Harga Aki Mobil dan Fungsinya

Harga Aki Mobil dan Fungsinya

Accu atau yang lebih sering disebut aki merupakan salah satu komponen yang wajib ada pada kendaraan. Baik itu mobil ataupun sepeda motor sangat membutuhkan aki agar mesin dapat menyala dengan stabil. Fungsi utama dari aki mobil yaitu berguna untuk menyimpan daya listrik yang nantinya akan dibutuhkan dibutuhkan kendaraan. Aki ini adalah sumber daya listrik yang telah digunakan untuk menyalakan starter elektrik, menyalakan fuel pump, sampai hingga suplai arus ke dashboard. Oleh karena itu Anda tidak boleh menyepelekan perawatan pada komponen aki ini.

Fungsi Aki Mobil

Harga Aki Mobil dan FungsinyaPada kendaraan mobil ataupun motor, aki berfungsi sebagai salah satu media utama dari sistem kelistrikan moil yang berada pada mesin. Secara lebih detail, fungsi dari aki ini adalah dapat menghasilkan aliran elektron dari adanya proses kimiawi komponen yang terdapat pada aki.

Baca Juga :  Harga Solar Terbaru Maret 2022

Berikut ini adalah beberapa fungsi aki secara umum yang perlu Anda ketahui:

1.Sebagai Sumber Energi

Aki mobil adalah sebuah ruangan penyimpanan energi listrik yang dinamis. Aki telah mengalami proses elektrokimia yang bersifat reversible (dua arah, bolak-balik) dan beregenerasi dengan elektroda yang telah terpakai melewati arus listrik. Pada akhirnya arus listrik yang telah terpancarkan dapat tersimpan apabila dalam keadaan mesin mati.

Fungsi stabilizer aki mobil ini yaitu dapat membantu dan menjaga voltase listrik yang telah terpancarkan secara stabil. Selain itu, stabilizer aki ini dapat membantu menghindari dari adanya risiko aki soak karena terjadinya perubahan aliran listrik yang tidak stabil.

2.Penyuplai Listrik Pada Starter Mesin

Fungsi aki yang berikutnya yaitu sebagai penyuplai energi pada starter mesin. Listrik yang telah terdapat pada komponen aki (cell connector) ini akan mengalir ke dalam sistem starter.

Jika motor atau mobil sulit distarter maka periksa kembali kondisi aki serta periksa konektor penghubungnya. Fungsi stabilizer aki motor ini telah berperan penting dalam menjaga distribusi listrik agar tetap optimal.

Cara kerja aki pada mobil yaitu mengaliri arus listrik ke starter mesin yang telah menggunakan dinamo listrik dengan tujuan untuk memutar flywheel dalam menjalankan kendaraan bermesin.

3.Penyuplai Listrik Dalam Sistem Pengapian

Selanjutnya, fungsi aki mobil adalah sebagai komponen penyuplai listrik ke dalam sistem pengapian. Sistem pengapian pada mesin yaitu salah satu bagian yang penting pada saat mesin mobil menyala. Sistem pembakaran yang telah rusak akan berdampak langsung terhadap komponen mesin lainnya.

Baca Juga :  Harga Satu Paket Zwitsal Terbaru 2022

Pada posisi inilah aki pada mobil bekerja. Elektroda yang telah terpancarkan pada sistem pengapian ini akan menuju ke ignition coil yang telah keluar ke bagian platina.

Platina yang telah teraliri oleh listrik ini akan memiliki sifat yang magnetik di bagian sudut kumparan primernya. Selanjutnya, platina akan bergesekan serta akan menghasilkan percikan busi yang akan membantu mobil bergerak.

4.Penyuplai Listrik ke Bagian Lampu

Fungsi baterai aki selanjutnya yaitu sebagai komponen penyuplai listrik ke bagian lampu. Seperti diketahui, lampu telah mempunyai peranan yang penting dalam pencahayaan, terutama pada saat berkendara di malam hari. Aki yang baik akan mengaliri listrik dengan sempurna (tidak redup).

Selain berfungsi sebagai pencahayaan pada saat berkendara malam, lampu sein juga dapat menjadi salah satu penanda atau isyarat pada saat berkendara. Hal ini dapat menghindari terjadinya kecelakaan yang akan diakibatkan oleh tabrakan kendaraan lain.

Sementara itu fungsi relay 4 kaki yaitu memutuskan arus listrik yang terdapatdi motor yang terhubung dengan kontak IG (Ignition). Hal ini dapat memaksimalkan adanya penggunaan lampu bekerja dengan efisien.

Baca Juga :  Harga Tes Pcr Kini Telah Turun, Simak Penjelasannya !

Pada kendaraan motor, fungsi relay kaki 4 beat fi pada klakson dapat berfungsi untuk menghindari kebocoran listrik pada sistem.

5.Aki Mobil Sebagai Penyuplai Listrik Pada Bagian AC

AC (Air Conditioner) dibutuhkan oleh Anda sebagai penambah kenyamanan pada saat berkendara. Aliran listrik yang telah didapatkan dari aki akan membantu AC aktif dengan tujuan untuk merubah udara panas di luar menjadi udara yang sejuk didalam kendaraan. Menjaga aki dalam keadaan prima sangat dibutuhkan agar tetap menjaga kenyamanan berkendara pada saat cuaca panas.

6.Aki Mobil Sebagai Penyuplai Listrik Pada lain

Beberapa fitur yang terdapat pada mobil Anda pastinya membutuhkan listrik sebagai salah satu sumber energi yang paling utama. Menyalakan audio dan video maupun charge smartphone Anda akan membutuhkan peranan aki di dalamnya. Apabila aki soak atau rusak, maka hal tersebut pastinya akan mempengaruhi komponen-komponen lainnya.

Cara Merawat Aki Mobil

Harga Aki Mobil dan FungsinyaBerikut ini adalah beberapa cara yang harus diperhatikan dalam merawat aki mobil agar tidak cepat soak ataupun rusak.

1.Perhatikan Beban Penggunaan Dari Aki

Salah satu cara yang terbaik untuk merawat aki di mobil yaitu dengan memerhatikan beban dari penggunaan aki dengan berkala. Pengecekan harus dilakukan dengan rutin. Selain itu, pengecekan ini berguna agar kondisi aki dapat diketahui dengan tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri ini dapat dilakukan di bengkel resmi terdekat dari lokasi Anda berada.

Baca Juga :  Harga Kucing Anggora dari Berbagai Jenis Kucing 2022

2.Bersihkan Aki Dengan Rutin

Salah satu cara yang termudah kedua dalam menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara rutin. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian yaitu pada bagian terminal aki. Terminal aki ini biasanya tertutup oleh kotoran dan debu. Hal ini dapat menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen kendaraan akan menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki yaitu dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau dengan sikat plastik.

3.Panaskan Mobil Dengan Berkala

Memanaskan mesin mobil adalah salah satu cara yang terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda. Meski mobil tidak akan dipakai namun memanaskan mesin mobil di setiap hari adalah salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanaskan akan memberi dampak buruk pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat soak dan rusak. Oleh karena itu, biasakanlah untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya dalam waktu selama 5 menit sampai hingga 10 menit.

4.Pastikan Ketersediaan Listrik Pada Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki merupakan salah satu cara yang terbaik dalam merawat aki mobil Anda. Pada saat Anda merasa kendaraan Anda telah mulai sulit untuk dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik yang berada dalam aki mobil Anda sudah mulai menipis. Segera lakukanlah isi ulang cadangan listrik pada mobil Anda.

Baca Juga :  Obat Perangsang Wanita Terbaik dan Harganya

5.Lepas Kabel Aki ketika Tidak Digunakan

Pada saat kendaraan akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka sebaiknya untuk melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini tujuannya adalah untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan secara terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang akan menjadi soak.

Harga Aki Mobil Terbaru

Harga Aki Mobil dan FungsinyaAki mobil merupakan salah satu bagian yang penting untuk semua kendaraan. Komponen ini berfungsi sebagai baterai yang akan menyuplai pada berbagai energi listrik, tentunya Anda harus memiliki aki dengan kualitas yang terbaik untuk kendaraan kesayangan Anda. Harga aki mobil berkisar antara Rp.800.000 sampai Rp.2.000.000 tergantung pada merk dan kualitas dari aki. Jika semakin mahal harga aki maka kualitasnya juga semakin tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published.