Harga Kambing 1 Ekor untuk Qurban

Harga Kambing 1 Ekor untuk Qurban

Sebentar lagi akan ada hari raya lagi bagi umat islam. Setelah idul fitri tentu akan ada idul adha. Ini merupakan hari raya besar umat islam, sekarang ini tentu banyak yang sudah bersiap diri. Terlebih bagi mereka yang ingin berkurban. Tinggal atur rencana saja ingin qurban kambing atau qurban sapi. Berikut rekomendasi harga kambing 1 ekor dari berbagai jenis kambing di hari raya qurban.

Di beberapa daerah di Indonesia tentu akan menjalankan penyembelihan hewan qurban ketika hari raya ini. Bahkan sekarang ini sudah ada berbagai lembaga yang mengurus dan lebih mudah jika ingin berqurban. Atau Anda bisa juga membuat kelompok sendiri di sekitar rumah Anda.

Tips Memilih Kambing untuk Qurban

Harga Kambing 1 Ekor untuk Qurban

Sebelum membeli hewan qurban baik kambing maupun sapi, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips berikut ini. Ini demi menjamin daging yang dibagikan sehat, gemuk dan tidak ada kendala penyakit.

Baca Juga :  Rekomendasi dan Harga Mobil Mini Cooper

1. Pastikan Tidak Ada Penyakit

Hewan qurban memang sebaiknya pilih yang sehat. Untuk memperoleh hewan qurban yang tidak berpenyakitan, Anda bisa langsung menuju pasar hewan yang steril atau alangkah baiknya membeli kambing dari peternaknya langsung.

Mulai dari makanan dan kesehatan, bisa Anda pantau secara lebih detail. Jadi lebih tahu mengenai kondisi kandang dan kondisi makanan yang diberikan.

2. Pantau Makanan

Alangkah baiknya memang memesan hewan untuk qurban ini jauh sebelum hari raya idul adha. Ini agar memudahkan Anda untuk memantau hewan yang sudah Anda beli.

Belakangan ini juga ada di berbagai berita kalau ada penyakit hewan yang sedang melanda. Mulai dari kutu maupun virus yang menyerang kaki dan mulut. Penyakit kaki dan mulut pada berbagai hewan ternak kambing dan sapi ini juga bisa menular, ada berbagai penanganan untuk bisa menyembuhkan hewan ternak yang sudah terserang penyakit.

Berbagai hewan ternak ada berbagai cara juga untuk cara berternaknya. Tak terkecuali dengan kambing ini. Kambing ini ada yang tidak menggunakan alas. Namun hanya menggunakan sisa -sisa makanan rumputnya yang lama-kelamaan juga bisa menjadi pupuk kandang.

Baca Juga :  Harga Buyback Emas Antam Terbaru 2022

Ada juga yang menggunakan sistem panggung sehingga kambing tidak menyentuh tanah. Untuk cara pemberian makanan sehatnya juga ada yang menggunakan rumput fresh. Ada juga yang menggunakan rumput fermentasi tetes tebu.

Ada juga yang menggunakan jenis makanan lain seperti limbah dari pabrik tahu dan masih banyak lagi. Pada perkembangan era sekarang dan berternak secara modern paling banyak digunakan adalah fermentasi dengan tetes tebu.

Berternak dengan cara ini memang lebih bagus dan lebih ringan, peternak tidak harus setiap hari mencari rumput untuk pakan kambing. Rumput dipotong sampai kecil dan kemudian di berikan tetes tebu. Setelah itu fermentasikan pada wadah yang kemudian dibiarkan sampai 4 hingga 5 hari sampai jadi rumput siap saji untuk pakan hewan.

Efektif di daerah yang sukar dengan rumput, jadi semua rumput akan dimakan oleh kambing sampai habis. Berbeda dengan pemberian makan jika menggunakan rumput fresh. Masih ada sisa yang nantinya dari kambing sendiri juga akan pilih-pilih makanan.

Harga Kambing 1 Ekor untuk Qurban

Harga Kambing 1 Ekor untuk Qurban

Harga dari kambing ini juga akan meningkat dan naik pada hari raya idul adha. Mengingat pada waktu ini juga setiap daerah akan menunaikan ibadah hari raya qurban. Jadi wajar kalau harga bisa naik berkali lipat karena permintaan tinggi.

Baca Juga :  Harga Galon di Indomaret dan Alfamart

Pada saat lebaran hari raya idul adha, harga dari kambing jantan ini bisa mencapai 3 hingga 4 jutaan per ekornya. Namun ini tentunya tergantung dengan kondisi hewan. Dari tampilannya hingga kesehatan dari hewan yang akan di sembelih.

Tips Agar Mendapatkan Harga Murah pada Kambing Qurban

Dailysuka akan memberikan beberapa tips agar Anda bisa mendapatkan hewan qurban dengan harga murah dan terjangkau. Jadi pengeluaran untuk qurban Anda bisa dijangkau dan tidak terlalu mahal maupun membebani keuangan Anda. berikut diantaranya,

1.Membeli Jauh Hari

Membeli jauh hari sebelum lebaran idul adha akan memberikan harga yang berbeda ketika Anda membeli kambing. Misalnya menjelang lebaran idul fitri, harga kambing masih murah dan terjangkau. Kadang juga bisa turun drastis. Cukup membeli dan menahannya 2 bulan saja, tentu kalau memang niat bisnis dan dijual kembali, harganya bisa naik berkali lipat.

2.Memelihara Sendiri Dalam Melakukan Pembesaran

Jika Anda mempunyai lahan, Anda bisa menjadikannya tempat pembesaran kambing dari kecil. Untuk bibit kambing jantan umur 3-4 bulan bisa Anda dapatkan dengan harga 1 jutaan sampai 1,5 jutaan. Dengan harga yang demikian tentu lebih mudah dan terjangkau, ketimbang mengeluarkan uang yang langsung 4 jutaan di saat hari lebaran Qurban.

Baca Juga :  Harga Bakpia Pathok 25 Termurah dan Paling Enak

Dari beberapa jenis kambing seperti kambing jawa, kambing etawa dan domba juga akan mengalami peningkatan harga yang drastis.

Beberapa faktor lain juga bisa memberikan dampak bagi harga kambing 1 ekor pada saat hari raya idul adha. Seperti penyakit kuku dan mulut pada beberapa hewan ternak di beberapa daerah belakangan ini.

Untuk sapi sendiri mempunyai harga yang berbeda, jelas ini karena hewan ini lebih besar dan lebih banyak untuk konsumsi. Harganya sendiri juga ada banyak dan bervariasi. Mulai dari harga yang sedang dan menengah hingga premium. Bahkan untuk harga tertinggi untuk kualitas super bisa mencapai lebih dari 50 juta.

Sedangkan untuk sapi menengah bisa mencapai 20 sampai 30 jutaan. Ini juga bisa meningkat di kalau menjelang hari raya.

Jangan sampai Anda  tertipu dengan hewan gemuk, namun berpenyakitan. Solusi lain jika ingin memperoleh hewan yang sehat untuk berkurban, Anda bisa menggaet dokter hewan untuk memeriksa hewan terkait. Ini akan lebih meyakinkan tentang kondisi kesehatan hewan yang Anda inginkan.

Baca Juga :  Harga Pasang Karpet Dasar Mobil

Untuk qurban sendiri memang anjurannya adalah hewan yang dipelihara, bukan yang diperas tenaganya. Jantan dan sehat, karena nantinya daging hasil penyembelihan akan dibagikan dan dikonsumsi oleh kaum fakir. Lebih mudah lagi kalau sekarang ini sudah ada badan kelompok maupun pengelola dari hewan kurban.

Jadi jauh hari sebelum lebaran sudah bisa direncanakan. Baik dari segi dana sampai pencarian hewan, hingga pada waktu penyembelihan dan pembagian hewan qurban sudah dikelola oleh lembaga terkait. Jadi Anda hanya membayar uang sesuai dengan harga hewan jika sendirian, atau membayar iuran sesuai kelompok dan harga hewan terkait.

Demikian rekomendasi dan tips maupun informasi terkait harga kambing 1 ekor sebelum dan menjelang lebaran idul adha. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *