harga ikan channa

Harga Ikan Channa Maru, Barca, Auranti dan Limbata 2022

Ikan channa merupakan salah satu ikan yang mirip banget dengan ikan gabus. Namun siapa sangka, ikan channa jenis ini justru sekarang mempunyai harga yang cukup mahal ketimbang gabus biasa. Dan kebanyakan memang untuk ikan hias pajangan dalam akuarium.

ikan hias memang menjadi bisnis yang sangat menggiurkan, bagaimana tidak ? Harga per ekornya saja bisa mencapai jutaan rupiah jika memang bisa memproduksi ikan yang unik. Termasuk ikan channa ini juga demikian, bahkan untuk bisnis ikan channa belakangan ini juga telah mencakup di berbagai wilayah di Indonesia.

Ikan channa merupakan ikan sejenis gabus, kalau Anda lihat secara sepintas saja memang mirip dan masih saudara ikan gabus. Yang membedakan ikan channa dengan gabus ini justru terletak pada ukuran ikan channa yang bisa lebih besar ketimbang ikan gabus yang ada di persawahan. Terlebih pada tubuh dan ekornya bisa lebih unik dengan percikan tambahan warn yang gemerlap dalam air.

Harga Ikan Channa Terbaru 2022

Ikan channa sendiri ternyata juga ada banyak jenisnya, bahkan dengan jenis yang berbeda ini juga bisa mendapatkan harga yang berbeda juga. Untuk kategori harga juga tidak tergantung jenisnya saja, namun juga terletak pada ukuran serta keunikan tersendiri. Misalnya saja sudah mengenal dan lebih mudah akrab dengan manusia.

Jenis ikan channa meliputi channa maru, channa limbata, channa barca dan channa auranti. Berikut kami dailysuka telah mengumpulkan berbagai informasi terkait harga ikan channa dari berbagai sumber. Tentunya harga dari tiap daerah juga berbeda, misalnya dari toko ikan hias dan peternak kan channa sendiri saja sudah berbeda harga.

Selain itu terkait ukuran dan motif serta keunikan tubuh ikan channa sendiri juga menjadi faktor utama penentu harga jual ikan hias ini.

1.Harga Ikan Channa Maru

Untuk bisa memiliki ikan channa jenis ini memang Anda membutuhkan akuarium yang cukup besar dan kondisi kebersihan akuarium yang bagus. Masalahnya ikan jenis ini juga mempunyai harga yang cukup mahal, bahkan Anda bisa mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah untuk bisa membeli ikan channa maru.

Ikan channa jenis ini memang sangat unik, ada corak garis  garis berwarna hitam di bagian tubuhnya. Yang lebih menarik lagi ada juga yang mempunyai titik-titik putih yang ada di bagian sirip. Ini akan membuat lebih indah lagi jika akuarium Anda dihiasi dengan lampu-lampu dan terlihat lebih galak di dalam akuarium.

Baca Juga :  Harga Sepatu Roda Anak 3 Sampai 11 Tahun

2.Ikan Channa Janis Barca

Channa barca ini memiliki corak warna dominan yang lebih kuning dan dengan corak yang bintik-bintik (dots) mempunyai warna yang kebanyakan hitam. Ikan channa jenis ini bisa dibilang ikan channa paling mahal.

Practical Fishkeeping pernah mengungkapkan bahwa harganya pernah mencapai harga tertinggi 5 ribu poundsterling (ini kalau di rupiahkan bisa mencapai hampir Rp100juta) lalu kemudian informasi dalam sebuah pameran yang diadakan pada 2009 harganya justru  turun drastis hingga 1.500 poundsterling (kalau di rupiahkan sekitar Rp29 juta).

Baca Juga

3.Ikan Channa Jenis Auranti

Ikan golden snake head, biasa disebutkan dengan nama ini. Ikan ini berasal dari India. Untuk ukurannya saja ikan channa jenis ini bisa mencapai 40 cm. Kalau dengan panjang yang demikian memang jelas tidak bisa jika Anda ingin menyampurkannya dengan ikan lain. Paling tidak tentunya harus menyediakan akuarium tersendiri.

Untuk harganya sendiri juga bisa mencapai jutaan rupiah, apalagi jika corak warna keemasan dari ikan ini sudah muncul dan terlihat jelas, ini bisa semakin mahal.

Baca Juga :  Obat Ikan Lele Kena Jamur, Segini Harganya!

4.Ikan Channa Jenis Limbata

Ikan channa jenis ini memang sering dijadikan kontes, bahkan untuk harganya pun juga cukup mahal. Untuk coraknya sendiri memang terlihat bagus dengan warna khas gabus lokal. Untuk harganya bisa sampai jutaan rupiah.

5.Channa pleurophthalma

harga ikan channa

Channa pleurophthalma mempunyai corak warna yang cukup menarik dimana di bagian tubuhnya juga ada banyak motif garis dan membentuk corak berwarna hitam. Ikan channa jenis ini hidup di baian asia tenggara, jadi akan lebih mudah Anda temui di sekitaran Indonesia.

Untuk bentuk tubuhnya sendiri memang terlihat lebih pipih ketimbang ikan gabus lainnya. Jika Anda ingin memiliki ikan jenis ini untuk dijadikan ikan hias di rumah Anda, harganya masih di kisaran ratusan ribu saja.

6.Channa Micropeltes

Channa micropeltes merupakan channa yang bisa tumbuh besar, bahkan sampai 1 meter. Jangankan ikan lain, jari manusia saja bisa dilahapnya. Untuk corak sendiri memang unik dan lebih simple.

Kebanyakan ikan predator besar memang warnya lebih simple dengan warna dominan hitam dan putih saja. Tidak bisa jika ingin menyandingkan dengan ikan hias lain, bahkan lebih bagus diakuarium tersendiri dan besar.

Baca Juga :  Harga alat simulator game

7.Channa Bleheri

Channa bleheri ini bisa terbilang aman untuk yang masih pemula. Karena ukuran jenis gabus yang satu ini memang cukup kecil 20 cm. Jadi bisa juga kalau Anda ingin memelihara secara berkelompok dan disandingkan dengan ikan lain.

Untuk harga sendiri bisa sampai ratusan ribu saja per ekornya, ini pun yang besar. Menarik juga untuk warna yang dominan puitih dan hitam dengan corak garis yang menghiasi bagian tubuhnya.

Cara Budidaya Ikan Channa

Pada beberapa kesempatan memang ada banyak yang ingin menggeluti bisnis ikan channa ini. Mengingat harga ikan channa yang semakin hari juga semakin mahal, dan di lingkungan liar juga sudah semakin langka.

Kalau Anda berternak ikan channa ini juga Anda harus tahu berbagai jenis ikan channa yang ada beserta seluk beluk cara budidayanya. Mengingat juga bibit indukan dari ikan channa juga agak mahal, jika Anda berminat juga sediakan juga berbagai kelengkapan yang mencukupi. Mulai dari pengawinan indukan, peneluran dan penetasan.

Saat pembesaran juga membutuhkan beberapa tempat seperti akuarium kecil. Untuk pakan sendiri juga tergantung dengan jenis channa yang ada. Perhatikan jika Anda ingin memelihara ikan ini, terutama pada penggantian airnya. Usahakan air yang sudah mengendap beberapa hari jika ingin mengganti secara full.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Yamaha Nmax 2022

Kalau diganti dengan cara full dan langsung, tentu saja setiap jenis ikan mempunyai ketahanan yang berbeda. Tidak cuma ikan hias saja, bahkan ikan konsumsi pun juga demikian. Ini karena kadar ph yang terlalu tinggi sangat rentan pada kebanyakan ikan hias. Ini pengalaman pribadi dan ikan bisa langsung mati.

Pembersihan filter maupun supplay oksigen juga sebaiknya Anda bersihkan dan perhatikan secara rutin. Tersedak beberapa hewan kecil juga bisa rentan bagi ikan hias untuk bertahan hidup. Pemberian makanan juga sebaiknya secukupnya saja, jangan sampai terlalu banyak karena bisa membuat air justru mudah kotor.

Pada berbagai jenis ikan hias juga ada yang bisa berkelompok dan ada yang rentan kalau berkelompok, ini juga harus Anda perhatikan supaya ikan di dalam akuarium tidak saling memangsa.

Ikan hias channa memang menjadi ikan primadona belakangan ini, jadi jika Anda pecinta ikan channa bisa memulai bisnis jual beli untuk menambah pemasukan keuangan Anda. Semoga rekomedasi harga ikan channa ini bisa bermanfaat !

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:

  • Channa maru
  • HARGA CHANA MARU
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *