Harga Camber Mobil Terbaru

Harga Camber Mobil Terbaru

Mengatur sudut camber mobil dapat dilakukan pada komponen kaki-kaki, dengan adanya angka pengaturan yang bervariasi dan tergantung dari jenis mobilnya. Namun, dalam modifikasi, pengaturan sudut roda biasanya telah mengarah pada camber negatif atau pada bagian atas roda yang lebih masuk. Biasanya mobil bergaya stance akan memerlukan sudut roda yang negatif supaya roda tidak menggerus fender.

Baut Camber merupakan salah satu baut yang telah dibuat khusus dengan tujuan untuk merubah camber pada ban kendaraan sehingga bisa diatur sesuai dengan keinginan. Baut ini berbeda dari baut-baut biasanya, karena baut ini telah dibuat khusus supaya dapat mengatur camber ban pada kendaraan yang tidak dapat diatur cambernya.

Sudut Camber Ban Saat Spooring

Harga Camber Mobil TerbaruSudut pada kemiringan roda terhadap garis vertikal. Jika Anda lihat dari bagian depan (roda depan) posisi roda ban miring. Camber sendiri ini telah terdiri dari tiga bagian, yakni positif, negatif, serta zero (nol).

Baca Juga :  Harga Domain dan Hosting Pertahun

Positif, merupakan apabila Anda lihat dari bagian depan, posisi roda (bagian atas) akan cenderung ke luar. Bagian roda dalam juga menjauhi peredam kejut. Selain itu pada posisi ini, mobil tidak enak jika dikemudikan. Dan adanya tingkat keausan roda akan terjadi pada bagian luar.

Sementara itu, negatif camber adalah kebalikan dari yang positif. Roda bagian atas juga mendekati shock. Setir akan terasa menjadi lebih berat pada saat diputar pada kecepatan yang rendah. Keausan ini terjadi pada bagian dalam.

Zero atau nol, yaitu posisi roda hampir tegak lurus pada garis vertikal. Dari ketiga bagian di atas, posisi roda harus sedikit mengarah ke negatif camber yang disesuaikan dengan penyetelan toe yang pas. Dengan demikian setir akan menjadi ringan, respons balik kemudi juga akan ringan. Hal ini termasuk bertujuan untuk penyetelan pada roda belakang.

Untuk mobil yang telah dimodifikasi (ceper), butuh perlakuan spooring yang berbeda karena pada umumnya mobil ceper mempunyai sudut camber negatif. Selain itu, untuk ban yang standar akan lebih pada posisi zero.

Adanya Pengaruh Sudut Camber Mobil Terhadap Pengemudian

Harga Camber Mobil TerbaruSudut camber ini mempunyai pengaruh yang sangat besar pada pengemudian saat sedang berkendara. Suduk camber dapat menyebabkan setir menjadi terasa lebih berat pada saat diputar atau akan terasa liar pada saat berjalan lurus.

Baca Juga :  Harga Genset 1000 Watt Terbaik 2022

Namun demikian, sudut-sudut camber ini juga akam sangat tergantung dengan jenis dan tipe mobil yang ada, setiap mobil memiliki ukuran dan nilai sudut yang berbeda, sehingga pastikan penyetelan pada saat spooring (wheel alignment) ini dilakukan sesuai dengan adanya spesifikasi kendaraan. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah pengaruh adanya sudut-sudut camber terhadap pengemudian mobil.

1.Pengaruh Sudut Camber Dibuat Positif Pada Pengemudian

Camber positif ini bertujuan untuk mengimbangi pada posisi bagian bawah roda yang akan tertarik ke arah luar apabila kendaraan akan mendapat beban dan mulai berjalan. Hal ini artinya, pada saat mobil berjalan, ban akan menjadi tertarik sedikit ke arah dalam sehingga posisi berat gaya kendaraan yang bertumpu pada spindle akan berada pada posisi yang tepat namun dengan catatan sudut camber ini sesuai dengan spesifikasi pabrikan mobil.

Dengan demikian maka, kendaraan tetap dapat berjalan lurus kearah depan dan akan mencegah kedua roda kanan dan kiri slip pada ke arah samping. Selain itu, kesesuaian dengan sudut kingpin juga akan memberikan pengemudian yang ringan pada saat bermanuver.

2.Pengaruh Sudut Camber Dibuat Nol Terhadap Pengemudian

Apabila sudut camber ini di buat pada posisi nol, maka pada waktu kendaraan ini dibebani dan berjalan, roda pada bagian bawah akan terasa semakin tertarik ke luar dan pada bagian atas akan tertarik ke arah dalam.
Hal ini juga akan mengakibatkan terjadinya adanya perpindahan tumpuan berat pada kendaraan yang telah ditanggung oleh spindle. Jika pada awalnya beban tumpuan spindle ini berada pada posisi yang tepat. Setelah kendaraan ini di berikan beban dan berjalan, maka beban pada tumpuan akan bergeser ke arah luar spindle.

Baca Juga :  Harga Vas Bunga Keramik, Kaca, Plastik Kecil dan Rotan

Akibatnya, pengemudian ini akan menjadi lebih berat sehingga posisi roda akan menjadi slip dan akan mengakibatkan keausan pada sisi bagian luar ban.

3.Pengaruh sudut camber dibuat negatif terhadap pengemudian.

Pada beberapa kendaraan dengan adanya penggerak roda bagian depan(front engine-front wheel drive), sudut camber ini pada umumnya telah di buat negatif. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan yang akan terjadi dari sudut camber yang positif apabila mobil sedang keadaan berbelok.
Sudut camber positif ini memiliki kecenderungan yang bertujuan untuk membuat kendaraan menjadi miring akibat adanya bagian atas roda menjadi tertarik lebih keluar, terlebih pada saat berbelok. Efeknya, bodyroll pada arah yang berlawanan ini akan menjadi semakin besar dan dapat membahayakan.

Camber negatif yang sesuai dengan spesifikasi penyetelan, selain dapat membuat mobil menjadi lebih stabil ketika berjalan lurus, ia akan meringankan kemudi pada saat berbelok sekaligus dapat mempertahankan keawetan bagian ban.

Penyetelan Sudut Camber Mobil

Harga Camber Mobil TerbaruMenyetel sudut camber ini tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Karena harus menggunakan beberapa alat yang khusus seperti camber-caster kingpin guide beserta dengan dudukannya, penyetelan yang kurang tepat ini akan berdampak pada kerusakan ban dan suspensi secara perlahan.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo A95

Pada beberapa tipe mobil yang telah menggunakan suspensi tipe MacPherson strut ini, bertujuan untuk melakukan cara penyetelan camber. Pada umumnya penyetelan camber ini telah dibutuhkan komponen pendukung tambahan yang berupa baut camber yang telah dipasangkan diantara knuckle dan shockbreaker. Baut camber ini pada umumnya juga telah tersedia dalam ukuran 14 mm sampai dengan 17 mm.
Penyetelan sudut camber ini dilakukan dengan cara memutar baut camber sehingga akan didapatkan sudut camber yang tepat dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Sedangkan untuk mobil dengan tipe suspensi double wishbone pada umumnya telah menggunakan plat tipis khusus. Plat tipis khusus ini telah diselipkan diantara rangka dengan komponen suspensi yang bernama upper arm. Plat tipis khusus penyetelan camber ini biasanya disebut dengan Shim.
Dengan menambahkan atau mengurangi shim ini menjadikan nilai sudut camber yang akan dibutuhkan dan sesuai dengan adanya rekomendasi yang telah dianjurkan.

Akibat Penyetelan Sudut Camber yang Salah

Berikut ini adalah beberapa gejala yang akan timbul akibat adanya kesalahan dalam penyetelan pada sudut camber.

Baca Juga :  Rekomendasi dan Harga Mobil Angkot

1.Bagian Sudut Camber Mobil Terlalu Positif

  • Keausan yang terjadi pada tapak ban di bagian luar
  • Bagian side slip roda akan menjadi lebih besar
  • Steer akan terasa liar dan licin sehingga pengendalian akan menjadi buruk

2.Bagian Sudut Camber Terlalu Negatif

  • Keausan yang terjadi pada tapak ban di bagian dalam
  • Bagian side slip roda berlebihan
  • Steer akan terasa lebih berat pada saat diputar

3.Besar Sudut Camber Pada Roda Kanan dan Kiri Berbeda Jauh

  • Steering wheel akan menjadi tertarik ke satu arah pada saat melaju.

Pada beberapa mobil telah terdapat sudut camber yang tidak dapat disetel. Selain itu untuk yang tidak dapat dilakukan penyetelan, apabila sudut cambernya diluar spesifikasi yang telah dianjurkan. Sebagai contoh, terlalu positif ataupun terlalu negatif akan dapat di manipulasi dengan cara menyetel sudut toe.

Harga Camber Mobil

Luxury Camber Curl Machine Rp17.865.000
SuperPro Castor/Camber Adj Arm For Hilux Vigo/Revo – TRC470 Rp12.500.000
Unik Camber Kit Belakang Civic EG EK Ferio Genio Estilo nova Berkualitas Rp598.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *