harga repeater wifi

Harga Repeater Wifi

Internet sekarang ini memang menjadi salah satu kebutuhan setiap individu. Apalagi tidak hanya sekedar mencari informasi maupun sekedar komunikasi semata. Bahkan semua lini bisnis sekarang juga mengandalkan jaringan internet. Maka dari itu wifi menjadi solusinya. Namun ada yang mengeluhkan terkait sinyal wifi yang lemah, maka dari itu membutuhkan sebuah perangkat repeater. Harga repeater wifi sendiri juga bervariasi sesuai dengan jenis dan spesifikasinya. Repeater wifi memang berfungsi menjadikan sinyal wifi yang lemah kemudian memancarkannya kembali ke sekitar pemancar sesuai dengan kapasitas daya pancarnya. Sebenarnya menggunakan jenis router pun bisa, namun repeater ini bisa dibilang sifatnya daya dekat dan jangka sekitar saja. Bahkan hanya dengan range 20 sampai 50 meter. Misalnya saja sebuah perangkat seluler maupun komputer yang lemah ketika menerima sinyal wifi. Ini karena letak dari perangkat penerima dan perangkat pemancar wifi yang cukup jauh atau terhalang benda besar seperti tembok. Nah, di sinilah peran dari repeater ini akan bekerja. Repeater wifi ini akan terletak di tengah-tengah antara penerima wifi dan pemancar wifi. Repeater atau penguat ini akan menerima sinyal wifi dari perangkat induk dan memancarkannya kembali ke daerah sekitar. Kemudian perangkat seluler maupun komputer akan menerima sinyal wifi dari sinyal yang dipancarkan dari repeater.
Baca Juga :  Berikut ini Daftar Harga Mobil Lexus Sport Terbaru
Secara singkat melalui penjelasan dari skema dasar dan fungsi dasar di atas tentunya Anda telah mengetahui fungsi dan kegunaan dari sebuah perangkat repeater wifi.

Harga Repeater Wifi

harga repeater wifi Untuk harga dari perangkat ini memang bervariasi, bahkan tergantung dari spesifikasi dan brand repeater yang akan Anda gunakan. Misalnya saja dari brand xiaomi dengan range harga antara 150 ribu sampai 400 ribuan. Untuk brand lain bisa juga sampai 700 ribuan. Namun yang lebih enaknya menggunakan perangkat ini tidak perlu menyambungkan kabel lan, semuanya menggunakan jaringan nirkabel. Jadi lebih ringkas dan murah. Sebenarnya bisa juga kalau mau menggunakan router seperti dari tenda. Namun kalau menggunakan router tentu harganya akan lebih mahal. Tetapi memang kalau menggunakan router jelas mempunyai fungsi yang lebih komplek. Misalnya untuk sekedar menerima jaringan saja, memancarkannya kembali dengan nama yang sama, atau pun memancarkan ulang dengan SSID yang berbeda.
Baca Juga :  Harga Galon di Indomaret dan Alfamart
Kalau router Tenda kisaran 300 sampai 800 ribuan. Semua harga bisa semakin mahal juga tergantung dari daya tangkap maupun daya sebar sebuah perangkat itu sendiri. ini bisa lebih ringkas kalau Anda menggunakan router dan repeater yang standar saja. Sesuaikan dengan kebutuhan saja, misalnya kalau hanya memancarkan kembali dari lantai satu sampai lantai 3 atau dengan range dari jarak kurang dari 100 meter, Anda bisa menggunakan repeater saja. Namun kalau jarak telah sampai 100 meter lebih, sebaiknya memang menggunakan daya tangkap yang lebih ringgi. Misalnya saja menggunakan router out door.

Kelebihan dan Kekurangan Repeater Wifi

Repeater Wifi sendiri sebenarnya juga mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dari sisi kelebihan perangkat ini memang lebih ringkas. Bahkan dari bentuknya saja lebih kecil dan simple, kemudian bisa Anda letakkan cukup di colokkan dengan stop kontak saja. Mirip sekali dengan dekstop baterai ponsel. Secara pengaturan dan cara setting perangkat ini juga lebih mudah. Cukup masuk ke halaman administrator repeater. Biasanya akan masuk ke ip 192.168.10.1 atau 192.168.0.1, tergantung juga dari pabrikan repeater yang Anda gunakan.
Baca Juga :  Harga Plat Nomor Cantik 3 Angka
Stelah masuk kemudian lakukan penyambungan pada jaringan utama. Syarat untuk bisa menyambungkan ke jaringan utama tentunya dengan mengetahui sebuah password dari jaringan utama. Kemudian atur untuk nama dan dan jenis passwordnya. Sebagai dasar dan perlu Anda tahu kalau menggunakan repeater ini password SSID Anda harus sama dengan jaringan utama. Kalau sampai berbeda maka tidak akan bisa masuk. Sesuai dengan fungsi memang begini dan ini telah menyatu dengan kebanyakan repeater yang ada. Sekarang Anda bisa mendapatkan repeater wifi dengan mudah dan dengan harga yang sangat terjangkau. Misalnya saja dengan mengunjungi beberapa toko teknik jaringan disekitaran tempat tinggal Anda. Atau bisa juga kalau yang lebih mudah dengan mengunjungi toko online dan hanya dengan ponsel Anda. Misalnya saja melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Untuk kekurangan dari kebanyakan repeater wifi memang ada pada pembatasannya. Misalnya saja pada perangkat yang tersambung tidak bisa terlalu banyak. Bahkan untuk penyambungan perangkat yang terhubung jangan sampai 10 lebih, ini akan mengganggu dari segi kualitas jaringan yang nantinya akan terbagi.

Masalah yang Sering Terjadi pada Repeater WIfi

Mengingat kecepatan dari repeater wifi ini juga sangat terbatas dan hanya 150 mbps saja dari koneksi lan maupun nirkabel jaringan utama. Ini kalau jaringan kualitasnya bisa 100 % full dalam penerimaan sinyal. Jika kurang tentunya akan berkurang pada jaringan internetnya.
Baca Juga :  Harga Pajero Dakar 2022
Kemudian ada pada eror yang biasanya sering terjadi. Misalnya saja pada jaringan utama bisa mengakses ke jaringan internet. Namun pada jaringan repeater tidak ada internet. Baca Juga : Harga Paket Telkomsel Orbit Solusi yang bisa Anda lakukan tentu melakukan reboot pada jaringan utama dan jaringan repeaternya. Kemudian nyalakan kembali. Kalau masih saja demikian, maka perlu melakukan reset dan penyambungan ulang pada jaringan repeater yang ada di rumah Anda. Jika masih saja terjadi, berarti ada masalah pada jaringan utama. Atau besar kemungkinan juga bisa terjadi pada repeater yang susah menerima sinyal dari jaringan utama. Bisa melakukan reset, atau memindahkan repeater dan hadapkan langsung dengan jaringan utama tanpa ada halangan. Solusi sederhana bisa menggunakan repeater dan masukkan ke dalam benda logam maupun steenles. Ini akan menambah daya tangkap sinyal yang nantinya akan masuk ke dalam repeater Anda. Cara ini sudah saya uji coba dan berhasil menangkap sinyal dalam range 100 sampai 200 meter dari jaringan utama yang ditembak.
Baca Juga :  Harga Aki Mobil dan Fungsinya

Kesimpulan

Menggunakan repeater wifi tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Namun semua bisa di atasi dan sesuaikan saja dengan kebutuhan jaringan Anda. Untuk segala jenis repeater wifi memang mempunyai harga yang berbeda. Ini semua tergantung dai jarak dan kualitas range maupun daya tangkap dan daya pancar sebuah repeater. Jika ingin menggunakan repeater wifi, carilah harga yang terjangkau. Kunjungi toko terdekat maupun lewat toko online, kemudian cari review produknya lebih dulu. Karena memang dari setiap brand akan menunjukkan kualitasnya masing-masing. Namun pada prinsip dan pengaturan maupun fungsi dari perangkat ini juga cukup sama. Perhatikan juga buku manualnya saat sebelum menggunakan. Untuk tombol reset memang ada yang harus menggunakan pinset maupun jarum untuk menekan tombolnya. Kualitas dari berbagai repeater wifi juga sudah banyak yang bisa menggunakan mode WPS. Selain itu pada pengaturan jaringan juga bisa disembunyikan. Jadi sekarang Anda bisa membuat jaringan sendiri dan Anda saja yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *