Harga Alat Wifi Untuk di Rumah

Harga Alat Wifi Untuk di Rumah

Harga alat wifi untuk di rumah memang bervariasi, apalagi yang namanya alat untuk memancarkan wifi ini ada banyak. Mulai dari repeater, wifi, router maupun modem internet. Ketiga inilah yang paling sering kita jumpai di berbagai lini masyarakat.

Koneksi internet sekarang ini memang menjadi prioritas. Tak sekedar hanya untuk memperoleh informasi saja, bahkan untuk berbisnis pun sekarang sudah menggunakan internet. Tak khayal memang ada banyak orang yang bisa menghasilkan puluhan dan bahkan ratusan juta per bulan hanya dari internet.

Internet merupakan salah satu hal pokok pada semua lini kehidupan di era teknologi yang serba maju sekarang ini. Mulai dari media sosial, toko online, forum diskusi dan berbagai platform hiburan juga lebih banyak di internet. Bahkan ada banyak orang yang menghabiskan waktu keseharian untuk selalu terkoneksi dengan internet.

Untuk mendukung koneksi jaringan ke internet, ada beberapa faktor pendukung. Mulai dari jaringan seluler, sampai jaringan wireles. Jaringan seluler akan mensupport sesuai dengan provider yang digunakan. Sekarang semua provider lebih laris pada jaringan internet nya daripada pulsa dan kebutuhan voucher regulernya.

Berbagai layanan jaringan internet nirkabel maupun menggunakan kabel LAN sekarang ini juga sudah banyak. Jadi ada berbagai macam opsi jika Anda ingin memasang jaringan wifi sendiri di rumah Anda.

Jenis Alat Wifi yang Bisa Dipasang di Rumah Anda

Harga Alat Wifi Untuk di Rumah

Untuk bisa memasang jaringan wifi di rumah Anda, ada beberapa alat yang sebaiknya Anda pahami dulu. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kualitas jaringan maupun dengan dukungan dari layanan terkait. Ini agar tidak percuma ketika Anda sudah terlanjur membeli berbagai alat maupun perangkat wifi sendiri.

Untuk bisa memiliki jaringan wifi sendiri, beberapa alat yang diperlukan misalnya saja router, repeater dan modem internet. Pilih salah satu saja sesuai dengan dukungan dan kualitas jaringan dari penyedia terkait.

Baca Juga : Harga Repeater Wifi

1. Router

Router merupakan alat yang bisa menerima dan memancarkan kembali jaringan internet baik menggunakan kabel LAN maupun menggunakan nirkabel. Namun untuk receiver kebanyakan hanya terkoneksi menggunakan kabel LAN.

Baca Juga :  Harga Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

Untuk didalamnya sendiri fitur yang disematkan juga sudah canggih. Misalnya saja untuk melakukan pemancaran kembali jaringan, menguatkan jaringan dengan SSID yang berbeda, maupun membuat akses point sendiri dengan memperoleh suppor layanan internet dari router sebelumnya.

Router ini ada dua macam, router indoor dan router outdoor. Dari kedua router ini ada secara sekilas perbedaan mencoloknya. Ini terkait dengan kualitas dan daya tahan dari router. Kalau menggunakan outdoor

2. Repeater

Untuk repeater wifi ini memang lebih kecil dari segi fungsi maupun dari segi ukuran dan desain perangkatnya. Ada berbagai macam repeater yang ada di pasaran. Misalnya saja dari Xiaomi dan dari merk lain. Untuk repeater ini hannya bisa memancarkan ulang sinyal wifi dan menguatkannya kembali. Walaupun SSID bisa diatur dengan nama yang berbeda, namun tidak untuk passwordnya. Password tentu menggunakan dan harus sama dengan wifi yang dipancarkan ulang.

Repeater ini sangat fleksibel, bahkan bisa dipindah dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat mudah. Namun daya pancar dan daya tangkap dari repeater ini juga terbatas, hanya kurang dari 100 meter saja. Berbeda dengan router yang mempunyai beberapa jenis baik indoor maupun outdoor dengan kualitas jaringan yang bisa diperluas.

Baca Juga :  Rekomendasi dan Harga Mobil Mini Cooper

Masalah koneksi yang sering terjadi keluhan ketika menggunakan repeater biasanya ada pada jaringan yang cenderung tidak ada internet, padahal dari jaringan sumber yang dipancarkan normal dan tidak ada masalah.

3. Modem Internet

Kalau yang satu ini ada berbagai macam. Misalnya saja dari berbagai provider yang ada di Indonesia. Misalnya saja Telkomsel Orbit, Telkomsel Flash, Mifi Smartfreen, ataupun dengan modem Bolt dan ZTE. Dari berbagai modem ini juga ada berbagai varian, ini terkait dengan kemampuan daya pancar dan daya uploud dari klien ke server. Bahkan untuk kuota bulanan saja sama dengan smartphone pada umumnya.

Misalnya saja untuk Telkomsel Orbit, modem dari telkomsel yang juga menggunakan simcard telkomsel. Untuk kuota internet dalam satu bulan memang lebih murah daripada menggunakan kuota langsung dari simcard telkomsel. Dengan Telkomsel Orbit ini Anda bisa membuat koneksi wifi sendiri di rumah Anda dan dengan SSID maupun password yang Anda inginkan.

Harga Alat Wifi Untuk di Rumah

Harga Alat Wifi Untuk di Rumah

Dari beberapa perangkat yang bisa digunakan untuk membuat jaringan wifi ini, tentu memiliki harga yang berbeda. Mulai dari router, modem dan repeater. Berikut mengenai beberapa rekomendasi harga terbaik mengenai router, modem dan repeater wifi.

Baca Juga :  Harga Wallpaper 3D Dinding Kamar Tidur

1. Harga Router

Dari beberapa router yang ada di toko online, mengenai harga yang ada sekitaran 180 ribu sampai 1 jutaan. Ini tergantung dari jenis dan merk router, bahkan ada juga router yang mahal jika memang mampu memancarkan dan mempunyai daya tangkap yang jauh sampai lebih dari 5 km.

Anda bisa membeli berbagai jenis router ini di Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan toko online lainnya. Atau bisa juga membelinya di toko elektronik dan jaringan terdekat di kota Anda.

2. Harga Modem

Kalau modem biasanya hanya dijual di berbagai gerai terkait provider saja. Misalnya saja Telkomsel orbit, Mifi smartfreen dan masih banyak lagi brand lainnya. Anda bisa juga memesan modem di online namun kami anjurkan di website resminya.

Untuk beberapa harga modem memang lebih mahal dari router, karena memang seperti ponsel yang bekerja dengan sinyal dan kuota internet  dan mengandalkan sinyal dari tower provider terkait. Harga dari modem sekitar 300 sampai 4 jutaan.

Ini tergantung dari kapasitas, kualitas jaringan dan yang paling penting kecepatan jaringan internetnya. Namun kami sarankan kalau Anda ingin membeli modem sebaiknya survey dulu mengenai provider apa saja yang jaringan internetnya bagus di wilayah Anda. Jangan sampai Anda terlanjur membeli namun tidak ada dukungan jaringan di wilayah Anda.

Baca Juga :  Harga Repeater Wifi

3. Harga Repeater

Kalau repeater ini sekitar 100 sampai 300 ribuan. Untuk daya tangkap dan daya pancar dalam jangka pendek dan dekat memang sebaiknya menggunakan repeater saja. Misalnya hanya 100 meter untuk penguatan sinyal ke rumah, atau penguatan wifi dari lantai 1 ke lantai 3. Anda bisa membelinya di toko online dan toko komputer terdekat.

Kesimpulan

Harga Alat Wifi Untuk di Rumah

Anda bisa menciptakan berbagai jaringan wifi dengan berbagai perangkat. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kemampuan dan kondisi serta dukungan dari provider maupun jaringan yang ada. Sebelum Anda membeli, pastikan Anda ingin menyambung jaringan dari layanan apa, baru setelah testing beli alat dan sambungkan. Jangan sampai Anda membeli berbagai perangkat pemancar wifi dan sia-sia.

dan pastikan jaringan dukungan sudah sampai tempat Anda atau belum. Baik itu Indihome, Biznet maupun layanan lain. Ada banyak layanan internet yang menawarkan paket internet murah sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *