harga timbangan digital

Harga Timbangan Digital Kapasitas 5-100 Kg

Berbagai kebutuhan sehari-hari baik dalam dunia bisnis maupun kesehatan dan kebutuhan dapur sekalipun pastinya membutuhkan yang namanya timbangan. Ini merupakan alat ukur demi terciptanya keseimbangan satuan Anda untuk mendeskripsikan berat. Namun jika Anda baru masuk dalam dunia usaha yang membutuhkan timbangan digital, tentunya membutuhkan rekomendasi harga timbangan digital dan jenis timbangan yang bagus.

Ada berbagai model dan jenis timbangan digital. Ini disesuaikan dengan jenis dan kegunaan maupun kapasitas beban yang akan ditimbang.

Fungsi dan Jenis Timbangan Digital

berbagai jenis timbangan digital tentunya ada banyak. Mulai dari jembatan timbang untuk skala timbangan yang sampai puluhan ton untuk menimbang kendaraan bermuatan berat, sampai timbangan berat badan maupun timbangan skala ketelitian gram untuk timbangan dapur. Semua timbangan digital menggunakan load cell untuk mentransmisikan berat ke dalam angka yang nantinya akan ditampilkan di dalam monitor layar digital.

Baca Juga :  Xenia Terbaru 2022 Telah Hadir, Simak Harganya !

Fungsi utama timbangan digital memang untuk menimbang berbagai kapasitas beban, tergantung model karena memang ada banyak model.

Komponen utama dari timbangan digital meliputi load cell, komponen elektrik arus masuk dan monitor lcd untuk menampilkan hasil pembacaan beban. Di dalam timbangan digital ada micro controller maupun program untuk pembacaan beban. Ini didapat dari sinyal elektron yang ada dari load cell.

Kelebihan dan Kekurangan Timbangan DigitalJika terjadi timbangan digital Anda mati total, maka ada analisa yang sebaiknya Anda lakukan. Mulai dari sumber arus adaptor bisa Anda cek dengan menggunakan avo meter, kemudian gunakan juga avo meter untuk mengecek arus yang ada di bagian power timbangan digital. Lanjut ke bagian ic timbangan digital. Pada tiga tingkatan yang sudah kami sebutkan, Anda bisa mengecek dan menyimpulkan bagian mana yang tidak ada arusnya.  Timbangan digital menggunakan baterai charger sebagai sumber tenaga listrik, jadi Anda bisa juga mengecek pada bagian rangkaian sumber pengisian dan output dari tegangan baterai. Untuk solusi mengatasi hal ini Anda bisa mengganti baterai, mengganti ic dan melakuka  teknik jumper pada tombol on off timbangan digital. Ini bisa Anda lakukan pada semua jenis timbangan digital.

Ada kelebihan dan kekurangan timbangan digital. Kali ini dailysuka akan membahas beberapa hal terkait berbagai kelebihan, kekurangan dan kendala terkait timbangan digital. Bahkan harga timbangan digital dan rekomendasi terbaik timbangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.

kelebihan Timbangan Digital

Ada banyak kelebihan dari timbangan digital daripada menggunakan timbangan jenis manual. Misalnya saja lebih ringkas dan mudah dibaca, sistem timbangan digital memang lebih mudah terbaca dengan adanya panel led yang akan menunjukkan detail dari pada hasil penimbangan. Selain itu dengan timbangan digital juga keterbacaan bisa lebih rinci dan detail, bahkan akurasi bisa sampai satuan terkecil seperti gram.

Baca Juga :  Harga Tiket Candi Borobudur

Timbangan digital juga lebih mudah dicari, apalagi di era yang serba teknologi sekarang ini. Timbangan digital banyak dijual di berbagai toko elektronik baik offline maupun berbagai market place online. Misalnya saja Anda membelinya dari Shopee dan Tokopedia.

Kekurangan Timbangan Digital

Selain kelebihan, tentu juga ada kelemahan dari timbangan misalnya saja terkait kerusakan pada loadcell. padahal harga loadcell sendiri terbilang cukup mahal untuk kalangan timbangan digital yang digunakan sekelas industri. Namun untuk beberapa loadcell berkapasitas kecil tentu sangat terjangkau, ini sesuai dengan kegunaan dan merk loadcell yang dipilih.

Sedangkan kerusakan yang juga sangat rentan misalnya terkait komponen elektroniknya. Misalnya saja terkena air atau ada hubung arus pendek yang kemudian bisa membuat komponen elektronik bisa terbakar. Atau  yang lebih rentan lagi tentu saja dengan semua komponen elektronik misalnya dengan benturan pada benda lain. Bisa juga jatuh.

Kerusakan yang sering terjadi eror pada pembacaan timbangan, led tidak menampilkan hasil penimbangan dan kalau yang paling parah tentu saja bisa menyebabkan timbangan mati total.

Analisis Kerusakan Timbangan Digital yang Sering Terjadi

Pada kerusakan timbangan digital memang sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk membawanya ke tukang servis ketika sedang terjadi trouble, sebaiknya gunakan dulu beberapa teknik analisa kerusakan berikut ini.

Baca Juga :  Harga Speaker Bluetooth JBL Terbaik No.1 dan Spesifikasinya!

1. Timbangan Digital Mati Total

Jika terjadi timbangan digital Anda mati total, maka ada analisa yang sebaiknya Anda lakukan. Mulai dari sumber arus adaptor bisa Anda cek dengan menggunakan avo meter, kemudian gunakan juga avo meter untuk mengecek arus yang ada di bagian power timbangan digital. Lanjut ke bagian ic timbangan digital. Pada tiga tingkatan yang sudah kami sebutkan, Anda bisa mengecek dan menyimpulkan bagian mana yang tidak ada arusnya.

Timbangan digital menggunakan baterai charger sebagai sumber tenaga listrik, jadi Anda bisa juga mengecek pada bagian rangkaian sumber pengisian dan output dari tegangan baterai. Untuk solusi mengatasi hal ini Anda bisa mengganti baterai, mengganti ic dan melakukan  teknik jumper pada tombol on off timbangan digital. Ini bisa Anda lakukan pada semua jenis timbangan digital.

2. Timbangan Digital Tidak Akurat

Pada pembacaan yang tidak akurat tentu solusi yang paling utama adalah dengan melakukan kalibrasi ulang pada timbangan digital. Jika pada timbangan digital jenis besar seperti pada jembatan timbang, kalibrasi memang memerlukan bandul sesuai dengan kapasitas maksimal dari timbangan, atau menggunakan satuan yang paling bagus misalnya ton. Kalau pada timbangan kecil tinggal sesuaikan saja.

Baca Juga :  Harga Mobil Odong Odong Baru

3. Timbangan Digital Pembacaan Bergoyang dan Tidak Stabil

Pada timbangan digital yang kurang stabil dan selalu bergerak pada hasil penimbangan, ini dikarenakan adanya kotoran dan beberapa kerak yang berada di bagian engsel loadcell. Sehingga hal ini bisa mempengaruhi elektron yang nantinya akan dikirimkan ke bagian rangkaian led. Solusi untuk masalah ini tentunya sebaiknya membersihkan loadcell dengan wd, pada timbangan jenis besar pada industri tinggall cari saja komponen loadcellnya. Namun pada timbangan kecil tentu harus membongkar timbangannya.

Harga Timbangan Digital dari Berbagai Sumber Market Place

Berikut ini ada beberapa rekomendasi mengenai harga dari timbangan digital yang beredar di beberapa market internet dan beberapa market offline. Untuk beberapa merk tentu ada jangkauan harga yang jauh dengan harga merk lain, ini terkait dengan kualitas dan brand yang sudah terkenal maupun sesuai dengan lokasi tempat penjualan.

1.Harga Timbangan Digital 5 Kg

Timbangan jenis ini memang sering digunakan sebagai timbangan dapur, tidak selalu menimbang beban berat, biasanya digunakan untuk menimbang bahan makanan agar sesuai dengan komposisi resep yang pas. Untuk harganya sekitar 100 sampai 200 ribuan.

2.Harga Timbangan Digital Kecil

Timbangan kecil ini seperti timbangan digital yang digunakan di dapur, ada juga yang digunakan untuk menimbang logam. Untuk harganya sekitar 100 sampai 300 ribuan, tinggal cari saja di toko online.

Baca Juga :  Harga Tiket Kukira Kau Rumah

3.Harga Timbangan Digital 30 Kg

Untuk beberapa harga yang telah kami cek melalui toko online, harga timbangan digital dengan kapasitas 30 kg sekitar 200 sampai 400 ribuan.

4.Harga Timbangan Digital 100 Kg

Untuk kapasitas 100 kg dengan berbagai merk yang telah kami cek harganya sekitar 750 an sampai 1 jutaan.

5.Harga Timbangan Digital 50kg

Harga yang ada dan bisa di cek kembali dari berbagai rekomendasi yang ada sekitar 500 sampai 700 ribuan.

6.Timbangan Duduk Digital

Timbangan duduk memang lebih digunakan pada timbangan beban berat. Misalnya saja pada timbangan penggilingan padi, gudang kedelai, gula dan masih banyak lagi pada industri lainnya. Untuk harganya sekitar 1,5 juta sampai 2,5 jutaan tergantung dari kapasitas maksimal timbangan duduk yang Anda inginkan.

7.Timbangan Digital Shopee

Pada timbangan digital yang dijual di Shopee, Anda bisa melihat berbagai harga timbangan dengan berbagai kapastias dan berbagai jenis. Untuk harga antara 200 ribuan sampai 3 jutaan bisa Anda dapatkan disini, sesuai merk dan kapasitas timbangan digital.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.