Daftar Harga Kucing Persia Berdasarkan Jenisnya

Kucing Persia merupakan kucing ras asing yang pertama kali diimpor ke Thailand. Kucing ini telah menjadi salah satu ras kucing yang paling populer baik dalam lokal maupun internasional. Mereka mempunyai bentuk kepala bulat yang khas, dengan bentuk telinganya yang kecil dan membulat di ujungnya. Kucing ini ramah dan sangat mudah bergaul. Selain itu, wajah mereka yang menggemaskan dan unik juga telah menjadi salah satu alasan yang membuat orang jatuh cinta pada mereka.

Kucing ini berasal dari Persia, yang pada zaman sekarang ini tersebar juga di Turki dan Iran. Sebuah dokumen kuno yang menyatakan bahwa Kucing ini diperkenalkan ke Eropa sebagai salah satu Kucing Angora Turki. Mereka telah melakukan kawin silang dengan ras kucing lainnya dan pada akhirnya telah didaftarkan di Inggris sebagai kucing Persia.

Ciri Khas Kucing Persia

Berikut ini Daftar Harga Kucing PersiaKucing ras ini mempunyai ciri yang menonjol pada bagian mata, bulu, dan hidung. Berikut ini adalah ciri khas dari Kucing Persia:

Baca Juga :  Daftar Harga Sewa Truck Mixer di 5 Kota Besar Indonesia

1.Bulu yang Tebal

Jenis kucing ini mempunyai bulu yang panjang atau long hair. Tekstur bulu kucing ini lebih halus, lembut, dan berkilau. Panjang bulunya sekitar 5-15 cm dan menutupi seluruh bagian tubuh kecuali pada bagian wajah.

2.Hidung yang Pesek

Kucing ini cenderung mempunyai hidung yang pendek, pesek, dan berukuran kecil. Ada juga jenis Kucing yang mempunyai hidung lebih panjang. Bagian hidung kucing ini telah berada di pangkal dan tampak mempunyai belahan.

3.Telinga yang Kecil

Kucing asal Turki ini mempunyai telinga yang berukuran kecil dan ujung yang membulat. Jarak antar telinga juga relatif jauh. Bagian pangkal telinga tidak terlalu terbuka, sedangkan pada bagian ujung berbentuk melengkung dan menghadap ke bawah.

4.Mata Bulat dan Cerah

Kucing  ini mempunyai ciri mata bulat, lebar, dan berwarna cerah. Jarak antar mata pada kucing ini relatif berjauhan. Warna bola mata juga telah menyesuaikan warna bulu kucing. Contohnya, warna mata hijau ada pada Kucing yang berbulu perak, dan keemasan. Ada juga kucing yang mempunyai warna berbeda di kedua mata disebut atau odd eye. Jenis odd eye biasanya memiliki warna bulu putih. Kedua mata kucing ini berwarna biru dan kuning bersamaan. Selain Kucing Persia, odd eye juga ada pada jenis kucing ras lain.

Baca Juga :  Obat Perangsang Wanita Terbaik dan Harganya

5.Kepala yang Besar

Persia mempunyai kepala yang berukuran besar, melingkar, atau melengkung yang menyerupai kubah. Struktur wajah dan tengkorak yang besar dan kokoh. Bagian dahi kucing berbentuk bulat dan tulang pipinya menonjol. Bagian dagu berbentuk bulat, kuat, serta tidak terlalu rendah. Sementara pada bagian rahang berukuran besar dan kuat.

6.Kaki yang pendek

Pada umumnya kucing ini mempunyai kaki pendek, tebal, gemuk, dan bulat. Kaki lurus dan telapak yang datar dan besar. Tulang kaki pada kucing ini relatif kuat dan mempunyai bulu panjang di antara jari-jari kaki.

7.Ekor Panjang dan Bulu Tebal

Kucing ini mempunyai ekor yang tebal dan lurus. Bagian ekor ini mempunyai bulu yang tebal dan proporsional yang sesuai dengan tubuh.

8.Badan Bulat

Pada umumnya Kucing ini mempunyai bentuk tubuh bulat, pendek, serta bertubuh besar. Kucing ini disebut sebagai tipe cobby yang mempunyai kaki pendek besar, pundak lebar, dan kepala yang melingkar.

Jenis Kucing Persia

Berikut ini Daftar Harga Kucing PersiaKucing ini memiliki 5 jenis. Kelima jenis Persia ini telah banyak dipelihara di Indonesia.  Berdasarkan dari warna bulu, Kucing ini telah dibedakan menjadi solid colour (satu warna), bicolor (dua warna), tricolor atau calico (tiga warna), colourpoint (kucing kawin silang), dan tabby (belang). Berikut ini adalah jenis-jenisnya.

Baca Juga :  Harga Mie Ghost Pepper di Indomaret & Alfamart

1.Kucing Persia Eksotik Short Hair (Persian Shorthair)

Kucing ini merupakan salah satu hasil perkawinan dengan kucing Amerika. Berbeda dengan jenis lainnya, kucing ini telah mempunyai ciri khas bulunya yang lebih pendek, hidung kecil, dan kakinya pendek. Contoh Persian Short Hair yaitu pada kartun kucing Garfield, yang mempunyaii badan gemuk, telinga pendek, dan hidung pesek. Kucing ini pertama kali ditemukan di Amerika pada sekitar tahun 1950 an. Ciri-cirinya yaitu bertubuh pendek, dahi lebar, mata bulat, dan memiliki gabungan beberapa warna, bentuk hidung tidak mancung, serta wajah lumayan rata.

2.Kucing Persia Himalaya

Jenis kucing ini merupakan salah satu hasil perkawinan silang antara Kucing Persia Himalaya atau Kucing Siam. Kucing Himalaya ini sendiri berasal dari Eropa. Ciri-ciri kucing silang ini yaitu memiliki mata biru, kaki pendek, wajah gemuk, serta bulu di leher yang lebih tebal. Ciri khas dari kucing ini yaitu mempunyai titik gelap di bagian wajah, kaki, ekor, serta telinga. Jenis kucing ini beratnya bisa mencapai 4 kg sampai 6 kg.

3.Kucing Persia Flatnose

Kucing ini mempunyai ciri-ciri yang sama dengan Persia Peaknose yaitu hidung yang pesek. Namun, kucing ini mempunyai wajah yang lebih kotak, mata lebih bulat, serta kakinya yang lebih pendek. Ukuran telinganya juga lebih kecil dan hampir tidak terlihat, karena tertutup dengan bulu yang tebal di sekitar wajah. Kucing ini mempunyai wajah yang gemuk dan pendek. Kucing jenis ini lebih aktif dan juga suka memanjat. Rentang harga kucing ini hampir sama dengan jenis Peaknose.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Lemari Besi Dua Pintu Kualitas Terbaik

4.Kucing Persia Medium

Ciri-ciri kucing jenis ini mempunyai hidung lebih lancip jika dibandingkan dengan jenis lain. Tetapi kucing jenis ini tetap mempunyai bentuk hidung kecil yang berbeda dari jenis kucing ras lain.  Hewan peliharaan ini adalah salah satu hasil perkawinan silang antara Persia asli dan lokal. Kucing jenis ini pada umumnya banyak dipelihara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Kucing ini mempunyai bentuk tubuh yang besar, wajah bulat, telinga pendek, dan kakinya besar.

5.Kucing Persia Peaknose

Harga Kucing Persia Peaknose adalah paling mahal di antara jenis lain. Peaknose mempunyai ciri khas yaitu hidung yang paling pesek jika dibandingkan dengan yang lain.  Wajah Peaknose terlihat cemberut yang menggemaskan. Kucing ini telah dibagi menjadi dua jenis yaitu Peaknose biasa dan Peaknose Extreme. Keduanya dibedakan pada ukuran hidung. Semakin pesek hidung kucing, maka akan semakin mahal harganya.

Harga Kucing Persia

Berikut ini Daftar Harga Kucing PersiaKucing ini mempunyai bulu yang panjang dan lebat, sehingga mereka lebih membutuhkan perawatan khusus. Pemilik kucing harus menyisir dan melakukan penyikatan pada rambut mereka setiap hari supaya tidak kusut. Masalah lain adalah noda yang akan terjadi karena air mata, yang sebagian besar ditemukan pada kucing dengan berwajah pendek. Pemilik harus membersihkan mata mereka setiap hari untuk mencegah adanya masalah kulit yang akan terjadi. Harga kucing ini sangat beragam. Harganya dibedakan berdasarkan jenis, umur dan status vaksin. Berikut ini merupakan daftar harga Kucing Persia.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Mobil Honda Brio Terbaru
Jenis Kucing Umur Harga
Kucing Persia Peaknose (belum vaksin) 3 bulan Rp.6.500.000,00
Kucing Persia Peaknose (sudah vaksin) 6 bulan Rp.12.000.000,00
Kucing Persia Medium (belum vaksin) 1 bulan Rp.850.000,00 – Rp.1.650.000,00
Kucing Persia Medium (belum vaksin) 1 bulan Rp.600.000,00 – Rp.2.500.000,00
Kucing Persia Flatnose (belum vaksin) 3 bulan Rp.4.500.000,00 – Rp.5.900.000,00
Kucing Persia Flatnose (sudah vaksin) 3 bulan Rp.8.000.000,00 – Rp.9.000.000,00
Kucing Persia Flatnose (belum vaksin) 6 bulan Rp.9.500.000,00 – Rp.10.000.000,00
Kucing Persia Flatnose (sudah vaksin) 6 bulan Rp.11.000.000,00 – Rp.12.000.000,00
Harga Kucing Persia Himalaya (belum vaksin) 3 bulan Rp.3.000.000,00 – Rp.4.500.000,00
Harga Kucing Persia Himalaya (belum vaksin) 6 bulan Rp.6.700.000,00 – Rp.8.000.000,00
Anakan Kucing Persia Shorthair Rp.4.000.000,0 – Rp.7.000.000,00

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.