harga gula merah

Harga Gula Merah 1 Kg, 1 Ons, 1 Bal Terbaru

Gula merah merupakan salah satu hasil pertanian yang sangat dibutuhkan sekarang ini. Apalagi hasil khas para penduduk di kalangan dataran tinggi maupun pegunungan. Bahkan membuat gula merah ini bisa menjadi mata pencaharian bagi penduduk yang ada di desa. Harga gula merah ini juga semakin lama semakin meningkat, seiring kebutuhan dan langkanya para pembuat gula merah baik kelapa maupun aren.

Gula merah merupakan hasil dari salah satu pemanfaatan hasil pohon kelapa. Terbuat dari nira, di mana nira air kelapa ini akan didapatkan ketika memangkas bagian pucuk bunga kelapa. Dalam bahasa Jawa sering disebut dengan “manggar”, di mana ini akan menjadi kelapa jika tidak di pangkas.

Pemanfaatan dari gula merah ini bisa dijadikan ke berbagai hal pengolahan makanan. Mulai dari sebagai bumbu masakan, ramuan tradisional dan berbagai campuran bahan makanan lainnya. Gula merah ini lebih memberikan rasa manis yang alami, cocok untuk ramuan tradisional dan berbagai olahan bumbu dapur.

Harga Gula Merah 1 Kg Terbaru 2022

harga gula merah

Untuk di beberapa tempat memang harga dari gula merah ini berbeda, tergantung bentuk dan kualitas dari gula merah yang ada. Gula merah sendiri ada dua jenis, yaitu gula merah dari nira kelapa biasa dan gula merah dari nira pohon aren. Kalau sudah menjadi gula memang rasanya sama dan warna cenderung mirip, namun untuk kualitas tentu berbeda, dan lebih mahal untuk gula merah dari nira aren.

Untuk gula merah dalam takaran 1 kg sekarang ini mempunyai harga sekitar 100.000 an dan untuk gula aren sendiri 110 ribuan, dan bahkan bisa lebih. Mengingat sekarang ini pengrajin gula merah di pedesaan pun juga mulai langka. Bahkan hanya kalangan bawah dan sebagian kecil saja yang masih bertahan memproduksi gula merah ini.

Harga Gula Merah 1/4 di Warung

Namun di warung-warung kecil dekat rumah Anda pastinya kalau Anda yang masih tinggal di pedesaan masih ada tentunya terkait gula merah yang dijual eceran. Untuk harga jual di eceran biasanya tidak langsung 1 kg, mengingat kebutuhan dan keuangan di pedesaan masih golongan menengah ke bawah. Jadinya tidak mungkin untuk membeli secara banyak.

Baca Juga :  Harga Skin Layla Blue Spectre Terbaru 2022

Kebanyakan pedagang juga menjual berbagai bahan kebutuhan pangan dengan teknik eceran, ini bertujuan agar bisa dibeli secara terjangkau dan bertahap. Tak hanya di warung saja, bahkan di pasar tradisional pun juga begitu. Misalnya mulai dari 1 ons, 2,5 kg dan masih banyak takaran lain, namun ini yang paling sering digunakan. Untuk harga gula merah di warung 1/4 kg nya biasanya dijual dengan harga 20 sampai 30 ribuan.

Harga Gula Merah 1 Ons

Terkadang juga banyak yang menggunakan takaran 1 ons, untuk mempermudah perhitungan guna memperoleh hasil dan nilai jual yang bagus di pasaran golongan ke bawah. Utamanya berada di pedesaan dan warung maupun pasar tradisional.

Untuk harga gula merah dalam takaran 1 ons ini biasanya di jual dengan harga 10 sampai 13 ribuan. Tinggal dilipatgandakan saja jika pembelian bisa sampai lebih dari 1 ons, tentu akan lebih mudah membuat perhitungan di eceran.

Harga Gula Merah 1 Bal

Dalam 1 bal ini ada beberapa gula merah dengan takaran berat mencapai 5 kg. Untuk harganya sendiri bisa mencapai 500 ribuan dalam 1 bal. Anda bisa mendapatkan harga lebih murah melewati beberapa petani gula merah secara langsung.

Baca Juga :  Harga Tiket Cinema XXI dan Sejarahnya

Bisnis Usaha Gula Merah Sekarang Sangat Menjanjikan

Sekarang ini memang sangat langka petani dan pemroduksi dari gula merah. Baik dari kalangan menengah bawah sekalipun dan bahkan di pedesaan sekalipun juga sudah mulai langka. Padahal kebutuhan dari gula merah ini memang sampai saat ini belum tergantikan, mengingat belum bisa diproduksi secara modern dan massal. Sampai sekarang ini masih menggunakan metode manual.

harga gula merah

Bahkan untuk gula aren sendiri juga sudah mulai langka pemroduksinya. Yang masih banyak tentu di pegunungan dan dataran tinggi, mengingat berbagai bahan baku yang ada baik nira kelapa biasa maupun nira aren dengan kualitas bagus kebanyakan ada di dataran tinggi.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini apalagi Anda yang tinggal di pedesaan dan masih banyak tanaman aren maupun kelapa, Anda bisa memanfaatkannya sebagai sumber pendapatan tambahan. Mengingat kebutuhan akan gula merah tak hanya di desa saja, namun sampai ke kota pun juga membutuhkan gula merah sebagai bahan baku maupun bahan bumbu masakan dapur.

Cara Membuat Gula Merah Kualitas Super

Gula merah memang ada yang murni dan seiring berjalanya waktu ada juga yang telah dicampur dengan gula tebu. Namun akan lebih khas dan berkualitas jika memang masih dari nira asli. Susah memang untuk membuat gula merah, apalagi mencari pohon kelapa sebagai sumber nira yang bagus dan bisa menghasilkan banyak nira.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Lengkap Nokia 7610 5G

Terlebih dengan iklim di Indonesia yang ada dua musim hujan dan kemarau, jika musim hujan sangat susah jadi gula jika mengandung banyak air hujan. Namun jika musim kemarau sumber nira juga akan berkurang. Untuk mengambil nira, biasanya penduduk lokal menggunakan wadah tradisional dari bambu, kemudian digantungkan setiap pagi dan sore. Dalam rentang 12 jam nira akan penuh.

Kemudian nira dimasukkan ke dalam wadah, dan di rebus sampai mendidih dan mengental. Butuh banyak bahan bakar, kebanyakan penduduk masih menggunakan cara tradisional dan masih menggunakan kayu untuk melakukan proses pengentalan nira menjadi gula merah ini.

Kemudian setelah mengental, baru didinginkan, untuk mendinginkan dicetak menggunakan tempurung kelapa maupun menggunakan bambu, sehingga sewaktu mengeras bisa menjadi lebih estetik dalam ukuran yang disesuaikan.

Tips Mendapatkan Banyak Uang dari Bisnis Gula Merah

Ada beberapa tips kalau Anda ingin memulai menjadi produsen gula merah di tempat Anda. Mulai dari pemilihan pohon kelapa sampai pengolahan yang bisa menghasilkan gula merah kualitas maksimal.

Baca Juga :  Harga Kursi Roda Baru, Bekas, Lipat dan Elektrik di Kimia Farma

1. Pemilihan Pohon Kelapa/ Aren

Untuk memilih pohon kelapa yang bagus biasanya memang terletak di tempat yang lembab dan mengandung banyak air di dalam tanah. Selain itu kondisi dari pohon kelapa yang subur dan seringnya menghasilkan banyak buah.

Anda bisa mendapatkan banyak pohon kelapa kualitas maksimal yang ada di dataran tinggi, namun memang kebanyakan pohon terlalu tinggi dan butuh skill khusus untuk mengambil nira dari atas pohon.

2. Pengambilan Secara Rutin

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan mencetak gula merah kualitas maksimal. Misalnya saja mulai dari pengambilan yang rutin sampai melakukan proses produksi.

Dalam hal produksi memang dibutuhkan bahan bakar yang lebih, ini bisa menjadi acuan untuk perhitungan usaha dalam permodalan. Kalau menggunakan gas LPG tentu kurang mencukupi, namun dalam skala besar mungkin ada perhitungan khususnya.

Demikian beberapa informasi terkait harga gula merah di berbagai market. Mulai dari pasar, online shop maupun market modern, semuanya hampir mirip dan ada selisih harga yang sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.