harga bibit porang

Harga Bibit Porang, Manfaat dan Jenis Bibit Porang

Sekarang ini ada berbagai bisnis yang bisa Anda jalankan. Bahkan sekarang ini ada berbagai peluang bisnis seperti jualan porang. Salah satu hasil pertanian umbi-umbian ini bisa mempunyai nilai jual yang cukup mahal dan membuat sang pembudidaya bisa menghasilkan jutaan rupiah dalam satu kali panen. Kalau Anda juga ingin menanam tanaman porang, Anda bisa memulai dengan bibit porang yang berkualitas. Harga dari bibit porang ini juga sangat terjangkau.

Kalau biasanya memang tanaman jenis ini sering tumbuh di area perbukitan dan dataran tinggi. Bahkan tanaman ini sering dianggap tanaman liar yang ada di berbagai dataran tinggi dan sering dijumpai di hutan. Namun semenjak ditemukan berbagai manfaat dari zat yang terkandung dalam tanaman porang, sekarang ini justru banyak pembudidaya tanaman porang untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Baca Juga : Harga Mie Samyang di Indomaret, Alfamart, Yogya

Porang memang sering tumbuh di hutan, dan tanaman ini kalau di daerah Jawa sering dinamakan dengan “suwek”. Umbi yang ada di dalamnya memang bisa tumbuh besar dan bisa dimakan dengan cara dimasak baik direbus maupun dikukus.

Manfaat Porang

harga bibit porang

Porang memang dikenal sebagai makanan umbi-umbian dan memang sering tumbuh di dataran tinggi dan pegunungan. Kalau Anda yang tinggal di pegunungan tentu sudah mengenal makanan ini. Bahkan kalau dikonsumsi rasanya hampir sama dengan jenis umbi-umbian seperti talas dan lainnya.

Porang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan karena memiliki kandungan yang dapat menyehatkan tubuh, salah satunya Konjac glucomannan (KGM).

Dalam setiap umbi porang mengandung Glucomannan (45%). Protein (9,7%). 16 jenis asam amino (hingga 7,8%). 7 asam amino esensial (hingga 2,5%). Kalsium. Fosfor. Besi. Zinc. Mangan. Tembaga. Tinggi serat. Ada pun kandungan gizi dalam 100 gram umbi porang adalah sebagai berikut: Glucomannan: 50 g. Karbohidrat (glukosa, fruktosa, sukrosa) Protein: 1,64 g. Lemak: 0,0004 g. Fosfor: 57 miligram (mg). Zat besi: 4,06 mg. Mangan: 0,2 mg. Tembaga: 0,08 mg.

Ada banyak manfaat dari porang ini. Walaupun memang untuk rasanya sendiri memang khas ala umbi-umbian. Berikut manfaat dari tanaman dan umbi porang.

1. Bahan Baku di Industri

Umbi porang memang sulit dibedakan dengan suweg dan sejenisnya, karena memang secara tampilan sama baik dari umbi maupun tanamannya. Sedangkan pada fungsi dan manfaat dari porang ini juga bisa menjadi bahan baku di industri. Misalnya saja pada produksi kertas, sehingga kertas bisa semakin kuat.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo A95

Karena memang pada satu umbi ini mengandung banyak bahan dan zat perekat yang bisa dimanfaatkan untuk menguatkan kertas, sehingga tidak mudah sobek dan memberikan kualitas terbaik.

2. Makanan

Kalau Anda yang suka dengan umbi-umbian, porang ini sangat cocok untuk Anda. Terlebih memang bagi Anda yang sedang mengurangi berbagai makanan yang mengandung banyak kolesterol. Sehingga tetap memperoleh gizi yang cukup dan kandungan karbohidrat pada jenis umbi yang satu ini memang sangat tinggi.

3. Bahan Dasar Pembuatan Obat

Ada kandungan lem pada umbi yang satu ini, sehingga bisa merekatkan berbagai hal dan bagus untuk badan manusia. Kalau di dalam kesehatan memang ada manfaat yang cukup signifikan, ini karena memang ada salah satu zat yang namanya KGM. Dan pemanfaatan porang pada kesehatan ini memang untuk salah satu bahan perekat pada kapsul,  tentunya karena kadar zat perekat yang bagus dan tidak berbahaya untuk manusia.

4. Sebagai Pembersih Air

Kalau di tempat Anda ada air yang kotor dan tercemar, Anda bisa memanfaatkan buah umbi porang ini. Bahkan kandungan glukoman yang ada di dalam umbi ini bisa memurnikan air yang terkena berbagai hal pencemar, misalnya saja bir, minyak maupun gula. Sangat bagus jika memang ada pencemar yang masuk dan tercampur dengan air kolam misalnya, atau air tandon untuk keperluan keseharian Anda.

Baca Juga :  Harga Web Ecommerce Terbaik, Cocok Untuk Semua Bisnis UKM dan UMKM !

5. Sebagai Lem dan Perekat Alami

Kandungan perekat yang ada di dalam buah porang ini memang ada zat perekat. Dan zat perekat ini bisa Anda manfaatkan untuk pengganti lem kertas, sekarang Anda tak perlu lagi banyak menggunakan lem kimia, Anda bisa menggunakan porang untuk membuat lem alami.

6. Bahan Baku Pada Pengental Es Krim

Di dalam kandungan umbi porang ternyata ada kandungan kondac, dimana zat ini memang sangat berfungsi untuk mengentalkan makanan lain. Misalnya saja, pada pengentalan bahan baku es krim. Zat yang terkandung dalam tanaman ini juga bisa sebagai pengental makanan.

7. Mengurangi Kadar Kolesterol

Bagi Anda yang tinggi kolesterol tentu harus menghindari banyak makanan. Salah satu makanan yang bagus bagi penderita kolesterol adalah porang. Kandungan karbohirat pada umbi-umbian memang bisa membuat badan jadi bertenaga.

Jenis Bibit Porang

harga bibit porang

Jika Anda ingin membudidayakan tanaman porang, sediakan dulu lahan yang pas dan bisa panen dalam jumlah besar. Mengingat saat ini masih langka yang membudidayakan tanaman ini. Kebanyakan memang tumbuh secara alami dan kadang justru hanya dianggap sebagai tanaman liar.

Baca Juga :  Harga Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

1. Umbi

Secara lebih mudah, umbi porang bisa Anda cacah kecil dan Anda tanam. Jenis umbi-umbian semacam ini memang mudah tumbuh hanya dari umbi saja. Bahkan bisa lebih ringkas dan banyak, mudah tumbuh ketika musim hujan.

2. Biji

Biji juga bisa menjadi bibit yang unggul. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, ada berbagai macam bibit porang dengan harga yang terjangkau yang bisa Anda beli di toko bibit. Untuk tumbuh menjadi umbi memang lama, tapi jika di tanam dalam jumlah yang besar tentu akan berpeluang untuk panen raya.

3. Batang

Batang juga bisa dijadikan bibit, bahkan lebih mudah. Anda bisa menanam batang dan mulai mengembangbiakkan secara mandiri ketika tanaman ini mulai tumbuh dan siap dipanen.

Cara Memilih Bibit Porang

Ada banyak cara untuk bisa memperoleh berbagai bibit porang dengan harga yang terjangkau dan termasuk bibit unggul. Misalnya saja menggunakan jasa petani dan melalui toko online.

1. Petani

Anda bisa mencari petani yang sudah membudidayakan tanaman porang ini, setidaknya mereka yang sudah berhasil dan memiliki bibit unggul. Ini demi budidaya Anda agar lebih mudah berhasil.

Baca Juga :  mobil88, Tempat Jual Mobil Bekas Terbaik dan Aman

2. Online

Sekarang ini memang ada banyak penjual bibit yang bahkan hanya dengan media sosial maupun toko online saja. Namun sebaiknya pilih rating toko yang bagus dan sudah mendapatkan banyak ulasan, jangan sampai cuma tertip[u fomo dan teknik marketing saja.

Anda bisa membeli di market place yang sudah terpercaya dan ada perlindungan konsumen yang bisa dipertanggung jawabkan. Misalnya saja pada komplain barang.

Harga Bibit Porang

Harga bibit porang ini baik biji, umbi maupun batang juga sangat bervariasi. Namun dengan 100 sampai 200 ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan banyak bibit porang dan bisa ditanam di lahan yang luas. Selalu tanyakan pada yang sudah ahli dan berpengalaman dengan tanaman porang ini. Mulai dari harga bibit porang, cara merawat tanaman porang, dan tempat penjualan porang. Atau bahkan Anda bisa bekerja sama dengan pembudidaya lain agar bisa sukses bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.