Harga BBM Pertamax Kembali Naik, Harganya Bikin Melongo!

Harga BBM Pertamax Naik, Harganya Bikin Melongo!

Wajar saja jika BBM pertamax menjadi salah satu pilihan BBM banyak motor di Indonesia, terutama yang telah diproduksi 10 tahun belakangan ini. Apa sih kepanjangan dari pertamax? Pertamax adalah sebuah singkatan, yang telah muncul sekitar 20 tahun yang lalu. Pertamina Maximum adalah singkatan dari pertamax.

Nama ini dipilih, karena adanya BBM terbaru ini mempunyai spek maksimal pada zamannya, seperti halnya RON 92 yang berstandar internasional EURO 2. Munculnya Pertamax ini bertujuan untuk kebutuhan mobil dan motor rasio yang berkompresi 10:1 sampai hingga 11:1. Kemudian untuk mesin yang telah memakai injeksi elektronik, atau Electronic Fuel Injection atau EFI. Ciri khas dari BBM pertamax adalah warna cairannya yang cenderung biru, serta terang dan jernih.

Sejarah BBM Pertamax

Harga BBM Pertamax Kembali Naik, Harganya Bikin Melongo!Pertamax pertama kali dihadirkan pada tanggal 10 Desember 1999. Lahirnya Pertamax ini telah menggantikan eksistensi Premix (1994) dan Super TT (1998). Pertamax ini telah mengandung unsur Methyl Tertra Butyl Ether (MTBE) yang kurang ramah lingkungan. Pertamax adalah salah satu bahan bakar bensin dengan kadar oktan yang minimal 92 berstandar internasional. Sementara itu, pertamax juga telah dilengkapi dengan pelindung anti karat pada bagian dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar serta pada ruang bakar mesin (corrotion inhibitor). Sementara itu pertamax juga disebut mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari adanya beragam campuran air sehingga pembakaran akan menjadi lebih sempurna (demulsifier).

Baca Juga :  Harga Timbangan Digital Kapasitas 5-100 Kg

Keunggulan BBM Pertamax

Harga BBM Pertamax Kembali Naik, Harganya Bikin Melongo!Bahan Bahan Mesin Pertamax ini telah dilengkapi dengan ecosave technology. Ecosave technology yaitu etergency yang dapat membersihkan bagian dalam mesin, termasuk pada kebersihan ruang bakar mesin hasil dari pembakaran. Hal ini yang membuat mesin menjadi jarang melakukan servis besar. Sebagaimana Anda ketahui, untuk servis besar sampai hingga membuka kepala silinder untuk membersihkan keraknya, membutuhkan biaya yang mahal. Oleh karena itu, pemakai Pertamax ini menyebabkan jarang melakukan servis besar dan tidak sering untuk mengeluarkan biaya jasa servis serta pembelian spare part.

Keunggulan lain dari Pertamax yaitu sangat cocok untuk mesin yang sudah injeksi atau untuk mesin EFI. Sebagaimana Anda ketahui bahwa motor-motor pada saat ini sudah harus sistem injeksi. Mesin yang telah menggunakan sistem injeksi agar menjadi lebih hemat bahan bakar, rendah emisi dan power lebih besar di semua rpm. Jika dibandingkan dengan mesin yang masih karburator.

Berikut ini 5 keunggulan dari BBM Pertamax jika dibandingkan dengan Pertalite atau BBM sejenisnya yang mempunyai RON lebih rendah.

Baca Juga :  Harga Sabun Tzuki dan Manfaatnya

1.Pembakaran Menjadi lebih sempurna

Salah satu keunggulan dari BBM Pertamax yaitu bahan bakar mesin yang satu ini mempunyai pembakaran yang sempurna. Apabila dibandingkan dengan jenis bahan bakar mesin lainnya. Bahan bakar mesin yang mempunyai nilai oktan yang rendah akan menjadi lebih lama dalam proses pembakaran bahan bakar minyak di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang mempunyai waktu lama akan menyebabkan knocking pada mesin.

Jika angka oktan yang terdapat pada bahan bakar mesin tinggi, maka proses pembakaran di dalam ruang bakar juga akan menjadi lebih baik. Alasannya karena bahan bakar bisa dipadatkan sampai tekanan tertinggi sebelum terkena dengan api dari busi. Dengan adanya keuntungan Pertamax mempunyai nilai oktan yang lebih tinggi dari beberapa jenis bahan bakar mesin lainnya. Hasilnya, pembakaran yang telah dihasilkan oleh Pertamax akan menjadi lebih sempurna.

2.Menjadi Lebih Irit

Keunggulan dari Bahan Bakar Mesin Pertamax selanjutnya adalah bahan bakar Pertamax menjadi jauh lebih irit jika dibandingkan dengan bahan bakar mesin lainnya. Alasan mengapa bahan bakar Pertamax irit karena, Pertamax mempunyai sifat yang lebih sulit dibakar yang bisa membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran menjadi lebih baik. Hasilnya, bahan bakar mesin akan menjadi lebih sulit habis terbakar sebelum kembali terhadap proses TMA (titik mati atas).

Baca Juga :  Harga Mie Sedaap di Indomaret dan Alfamart

3.Ramah lingkungan

Keunggulan dari Bahan Bakar Mesin Pertamax yang ketiga adalah mempunyai pembakaran yang lebih baik dan efisien. sehingga emisi gas yang telah dikeluarkan oleh bahan bakar ini menjadi lebih bersih dan lebih ramah lingkungan. Selanjutnya, emisi gas yang telah dihasilkan oleh proses pembakaran bahan bakar Pertamax ini menjadi lebih efisien. Dan memiliki dampak emisi gas buang yang telah dihasilkan pada proses pembakaran akan jadi lebih rendah.

4.Perawatan Yang Lebih Mudah

Selain beberapa keuntungan Pertamax di atas ini, Pertamax menjadi salah satu pilihan sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini karena bahan bakar mesin Pertamax ini akan membuat proses perawatan pada kendaraan menjadi jauh lebih mudah. Pertamax tidak mempunyai timbal dan mempunyai proses pembakaran yang lebih sempurna. Oleh karena itu, klep, head, piston, dan busi mempunyai kadar kerak atau deposit yang lebih minim.

Sementara itu, jika para pengguna kendaraan menggunakan bahan bakar Pertamax ini waktu untuk melakukan servis pada kendaraan akan menjadi berkurang secara otomatis. Hal ini karena proses pembersihan kerak atau deposit yang menempel pada kendaraan akan berkurang.

Baca Juga :  Rekomendasi dan Harga Mobil Pintu Geser

5.Performa Pada Kendaraan Menjadi Lebih Responsif

Keunggulan dari Pertamax yang terakhir yaitu Pertamax mempunyai performa mesin yang jauh lebih baik dan responsif. Jika Pertamax dibandingkan dengan jenis bahan bakar mesin yang lain dengan RON di bawahnya. Bahan bakar Pertamax ini mempunyai tambahan zat aditif yang akan membuat putaran gas pada mobil menjadi jauh lebih ringan. Serta beban kerja mesin juga akan menjadi jauh lebih ringan. Bahan bakar Pertamax ini juga akan kerak-kerak yang menempel pada ruang pembakaran dan dapat mengurangi kandungan deposit. Dengan demikian, hasil dari kelebihan Pertamax, mobil akan menjadi jauh lebih responsif dan performa pada mesin menjadi lebih maksimal.

Harga BBM Pertamax

Harga BBM Pertamax Kembali Naik, Harganya Bikin Melongo!Informasi mengenai harga BBM terbaru Pertamina pada tanggal 1 April 2022 bisa dibaca di artikel ini. PT Pertamina telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax menjadi Rp 12.500 per liter yang ditetapkan per 1 April 2022.

Kenaikan harga Pertamax ini dalam rangka untuk mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 yang berisi tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan. Harga Jual Eceran dari Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang telah disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Baca Juga :  Harga Bunga Hias Plastik Hiasan Interior Ruangan

Dilansir dari halaman resmi Pertamina, berikut ini adalah rincian informasi dari harga BBM terbaru Pertamina  per 1 April 2022:

Wilayah Harga BBM Pertamax
Prov. Nanggroe Aceh Darussalam Rp.12.500,00
Prov. Sumatera Utara Rp.12.750,00
Prov. Sumatera Barat Rp.12.750,00
Prov. Riau Rp.13.000,00
Prov. Kepulauan Riau Rp.13.000,00
Kodya Batam (FTZ) Rp.13.000,00
Prov. Jambi Rp.12.750,00
Prov. Bengkulu Rp.13.000,00
Prov. Sumatera Selatan Rp.12.750,00
Prov. Bangka-Belitung Rp.12.750,00
Prov. Lampung Rp.12.750,00
Prov. DKI Jakarta Rp.12.500,00
Prov. Banten Rp.12.500,00
Prov. Jawa Barat Rp.12.500,00
Prov. Jawa Tengah Rp.12.500,00
Prov. DI Yogyakarta Rp.12.500,00
Prov. Jawa Timur Rp.12.500,00
Prov. Kalimantan Barat Rp.12.750,00
Prov. Kalimantan Tengah Rp.12.750,00
Prov. Bali Rp.12.500,00
Prov. Nusa Tenggara Barat Rp.12.500,00
Prov. Nusa Tenggara Timur Rp.12.500,00
Prov. Kalimantan Selatan Rp.12.750,00
Prov. Kalimantan Timur Rp.12.750,00
Prov. Kalimantan Utara Rp.12.750,00
Prov. Sulawesi Utara Rp.12.750,00
Prov. Gorontalo Rp.12.750,00
Prov. Sulawesi Tengah Rp.12.750,00
Prov. Sulawesi Tenggara Rp.12.750,00
Prov. Sulawesi Selatan Rp.12.750,00
Prov. Sulawesi Barat Rp.12.750,00
Prov. Maluku Rp.12.750,00
Prov. Maluku Utara Rp.12.750,00
Prov. Papua Rp.12.750,00
Prov. Papua Barat Rp.12.750,00

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.