Daftar Harga Tune Up Mobil

Daftar Harga Tune Up Mobil

Untuk mengembalikan performa mobil, jenis perawatan tune up akan sangat diperlukan. Biaya tune up mobil ini telah bervariasi pada tiap bengkel, pastinya berbeda dengan bengkel resmi dan bengkel biasa.

Tune up merupakan mengembalikan kondisi mesin untuk menjadi semula. Artinya, banyak hal yang telah diperiksa atau dicek dengan perawatan ini, terutama pada bagian mesin. Pengecekan juga dilakukan di beberapa bagian lain seperti busi, saringan udara, v-belt, aki, saringan bensin,  dan banyak lagi.

Selain itu, tune up ini perlu dilakukan agar dapat menjaga kondisi mobil menjadi tetap awet. Anda dapat melakukan tune up 3 bulan sekali atau dengan berbarengan pada saat melakukan ganti oli rutin. Melakukan perawatan ini pun juga tidak harus pergi ke bengkel resmi. Namun di bengkel umum juga telah menyediakan jenis perawatan tersebut. Kalian tidak harus mengantre lama-lama, dan harga yang telah ditawarkan dibengkel spesialis pastinya akan menjadi lebih miring jika dibandingkan bengkel resmi.

Tune up adalah perawatan rutin yang harus dilakukan untuk sebuah mobil. Apabila performa menjadi kian loyo, maka mobil juga perlu mendapat penyetelan ulang pada bagian mesin. Scan sistem juga telah dilakukan untuk mencari tahu adanya penyebab menurunnya performa.

Komponen yang Akan Diperiksa Saat Tune Up Mobil

Daftar Harga Tune Up MobilTune up sendiri dapat mengembalikan adanya performa kendaraan, mencegah kerusakan, dan dapat memeriksa. Apakah komponen-komponen pada kendaraan tersebut masih dalam kondisi baik atau tidak.

Pada saat melakukan tune up, terdapat beberapa komponen yang akaan diperiksa. Berikut ini adalah beberapa komponen yang akan diperiksa:

1.Filter Udara

Komponen yang pertama diperiksa pada saat melakukan tune up yaitu filter udara. Pada umumnya, teknisi ini hanya akan membersihkan filter udara.

Teknisi akan menggantinya dengan yang baru ketika keadaannya sangat kotor.

2.Karburator dan Throttle Body

Pemeriksaan karburator ini dilakukan pada mobil non injeksi. Setelah dilakukan pemeriksaan karburator, akan dilakukan penyetelan ulang pada RPM mobil.

Sementara itu, pada mobil injeksi, pemeriksaan hanya akan dilakukan pada throttle body. Apabila diperlukan tindakan seperti pembersihan, maka menggunakan carbu cleaner.

3.Celah Busi

Pengecekan celah busi ini dilakukan dengan melihat api yang keluar. Kondisi normalnya, api akan terlihat menjadi tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Pada umumnya celah busi ini telah diset dari pabrikan. Namun, interaksi busi ini dengan adanya tekanan kompresi yang dapat mengakibatkan celah busi berubah.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi HP Vivo Terbaru Tahun 2021

4.Celah Katup

Pemeriksaan celah katup ini dilakukan pada mobil yang telah memiliki sistem katup konvensional. Pada mobil tipe ini, celah katup akan disetel sehingga akan kembali pada posisi standar.

Kesalahan dalam penyetelan posisi celah katup akan mengakibatkan mobil menjadi berisik dan tenaganya menjadi berkurang. Selain itu, terjadi kebocoran pada kompresi juga dapat terjadi. Untuk mobil-mobil modern celah katup tidak perlu dilakukan pemeriksaan. Pasalnya, dalam mobil modern ini terdapat sistem Hydraulic Lash Adjuster (HLA) yang akan membuat celah katup menjadi dapat diatur dengan cara otomatis berkat adanya tekanan dalam oli mesin.

5.Aki

Tegangan aki juga harus dilakukan pemeriksaan. Sementara itu, untuk aki regular, dilakukan pemeriksaan elektrolit dengan tujuan untuk mengetahui keadaan aki apakah masih bagus atau sudah lemah.

Manfaat Tune Up Mobil Secara Berkala

Terdapat beragam manfaat tune up mobil yang akan diperoleh para pengguna kendaraan pada saat rutin menjalaninya, yaitu:

1.Performa Lebih Maksimal Setelah Melakukan Tune Up Mobil

Daftar Harga Tune Up MobilManfaat tune up mobil atau fungsi utama melakukan tune up adalah untuk memaksimalkan performa pada mesin mobil. Apabila, jika tidak pernah dirawat akan rentan mengalami kerusakan, seperti adanya penurunan performa yang akan mengganggu kenyamananmu pada saat berkendara.

Baca Juga :  mobil88, Tempat Jual Mobil Bekas Terbaik dan Aman

Nah, jika masalah ini sudah parah, tidak menutup kemungkinan jika mesin tiba-tiba akan mati di tengah jalan. Selain itu, untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan bahwa Anda melakukan servis dengan berkala secara sendiri atau dengan mendatangi bengkel langganan.

2.Menghindari Kerusakan Pada Kendaraan

Anda pasti tidak ingin mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan. Karena itu, manfaat dari tune up mobil akan sangat penting untuk menghindari adanya kerusakan kendaraan.

Jika Anda membiarkan mobil Anda dalam waktu lama tanpa perawatan, kerusakan yang semulanya ringan akan dapat berubah menjadi kerusakan yang parah. Selain itu, juga akan menambah biaya pengeluaran, hal ini pun akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Cara yang terbaik untuk menghindari kejadian ini adalah dengan rutin merawat mesin mobil dan melakukan tune up dengan minimal waktu setiap setahun sekali.

3.Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Manfaat tune up mobil lainnya adalah dapat menjaga kondisi mesin mobil. Mesin mobil adalah salah satu komponen yang paling penting.

Jika mesin mengalami kerusakan karena tidak pernah melakukan perawatan, hal ini akan sangat berpengaruh buruk terhadap performa dan komponen lainnya.

Baca Juga :  Harga Satu Paket Zwitsal Terbaru 2022

Dengan melakukan tune up tersebut, kondisi mesin mobil akan dapat terpantau. Sekalipun terjadi kerusakan, Anda akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

4.Memastikan Fungsi Saringan Udara Berfungsi Dengan Baik

Salah satu fungsi tune up yaitu untuk memastikan saringan udara berfungsi dengan optimal dan baik. Jika saringan udara tersebut rusak, suhu udara akan menjadi meningkat sehingga akan menyebabkan penurunan performa pada mesin mobil.

Filter udara yang tidak berfungsi dengan baik juga akan dapat menyebabkan mobil menjadi hilang tenaga pada saat digas, lho. Jika rutin melakukan perawatan, Anda akan dapat mengantisipasi terjadinya kerusakan pada saringan udara dan dapat mencegah kerusakan yang akan lebih parah.

5.Memastikan Semua Komponen Dalam Kondisi Stabil

Fungsi lain dari tune up yaitu dapat memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi yang aman dan stabil. Manfaat tune up mobil juga dapat membuat kinerja dari komponen mobil jauh lebih optimal. Sehingga, mobil akan menjadi terasa lebih nyaman pada saat digunakan. Dengan kondisi kendaraan yang lebih aman dan nyaman, tentunya akan membuat emisi gas buang menjadi lebih terjaga.

Baca Juga :  Rekomendasi Mobil Mewah Harga Murah

Tune Up Mobil Wajib Dilakukan

Daftar Harga Tune Up MobilTune up merupakan salah satu perawatan mesin ringan pada mobil yang bertujuan untuk mengembalikan performanya. Hal ini perlu dilakukan pada saat mesin mobil performanya dianggap kendor sehingga dapat kembali dalam kondisi yang prima lagi.

Biasanya perawatan tune up ini harus dilakukan oleh pemilik mobil jika usia mobilnya telah mencapai usia di atas 5-10 tahun.

Hal ini terbilang wajar, mengingat umur pemakaian mobil telah membuat mesinnya perlu mendapatkan penyegaran. Tujuannya adalah agar kondisinya tetap dalam selalu sehat dan prima.

Tune up yang harus dilakukan meliputi pemeriksaan busi mobil, pompa bensin, saringan udara, saringan bensin, segala sistem kelistrikan pada mobil, dan throttle body. Cara ini juga dapat sekaligus mengecek beberapa komponen yang terdapat dalam kendaraan Anda, apakah masih terlihat sehat atau Anda harus segera melakukan penggantian.

Harga Tune Up Mobil

Berikut ini adalah daftar harga tune up mobil

Daftar Harga Tune Up Mobil

Agya Rp207.000
Avanza Rp247.500
Calya Rp207.000
Yaris Rp289.000
Innova Rp289.000
Vios Rp289.000
Harrier Rp362.000
Fortuner Rp362.000
Alphard Rp465.000
Vellfire Rp465.000

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.