Harga Bakpia Pathok 25 Termurah dan Paling Enak

Kalau Anda dari Jogja atau sedang berada di Jogja, tentu sangat khas melihat berbagai tempat penjualan oleh-0leh dan di dalamnya pasti ada bakpia. Kue bulat yang berisikan kacang ijo dan berbagai aneka rasa di dalamnya. Apalagi sekarang ini banyak kreatifitas dari para pembuat bakpia, sehingga tidak cuma kacang ijo saja, bahkan ada banyak perasa lain. Seperti misalnya bakpia rasa duren dan buah lain. Kalau belum pernah beli tentu masih penasaran dengan harga bakpia pathok 25 yang banyak dijual di toko oleh-oleh.

Bakpia pathok memang menjadi salah satu makanan dan ciri khas daerah Jogja. Selain itu banyak wisatawan memang menjadikan makanan yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke tempat asal wisatawan. Tapi tidak hanya di Jogja saja, sekarang semua orang bahkan Anda bisa dengan mudah mendapatkan bakpia pathok. Karena memang ada banyak outlet oleh-oleh yang menjual makanan khas Jogja ini. Bahkan Anda sekarang bisa dengan mudah membelinya melalui online shop.

Bakpia Pathok 25 isi Berapa ?

Banyak yang sering bertanya mengenai hal ini. Mulai dari berapa banyak isi dari bakpia pathok 25 sampai harganya berapaan. Ada juga yang masih belum tahu mengenai bakpia pathok 25, apalagi terkait isi dan rasa khas makanan Jogja yang satu ini.

Untuk isi dari bakpia pathok Jogja ini satu bungkus box nya berisi 15 biji bakpia. Box yang sangat ekonomis dan dengan harga yang terjangkau. Ada juga box besar yang berisi 20 biji, dan untuk harganya juga masih terjangkau, dengan Rp.50.000 saja sudah bisa membuka bakpia pathok 25 dan mencicipinya.

Sekilas Sejarah Bakpia Pathok Jogja

Kata bakpia sebenarnya berasal dari sebuah dialog Hokkian dengan nama asli Tou Luk Pia yang secara harfiah berarti kue atau roti yang berisikan daging, belum banyak yang tahu tentang ini. Di negara Indonesia sendiri, roti atau kue bakpia lebih dikenal dengan nama pia atau banyak orang menyebutnya  kue pia. Pada zaman dahulu kue bakpia ini  awal mulanya berisi daging babi. Namun makanan yang semulanya haram bagi umat Islam tersebut diadaptasikan oleh budaya Indonesia dan isiannya diganti dengan isian kacang hijau yang dihaluskan.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi HP Vivo Terbaru Tahun 2021

Kota dengan nama Bakpia diadopsi dari makanan khas Cina jika melihat dari asal usul sejarahnya, namun seiring dengan perkembangannya jenis isian bakpia sendiri disesuaikan dengan budaya Indonesia seperti dengan menggantinya dengan kacang hijau. Kini, jenis isian Bakpia ada yang dikembangkan dengan beraneka macam rasa seperti keju, cokelat, kumbu hijau dan kumbu hitam.

Kota Jogja pada zaman dahulu sebelum merdeka, penduduk Jogja yang mayoritasnya beragama Islam mengubah isian resep daripada Bakpia itu sendiri yang merupakan daging babi menjadi kacang hijau, dan pada saat itu mereka belum mengenal istilah merek dagang sehingga produk-produk Bakpia yang dijual hingga saat ini banyak yang berlabel “nomor rumah produsen” seperti nomor nomor yang sekarang ini kita kenal dengan nomor 25, nomor 75, dan lain-lain masih banyak nomor.

Karena memang dahulunya tidak ada merek dagang dan belum mengenal apa itu branding. Itulah alasan mengapa nama-nama merek dagang Bakpia Pathuk ada yang bernama Bakpia Pathuk 25, Bakpia Pathuk 75 dan masih banyak lagi.

Komposisi Bakpia Pathok 25

Sangat penasaran tentunya dengan keenakan dan rasa khas dari bakpia pathok 25 Jogja. Ini karena komposisi dan racikan serta tangan-tangan handal dalam pembuatan kuliner yang satu ini juga sangat diperhatikan. Mulai dari komposisi dan kualitas bahan baku, hingga takaran dari setiap biji bakpia pathok 25.

Baca Juga :  Harga BBM Pertalite Hari Ini

Berikut informasi dari beberapa sumber mengenai komposisi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bakpia pathok 25.

Bahan kulit Bakpia:

2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok makan garam
200 ml minyak sayur (untuk campuran adonan 50 ml dan untuk rendaman 150 ml)
125 gram tepung terigu rendah protein
65 gram tepung terigu tinggi protein
100 ml air

Bahan Lapisan Bakpia:

1/2 sendok makan margarine
25 ml minyak sayur
65 gram tepung terigu rendah protein

Bahan Isian Bakpia:

1 lembar daun pandan
25 gram gula pasir
50 gram gula merah atau gula jawa
1 sendok makan minyak
100 gram kacang ijo/kacang hijau yang telah dikupas (rendam semalaman)
150 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
1/8 sendok teh garam

Cara Membuat Bakpia Pathok Khas Jogja

Jika Anda ingin membuat bakpia pathok sendiri sebenarnya juga bisa. Cukup sediakan saja alat dan bahan yang dibutuhkan. Langkah yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat isian dari bakpia. Isian ini terdiri dari kacang hijau sebagai bahan utamanya.

Baca Juga :  Harga Tiket Bioskop di Indonesia

Kacang hijau sebaiknya Anda rendam lebih dulu supaya nantinya bisa mengembang dan lebih empuk. Kemudian didihkan air lalu masukkan gula, santan dan pandan agar aromanya lebih wangi. Kemudian masukkan kacang hijau dan didihkan hingga matang.

Setelah matang tiriskan kacang hijau dan dinginkan. Kemudian tumbuk hingga halus kacang hijaunya. Sampai disini isian bakpia sudah jadi.

Sekarang tinggal buat kulit bakpia, masukkan air dan didihkan. Kemudian masukkan juga gula sedikit demi sedikit bersama air. Masukkan tepung sedikit demi sedikit dan aduk hingga melumat dan kalis.

Kemudian dinginkan dan pipihkan adukan sedikit secara tipis. Masukkan isian kacang hijau, kemudian goreng sapai matang. Untuk isian ini sebenarnya bisa Anda beri perasa dan pewarna lain, supaya lebih menarik dan tidak monoton.

Bakpia Tugu Jogja

Di area tugu Jogja sebenarnya ada banyak bakpia yang dijual. Langsung saja kunjungi berbagai outlet terdekat dan beli bakpia pathok dengan berbagai jenis. Misalnya saja bakpia pathok 25 maupun dari merek lain.

Bakpia Pathok 25 di Bandung

Tidak hanya di Jogja saja, bakpia pathok 25 juga di jual di beberapa daerah lain. Misalnya saja di kota Bandung. Apalagi sekarang juga sudah ada banyak di toko online seperti Tokopedia dan Shopee, sehingga bisa memudahkan Anda ketika ingin merasakan makanan khas Jogja ini.

Baca Juga :  Daftar Harga Mobil Chevolet Colorado

Selain itu juga ada di berbagai toko kelontong di Jogja. Namun kalau Anda di sekitar Jogja, akan lebih baik lagi kalau datang langsung ke industri pembuatan bakpia pathok ini. Ada banyak tentunya, misalnya bakpia pathok 25 yang sudah terkenal sampai luaran kota Jogja.

Akan lebih nikmat lagi kalau Anda bisa datang dan mencicipi langsung bakpia pathok di tempat produksinya. Kemudian bisa juga lebih tahu mengenai pembuatan bakpia pathok 25 di Jogja.

Harga Bakpia Pathok 25

Sangat terjangkau memang harga dari bakpia pathok ini, jadi tidak perlu khawatir dengan harganya. Cukup dengan Rp 35.000 untuk isi yang 15 biji dan Rp 50.000 untuk isi yang 20 biji. Jika Anda ingin menjadi reseller juga sebenarnya bisa sangat mudah, terlebih ini bisa menjadi bisnis sampingan ketika Anda berada di Jogja maupun di luaran kota Jogja.

Demikian beberapa rekomendasi dan ulasan lengkap mengenai harga dan berbagai ulasan mengenai bakpia pathok 25. Semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *