harga dan Merk Obat Ikan Lele Kena Jamur

Untuk merk yang beredar di pasaran ini memang ada banyak, namun Anda bisa memilih catfish dan ini juga harganya sangat murah dibanding dengan merk lain. Untuk catfish ini sekitar 18 ribuan di toko online dan toko perikanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *