Harddisk Internal Laptop Terbaik dan Harganya

Harddisk Internal Laptop Terbaik dan Harganya

Hardisk atau HDD merupakan salah satu peripheral dekstop dan Pc yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data, baik video, musik, dokumen, film dan lainnya. Jika salah satu dekstop atau laptop tidak menggunakan harddisk maka tidak akan berfungsi sama. Karena program sistem operasi ini berguna untuk menjalankannya juga tersimpan dalam harddisk. Selain itu terdapat 2 tipe harddisk yang digunakan untuk perangkat PC, yaitu HDD internal dan harddisk eksternal.

Pada saat ini telah tersedia banyak sekali tipe-tipe HDD, baik yang dibedakan berdasarkan konektor (RAID, SCSI, IDE, SATA,), serta dibedakan berdasarkan ukuran (2,5 inci dan 3,5 inci) serta yang dibedakan berdasarkan jenisnya (SSD dan harddisk konvensional). Selain itu harddisk atu HDD juga telah dibedakan berdasarkan dari kapasitas simpannya, yaitu mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, 4 TB dan lainnya.

Apa itu Harddisk Internal?

Harddisk Internal Laptop Terbaik dan Harganya

Harddisk internal adalah sebuah perangkat penyimpan data yang berada pada perangkat PC dan laptop. Agar dapat mengaksesnya, para pengguna harus membuka PC atau laptop lebih dahulu, karena harddisk ini sifatnya tidak portable dan juga mempunyai ukuran yang lumayan besar. Kelebihan dari harddisk internal ini yaitu sudah dilengkapi dengan kecepatan yang lebih baik. Dimana perangkat ini telah terhubung dengan interface khusus yang seperti SATA (Serial ATA), PATA (Parallel ATA), serta SAS (Serial Attached SCSI). Tetapi, pada saat ini hampir seluruh harddisk internal sudah menggunakan interface SATA.

Baca Juga :  Harga Perlengkapan Tanaman Hidroponik

SATA adalah sebuah interface dimana berfungsi untuk menghubungkan host bus adapter ke dalam perangkat penyimpanan seperti harddisk. Perangkat ini telah menggunakan cakram yang berputar pada saat membaca maupun dalam menulis data. Harddisk internal telah mengalami banyak perubahan diantaranya baik dari jenis, kapasitas maupun interface yang digunakan. Dengan adanya perubahan teknologi yang telah berlangsung cukup cepat kini kapasitas harddisk ini semakin besar dan cepat. Dengan adanya kapasitas yang besar dan didukung oleh kecepatan tinggi, tentunya dapat membantu aktivitas dan pekerjaan para penggunanya.

Cara Memilih Harddisk Internal yang Baik

Harddisk Internal Laptop Terbaik dan Harganya

Pada saat ini telah terdapat banyak sekali tipe-tipe harddisk yang dapat dibeli. Jika Anda tidak pandai dalam memilih, bisa jadi Anda salah dalam membeli HDD atau harddisk.

Pasalnya, harddisk mempunyai perbedaan yang paling mencolok pada konektornya (RAID, SCSI, IDE, SATA,), ukuran (2,5 inci dan 3,5 inci) serta dibedakan dari jenisnya (SSD dan harddisk konvensional). Adapun, harddisk juga telah dibedakan berdasarkan kapasitas simpannya yaitu mulai dari 10GB, 20GB, 40GB, 80GB, 200GB, 1TB, 2TB, dan lainnya. Berikut ini merupakan cara memilih harddisk yang baik dan benar.

Baca Juga :  Harga Sekring Mobil Beserta Fungsinya

1.Pahami Jenis Komputer (PC atau MAC)

Pada saat ini jenis platform komputer atau PC yang paling banyak dipakai yaitu OS X dan Windows atau PC dan MAC. Mac merupakan salah satu produk komputer produksi dari Apple, sementara PC diproduksi oleh perusahaan lain dan menggunakan OS Windows (terdapat juga yang menggunakan OS Linux atau sejenisnya). OS X telah menggunakan file dengan sistem yang bernama HFS+ . Sementara untuk Windows telah menggunakan file dengan sistem NTFS dan FAS. Pada saat ini juga yang paling umum yang ada di pasaran yaitu harddisk berformat NTSF dan FAT yang sengaja dibuat untuk platform Windows.

Jika akan membeli sebuah harddisk untuk MAC atau PC maka yang harus diperhatikan yaitu formatnya. Namun seluruh harddisk dapat dipergunakan untuk MAC asalkan dalam format ulang terlebih dahulu agar dapat kompatibel dengan OS X.

2.Sesuaikan Kebutuhan Kapasitas Simpan

Pada saat ini peningkatan kapasitas harddisk yang terus mengalami perkembangan yang semakin besar dan sangat cocok bagi seorang programmer, film/video editor, atau grafik designer.

Baca Juga :  Harga Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam, 3 hari 2 Malam, 4 Hari 3 Malam

Standar minimum bagi kapasitas harddisk yaitu minimal 1TB merupakan suatu keharusan. Atau dapat memilih diatas kapasitas tersebut, tergantung pada keinginan konsumen atau pengguna, tidak hanya 1TB tetapi juga terdapat opsi 3TB, 4TB, 8TB, 10TB, 20TB atau hingga 60TB.

Tetapi bagi seorang mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan harddisk untuk skripsi, pekerja kantoran yang membutuhkan untuk kerja, maka harddisk yang paling sesuai yaitu 500GB sudah lebih dari cukup. Dengan adanya kapasitas 500GB, sudah dapat menyimpan jumlah dokumen hingga ribuan, mendengarkan musik dengan puas selama puluhan ribu jam, serta dapat menyimpan ratusan film dengan menggunakan kualitas DVD. Jika kurang, maka dapat ditambahkan dengan harddisk eksternal.

3.Memahami Tujuan Penggunaan

Terdapat banyak sekali jenis hiburan yang dapat didapatkan, antara lain yaitu menonton film dan menonton video streaming dari YouTube atau Netflix maupun dalam bermain game offline dan online. Jika Anda mempunyai hobby menikmati hiburan berupa streaming video atau senang mendownload film, maka harddisk dengan kapasitas 1TB sudah cukup.

Namun jika mempunyai hobby bermain game, baik online maupun offline, selain menggunakan harddisk dengan kapasitas besar juga membutuhkan harddisk dengan adanya fitur transfer data yang cepat. Saat ini yang paling cepat mentransfer data yaitu harddisk dengan jenis SSD, namun harddisk jenis SSD ini masih dibilang sangat mahal harganya, jauh lebih mahal dibandingkan dengan harddisk biasa yang kapasitas sama. Selain itu SSD dengan kapasitas yang besar juga masih terbilang langka.

Baca Juga :  Oppo Reno 4 F Spesifikasi dan Harga

3 Harddisk Internal Terbaik Untuk Laptop dan Harganya

Harddisk Internal Laptop Terbaik dan Harganya

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi HDD atau hardisk terbaik untuk laptop dan juga harganya.

1.Samsung

Samsung merupakan salah satu perusahaan Korea Selatan terbesar dan juga merupakan. Tidak hanya perangkat elektronik saja, namun Samsung juga telah menghadirkan beragam produk lainnya, termasuk harddisk dengan kapasitas yang bagus. Samsung ini telah menghasilkan komponen seperti SDRAM, DRAM, Flash Memory dan Hard Drive.

Untuk harddisk, Samsung telah banyak mempunyai produk dengan jenis SSD bagi laptop. Secara umum, harddisk Samsung terdiri atas beberapa seri diantaranya yaitu 850 Series, 750 Series, 840 Series, 960 Evo, 950 dan HD Series. Berikut ini adalah HDD Samsung dengan kualitas terbaik.

Nama Harga
Samsung 850 Pro 256GB Rp 2.400.000,00
Samsung 850 EVO MZ-75E500BW 500GB Rp 2.336.000,00
Samsung 750 EVO 250GB Rp 756.000,00
Samsung 850 EVO MZ-75E250BW 250GB Rp 695.000,00
Samsung 850 EVO MZ-75E120BW 120GB Rp 530.000,00

2.Western Digital

Western Digital (WD) ini mempunyai sejumlah rangkaian harddisk untuk laptop yang paling banyak digunakan oleh para konsumen. Harddisk internal untuk laptop ini, terdapat dua jenis series yang telah tersedia yakni Green SSD dan WD series. Keduanya juga telah mempunyai model yang bervariasi. Berikut ini adalah HDD Western Digital dengan kualitas terbaik.

Baca Juga :  Harga Mobil Isuzu Elf Terbaru
Nama Harga
Western Digital Scorpio Blue WD10JPVT 1TB Rp 755.000,00
Western Digital Scorpio Blue WD5000BPVT 500GB Rp 590.000,00
Western Digital Green SSD 240GB WDS240G1G0A Rp 509.900,00
Western Digital Green SSD 120GB WDS120G1G0A Rp 220.000,00

3.Toshiba

Toshiba Corporation (Toshiba) ini cukup dibilang untuk diperhitungkan dalam industri penyimpanan dan menyajikan rangkaian teknologi harddisk internal yang terbaik, mulai dari harddisk drive (HDD), dan solid state drive ( SSD), drive solid state hybrid (SSHD). Performa harddisk Toshiba ini tidak kalah dengan yang lain. Dimana banyak digunakan laptop para konsumen. Harga harddisk Toshiba ini memang sedikit lebih rendah yang menjadikan para konsumen menargetkan nya. Terdapat beberapa varian harddisk Toshiba yaitu  MK-Series, MQ-Series,  dan Bare series. Berikut ini adalah HDD Toshiba dengan kualitas terbaik.

Nama Harga
Toshiba THNSNH512GCST 512GB SSD Rp 2.800.000,00
Toshiba MQ01ABD100 1TB Rp 549.000,00
Toshiba MQ01ABF050 500GB Rp 265.000,00

Dengan mengetahui jenis dan merek HDD internal dan juga mengetahui perbedaannya, tentu sangat memudahkan Anda dalam memilih harddisk yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perangkat yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *