Jasa Pembuatan Kolam Koi

Jasa Pembuatan Kolam Koi Lengkap dengan Harga

Kolam ikan koi memang menjadi salah satu kolam yang khas dengan hiasan, karena ikan koi sendiri juga banyak di koleksi orang sebagai ikan hias. Namun untuk membuat kolam ikan koi ini tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Jika Anda tak mampu membuat kolam ikan koi ini sendiri, sekarang sudah ada banyak jasa pembuatan kolam ikan koi dengan berbagai desain yang Anda inginkan.

Kolam ikan koi di dalam rumah tentu menjadikan rumah semakin estetik. Bahkan belakangan ini memang pembuatan ikan koi juga dipadukan dengan taman yang ada. Baik taman yang ada di samping rumah, di depan rumah maupun di belakang rumah.

Dalam pembuatan kolam ikan untuk ikan hias, dibutuhkan desain yang memang khusus dalam pembuatan. Kalau masalah material ini juga bisa memiliki banyak aspek sesuai desain yang akan dikerjakan. Misalnya saja menggunakan teknik bebatuan pada kolam ikan koi klasik, dan menggunakan keramik maupun batu granit jika memang ingin membuat kolam ikan koi modern.

Ada beberapa jenis dan bentuk pada kolam ikan koi. Misalnya saja pada jenis klasik, di mana material yang dibutuhkan cukup sederhana. Anda hanya perlu pasir, batu dan beberapa ornamen pendukung. Bahkan batu polosan saja sudah bisa menjadikan tampilan kolam jadi makin klasik dan alami.

Baca Juga :  Harga Cokelat Silverqueen dan Sejarahnya

Namun jika menggunakan granit dan keramik, kesan dari kolam ikan koi ini cenderung minimalis dan modern. Untuk masalah model dalam desain kolam memang sangat bergantung pada area dan lokasi yang ingin Anda alokasikan sebagai kolam koi.

Ikan koi merupakan salah satu ikan yang mudah hidup dan menarik untuk dijadikan ikan hias. Bayangkan jika di rumah Anda ada kolam ikan koi mini, pastinya Anda juga bisa refreshing dan menyegarkan  pikiran sejenak dengan memberikan makan ikan koi ini. Bahkan bisa menjadi wahana anak agar tidak kecanduan gadget jika memang anak Anda penyuka ikan hias.

Jasa Pembuatan Kolam Koi

Jasa Pembuatan Kolam Koi

Ada banyak jasa pembuatan kolam ikan koi ini di berbagai daerah, terutama kota – kota besar. Seperti halnya Jakarta, Jogja, Semarang, Bandung maupun Surabaya. Sebaiknya dari awal pemesanan jasa pembuatan kolam ikan koi ini sebaiknya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Baca Juga :  Harga Skin Layla Blue Spectre Terbaru 2022

Misalnya saja terkait dengan lokasi, lokasi dan area yang ingin Anda jadikan sebagai kolam ikan koi sudah di pastikan. Baik di depan rumah, samping rumah maupun belakang rumah. Kemudian setelah memastikan daerah dan lokasi mana yang akan dijadikan sebagai kolam ikan koi, selanjutnya proses pengukuran. Ukur semua area yang akan dijadikan kolam.

Desain Kolam Ikan Koi

Jasa Pembuatan Kolam Koi

Dari segi desain ini tentu saja mengacu pada ukuran lahan yang akan dijadikan sebagai kolam ikan koi. Ketika ukuran sudah didapatkan, pilih desain yang cocok dengan lokasi. Ada berbagai desain kolam ikan koi yang bisa Anda terapkan pada kolam yang akan Anda buat.

Mulai dari desain kolam klasik yang menggunakan relief bebatuan, kemudian desain kolam modern yang menggunakan batu granit maupun keramik. Ada juga desain relief dengan beton dan seni dalam pemasangan. Misalnya pembentukan bagian dinding kolam yang menggunakan relief semacam batang pohon dan beberapa ornamen pendukung.

Untuk ornamen pendukung misalnya bisa menggunakan air mancur dengan filter, atau bisa menggunakan aerolator. Ada juga yang menggunakan patung anak kecil, atau bisa juga menggunakan patung hewan seperti burung.

Baca Juga :  Harga Perlengkapan Tanaman Hidroponik

Harga Jasa Pembuatan Kolam Koi

Jasa Pembuatan Kolam Koi

Untuk harga kolam ikan koi ini memang sangat bervariasi, bahkan dari beberapa harga yang ditawarkan memang sangat tergantung dari kerumitan kolam dan bahan baku yang dibutuhkan dalam pembuatan. Untuk kolam ikan koi minimalis memang harganya sangat terjangkau. Antara 1,5 hingga 3 juta. Sedangkan pada beberapa jenis kolam ikan koi yang besar dan menggunakan berbagai ornamen, bisa sampai puluhan juta. Apalagi menggunakan relief dan keunikan pada kaca samping kolam.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Ikan Kolam Koi

Jasa Pembuatan Kolam Koi

Sebelum memilih jasa pembuatan ikan kolam koi memang ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pahami. Bahkan dalam pembuatan ini memang membutuhkan keahlian khusus dan sudah berpengalaman. Jangan sampai Anda menyerahkan konstruksi kolam koi di rumah Anda pada jasa desain kolam koi yang abal-abal, ini justru akan membuat Anda mengeluarkan biaya lebih.

1. Keahlian dan Profesionalitas

Anda bisa melihat keahlian dan profesionalitas jasa berdasar pengalaman dan testimoni dengan kolam ikan koi yang pernah dibuatnya. Anda bisa meminta contoh desain yang bagus untuk rumah Anda. Orang yang sudah profesional pastinya sudah mempunyai banyak rekomendasi desain pada kolam yang pernah dibuat.

Baca Juga :  Harga Es Krim Cornetto Boba Brown Sugar Cheese Terbaru

Pilihlah desainer yang kaya akan ide dan desain yang bisa direkomendasikan kepada Anda. Kemudian baru diterapkan pada ukuran dan lahan yang sudah Anda sediakan.

2. Bahan Baku

Untuk bahan baku, Anda bisa meminta berbagai jenis bahan baku yang dibutuhkan pada berbagai desain yang Anda inginkan. kemudian mintalah rekomendasi bahan baku apa yang cocok dan sesuai, yang terpenting awet dan tahan lama.

Jangan sampai konstruksi kolam Anda hanya bertahan beberapa bulan saja. Ini jelas akan merugikan uang yang sudah Anda keluarkan.

3. Harga dan Waktu Pengerjaan

Harga yang terpenting harus di buka pada penawaran dan awal kesepakatan. Jadi kalau nantinya sudah selesai tidak ada hal lain yang justru bisa membuat Anda mengeluarkan dana yang tidak jelas ujung pangkalnya. Anda juga bisa meminta dan memperkirakan waktu pengerjaan, yang nantinya juga bisa menjadi perilaku apakah sudah profesional atau tidaknya dari jasa yang Anda gunakan.

Dalam membuat kolam ikan koi ini memang untuk biaya bisa agak mahal. Terkait dengan harga beberapa bahan baku memang akhir-akhir ini memang sedang naik. kemudian pada perlengkapan yang dibutuhkan juga ada banyak. Misalnya saja bebatuan, keramik, maupun pengatur siklus air. Baik menggunakan filter dan aerator untuk kebutuhan oksigen ikan.

Baca Juga :  Harga Sony PlayStation 4 atau PS4 Terbaru

Ikan koi akan bagus dalam air yang bening. Bahkan akan lebih bagus lagi jika konstruksi bisa membuat perputaran air yang mengalir, misalnya membuat air terjun kecil. Karena memang ikan ini suka pada air yang mengalir.

Demikian penjelasan kami mengenai harga, tips dan beberapa penjelasan mengenai jasa pembuatan kolam ikan koi. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat kolam ikan koi baik minimalis, modern maupun kolam besar.

Dalam hal perawatan, sebaiknya juga menggunakan penjernih air. Dan ini bisa Anda dapatkan di beberapa toko ikan hias, atau bisa juga lewat toko online. Seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan masih banyak lagi. Harganya juga cukup terjangkau dan tak sampai 100 ribuan, ini bisa membuat air kolam menjadi jernih dan bisa menghilangkan bakteri maupun zat amonia pada kolam.

Jangan lupa ganti air dalam beberapa hari sekali guna memperoleh ikan yang sehat dan air yang jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *