Harga Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

Harga Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

Harga alat pres plastik kemasan makanan sebenarnya sangat terjangkau. alat ini tentu sangat berperan penting untuk berbagai keperluan produksi bisnis dan usaha baik UKM dan UMKM. Alat ini bisa membantu pembungkusan makanan maupun produk lain agar lebih rapi, dan tentunya menjamin kualitas dari produk yang akan dipasarkan.

Usaha dalam bidang produksi baik makanan dan produk lain sekarang ini sudah mempunyai banyak kemudahan. Baik dalam produksi, akses pemasaran maupun ide bisnisnya. Terlihat di berbagai market place yang sekarang ini sudah banyak dipenuhi oleh berbagai produk dengan ide bisnis yang kekinian. Mulai dari makanan ringan, makanan siap saji, makanan khas daerah maupun produk penunjang hewan peliharaan dan masih banyak yang lainnya.

Apa Itu Alat Pres Plastik Kemasan Makanan ?

Harga Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

Alat press plastik ini ada banyak jenisnya. Kalau untuk ukuran kecil dan bisnis umkm maupun ukm ada yang harganya cukup terjangkau. Alat ini berfungsi merapikan dan menjaga kualitas produk yang dibuat. Selain kemasan jadi lebih rapi dan kualitas produk lebih terjamin, untuk kredibilitas dari pebisnis juga akan terlihat lebih profesional di mata konsumen.

Baca Juga :  Rumput Sintetis Banyak Digemari, Simak Harganya !

Prinsip kerja alat ini tentu menggunakan listrik sebagai sumber tenaga panas, prisipnya mirip dengan setrika listrik. Panas yang dihasilkan akan merekatkan kedua sisi dari plastik yang dihimpitkan. Dengan demikian hasil lebih bagus dan rapi pada semua jenis kemasan.

Kelebihan dan Kekurangan Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

Ada banyak kelebihan dan kekurangan dari alat press manual untuk plastik kemasan makanan. Ini kalau yang varian kecil dan banyak dijual di pasaran. Untuk kelebihan di antaranya,

1. Memudahkan Packing

Jika Anda mempunyai bisnis yang bergerak dalam bidang makanan, tentu masalah packing menjadi persoalan yang nyata. Bahkan kalau packing ini terlihat asal-asalan, produk Anda bisa tidak laku sama sekali, bahkan usaha Anda bisa bangkrut karena konsumen tidak tertarik dan bahkan menganggap produk Anda tidak profesional.

Coba bandingkan kalau menggunakan packing manual, misalnya masih menggunakan bara lilin ketika merekatkan plastik. Kalau mungkin masih produk dengan skala lokalan dan sekitaran rumah, mungkin masih tidak masalah. Namun jika ingin produk bisa menjangkau seluruh kota dan bahkan luar kotga, terlihat profesional dan modern tentu bisa membuat produk lebih cepat beradaptasi.

Baca Juga :  Harga Filter Udara Mobil Terbaru

Baca Juga : Harga Sabun Tzuki dan Manfaatnya

2. Lebih Efisien Waktu

Waktu packing bisa lebih cepat dan rapi ketimbang menggunakan cara manual. Dalam berbisnis dan wira usaha, waktu memang menjadi hal yang paling pokok. Pembungkusan dalam jumlah besar, jika menggunakan cara manual dan produk sudah terkenal justru malah akan menghancurkan reputasi dari produk tersebut.

3. Hasil Rapi dan Profesional

Lebih rapi dan terlihat lebih berkredibilitas di mata konsumen. Ini bisa menjadi nilai plus tersendiri. Misalnya produk makanan lokal dan masih beredar di sekitaran rumah. Misalnya makanan kripik singkong yang menggunakan plastik biasa dibandingkan dengan standing pounch yang di press dan lebih rapi. Ditambah dengan penyedap rasa dan bumbu ala kekinian, misalnya keripik balado maupun rasa ayam bakar.

Tentu akan terlihat dari sisi ketertarikan konsumen akan lebih penasaran dengan keripik balado yang dibungkus dengan rapi.

4. Harga Murah dan Terjangkau Untuk Semua Kalangan

Jika bisnis Anda belum besar Anda bisa menggunakan press standar dan murah saja. Ini sangat cocok untuk segala jenis bisnis di UMKM dan UKM. Misalnya makanan ringan, sayuran maupun beberapa bahan setengah jadi seperti lauk tempe dan tahu eceran.

Baca Juga :  Harga Buyback Emas Antam Terbaru 2022

5. Penggunaan Mudah

Orang awam sekalipun bisa dengan mudah menggunakan alat ini. Bahkan penyesuaian hanya pada bagian panas dan feeling pada saat pressing saja. Ini supaya hasil lebih matang dan lebih pas serta menghasilkan bungkus yang rapat demi menunjang kualitas produk.

6. Irit Listrik

Untuk keperluan dari listrik sendiri sangat irit dan tidak boros, apalagi membebani secara paksa pada meteran listrik. Masih sama dengan setrika dan beberapa alat elektronik lainnya.

Komponen Alat Pres Plastik Kemasan

Komponen alat pres plastik ini cukup sederhana. Secara prinsip dasar masih sama dengan setrika listrik, namun lebih panjang, dan berbeda dalam penerapan. Komponen alat ini meliput beberapa bagian penting. Bagian pegangan dan tuas untuk pengepresan. Kemudian ada bagian pemanas, bagian bodi dan sumber arus. Alat ini memiliki bodi dari aluminum yang bisa dibilang enteng dan mudah dalam penggunaan.

Ada juga bagian untuk mengatur suhu, bagian ini bisa disesuaikan dengan ketebalan dari plastik. Semakin tebal, dibutuhkan suhu yang semakin panas untuk merekatkan kedua sisi plastik.

Baca Juga :  Daftar Harga Tune Up Mobil

Cara Menggunakan Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

Harga Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

Untuk menggunakan alat ini, ada beberapa langkah yang harus Anda pahami. Berikut tutor dan alur menggunakan alat pres plastik kemasan makanan.

  • Colokkan bagian sumber listrik ke sumber listrik yang stabil di rumah Anda. Anda bisa menggunakan listrik rumahan maupun sumber lain, yang terpenting stabil. Karena kami sudah mencoba dengan listrik genset dan tidak stabil, proses pengepresan tidak akan bisa dilakukan. Plastik tidak akan meleleh.
  • Putar arah pengatur suhu, ini disesuaikan dengan kondisi ketebalan dari plastik yang akan di pres. Semakin tebal semakin panas suhu yang dibutuhkan. Jangan sampai suhu ini melebihi batas spesifikasi ketebalan plastik, ini bisa melelehkan dan bahkan bisa membakar kedua sisi plastik.
  • Tempelkan ujung plastik yang akan di pres, kemudian pada bagian ujung pegangan press ditekan kebawah. Saat menekan pegangan atau tuas ini rasakan sampai per ada pantulan, karena pada tekanan ini panas akan maksimal dan tekanan yang maksimal akan merekatkan kedua sisi plastik.
  • Ada tanda lampu jika pres ini bekerja maka lampu merah di dekat pengatur suhu ini akan menyala. Jika pres sudah panas, maka nyala lampu ini akan mati.
  • Jika sudah lampu merah yang menyala ini mati, lepaskan tuas presnya. kemudian diamkan sejenak selama 3 sampai 5 detik, dan ambil plastiknya. Kemudian lakukan pengepresan dengan langkah yang sama.
Baca Juga :  Harga Spooring Balancing Pada Mobil

Ketebalan dari plastik ini memang ada bermacam – macam, namun Anda sebaiknya bereksperimen dulu dengan 2 atau tiga plastik untuk sebagai percobaan. Ini demi memperoleh hasil terbaik.

Harga Alat Pres Plastik Kemasan Makanan

Harga dari pres plastik ini untuk versi yang paling murah bisa Anda dapatkan dengan harga 150 sampai 300 ribuan, tergantung merk dan variannya. Alat ini mirip dengan alat laminating yang ada di usaha fotokopi. Anda bisa membeli alat pres ini di toko online. Misalnya Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Lazada.

Anda juga bisa mendapatkannya lewat berbagai toko offline di perkakas rumah tangga maupun di berbagai peralatan wirausaha di kota Anda.

Ada banyak kegunaan dari alat pres ini, mulai dari kemasan makanan, kemasan berbagai produk, maupun juga bisa melaminating dokumen penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.