Harga Whell Loader

Harga Whell Loader Baru dan Bekas 5 Merek Terkenal

Whell loader adalah satu alat berat yang banyak digunakan pada pertambangan, proyek dan berbagai pengerjaan untuk mengangkut beban berat. Atau bisa juga digunakan untuk memindahkan dan sebagai alat bantu memuat berbagai keperluan ke dalam truck. Misalnya saja pada pertambangan pasir, batu split di stone crusher dan pada are pertambangan batu bara. Kali ini dailysuka akan share harga whell loader baru maupun bekas pada merek whell loader terbaik yang beredar di pasaran.

Whell loader sendiri ada banyak jenisnya, apalagi dari berbagai vendor mengeluarkan tipe dan kecanggihan teknologinya tersendiri. Beberapa merek whell loader dan memang paling berkontribusi banyak di peralatan berat pertambangan misalnya saja catterpillar, komatsu dan liugong. Ada beberapa whell loader lain yang juga banyak digunakan seperti SDLG dan Heli.

Fungsi Whell Loader

Harga Whell Loader

Whell loader merupakan alat berat yang digunakan untuk memindahkan muatan dari lokasi stok ke dalam bak kendaraan. Misalnya memuat pasir maupun split ke dalam bak truck, menggali tebing dan meratakan tanah.

Baca Juga :  Harga Cat Rambut Garnier Terbaru

Konstruksi dari alat berat yang satu ini memang hidroliklah yang menjadi sumber tenaga utama untuk menggerakkan bucket dalam mengeruk maupun memuat bahan. Hidrolik ini dikendalikan oleh pompa yang di dalamnya ada oli hidrolik yang secara signifikan mempunyai tenaga penggerak oleh mesin diesel.

Mesin berbahan bakar solar memang lebih dipilih dalam penggunaan alat berat, mengingat mesin ini mampu mempunyai tenaga yang besar untuk sebagai kendaraan muatan. Whell loader ini banyak digunakan di area pertambangan, proyek dan pengerjaan alat  berat.

Komponen-komponen Utama Whell Loader

Ada banyak komponen yang ada di whell loader ini. Seperti kendaraan lain pada umumnya kalau whell loader sendiri juga mempunyai banyak perbedaan dan memang disesuaikan dengan fungsinya. Beberapa perbedaan yang paling mencolok ada pada fungsi yang terletak pada komponen khusus dan cara mengoperasikan alat ini berbanding dengan alat lain. Berikut beberapa komponen pokok dari whell loader.

1.Kabin

Berfungsi sebagai tempat untuk pengoperasian whell loader. Untuk mengoperasikan whell loader, dibutuhkan skill khusus karena sambil mengoperasikan kendaraan juga mengoperasikan fungsi dari kendaraan itu sendiri. Fungsi kendaraan mulai dari pedal gas, pedal rem, steering. Sedangkan untuk fungsi alat berat terdiri dari tuas untuk membuka dan menutup bucket, dan tuas untuk mengangkat maupun menurunkan bucket.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi HP Samsung Galaxy S20 Series

2.Bucket

Berfungsi sebagai tempat untuk menaruh muatan, inilah yang dikendalikan oleh kedua buah tuas. Konstruksi dari alat ini terbuat dari besi dan baja yang kuat yang didesain untuk mengambil material dan menaruhnya di dalam kendaraan bak.

3. Roda

Desain roda pada alat berat yang satu ini memang unik, besar dan kuat. Bahkan lebarnya bisa melebihi tinggi manusia pada alat pertambangan besar.

4.Mesin Diesel

Mesin terdiri dari berbagai kapasitas power yang dihasilkan. Serta disesuaikan dengan besar maupun kemampuan dari whell loader itu sendiri. Mesin yang digunkan tentu saja diesel yang berbahan bakar solar, mengingat mesin ini bisa mengeluarkan daya dan power yang besar. Kebanyakan alat kendaraan berat memang menggunakan diesel sebagai sumber penggerak utamanya.

5. Hidrolik

Sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan komponen hidrolik, misalnya saja bucket. Konstruksi ini akan memberikan tekanan dan torsi lebih besar sedangkan tenaga operasi yang lebih kecil, sehingga mudah untuk dioperasikan. Kebanyakan alat berat menggunakan hidrolik sebagai sumber power utamanya.

Baca Juga :  Harga dan Perbedaan Samsung Seri M, A, S dan Note

Harga Whell Loader Berbagai Merek di Pasaran

 

Ada banyak merek whell loader, namun kali ini kami akan membahas beberapa merek whell loader yang memang sudah terkenal dan paling banyak digunakan di berbagai industri saja. Mulai dari komatsu, Catterpillar, Liugong, Heli dan SDLG. Namun pada area pertambangan banyak menggunakan Catterpillar dan Komatsu, kedua merek ini memang tidak asing lagi dan paling banyak terlihat.

1.Harga Loader Komatsu

Komatsu merupakan merek alat berat dan industri alat bert yang terkenal. Dalam usahanya berbai tipe alat berat memang sudah dibuat dan diedarkan di pasaran. Mulai dari Exavator, Whell Loader, Finisher dan berbagai alat lain.

Untuk whell loader sendiri harga barunya sekitar 500 sampai 900 jutaan, tentu saja tergantung tipenya. Bahkan untuk power lebih dan kapasitas bucket yang besar bisa mencapai lebih dari 2M. Banyak digunakan pada pertambangan kalau yang berkapasitas bucket besar.

2.Harga Loader Catterpillar

Catterpillar merupakan merek yang sama halnya Komatsu bisa menguasai pasaran alat berat. Banyak industri yang sudah mengadopsi alat ini. Memang untuk harga bisa lebih mahal dari merek alat berat lain, mengingat meek Catterpillar ini sudah terkenal dan kualitas dari alat beratnya memang bagus. Alat bersat dari Catterpillar ini memang nyaman dan mudah dalam mengoperasikannya. Selain itu untuk spare part juga sangat mudah didapatkan.

Baca Juga :  Harga Kulkas yang Bisa Bikin Es Batu Sendiri atau Ice Maker

Untuk harga whell loader dari merek Catterpillar ini sekitar 500 jutaan sampai 1 M an pada alat kecil, pada alat medium bisa sampai 1,5 M an. Sedangkan pada alat dengan kapasitas yang lebih besar bisa mencapai lebih dari 3-5M.

3.Harga Loader Heli

Heli memang kurang terkenal, namun juga banyak digunakan. Bahkan merek yang satu ini juga mudah untuk digunakan. Untuk service dan sparepartnya juga mudah didapatkan dan tinggal cari saja tipe sparepart yang digunakan.

Untuk harga barunya alat medium dengan kapasitas 3 m3 an, whell loader heli ini bisa mencapai 500 jutaan. Sedangkan harga second nya bisa mencapai 300 jutaan dan ini memang tergantung kondisi beserta kelengkapan alat.

4.Harga Loader SDLG

Banyak digunakan oleh industri tambang kecil dan menengah. Bahkan sering dijumpai di area asphalt mixing plant, batching plant maupun stone crusher. Alat ini merupakan whell loader buatan industri china. Namun walaupun dengan harga yang tidak terlalu mahal ketimbang komatsu dan catterpillar, alat ini juga mampu mempunyai power yang besar. Untuk harganya sendiri sekitar 400 sampa 500 jutaan kondisi baru dengan kapasitas bucket 2-3m3.

Baca Juga :  Harga PlayStation 3 atau PS3 Terbaru Tahun 2021

5.Harga Loader Liugong

Masih dengan merek whell loader yang datang dari negeri china, namun jangan meremehkan alat ini. Powernya juga sangat bagus dan mudah digunakan. Selain itu untuk sparepart juga mudah di dapatkan. Harga dari alat ini masih sama dengan SDLG dan HELI walaupun ada perbedaan sedikit. Untuk tipe sama dengan kedua merek tersebut, harganya hampir mirip baik baru maupun kondisi second.

Demikian ulasan mengenai harga whell loader dari berbagai merek terkenal yang ada di Indonesia. Tinggal pilih saja whell loader sesuai kebutuhan. Ada dua tipe whell loader, Mulai dari pengoperasian dengan satu tuas, maupun dengan dua tuas.

Untuk versi ban ada yang sudah menggunakan tubeles dan ada yang menggunakan ban versi biasa. Sedangkan pada aksesoris sudah ada yang menggunakan AC ada yang tidak. Atur saja sesuai budget dan kebutuhan whell loader pada industri yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.