Harga Perlengkapan Tanaman Hidroponik

Harga Perlengkapan Tanaman Hidroponik

Dailysuka.com – Hidroponik merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia pertanian modern. Bahkan bertani menggunakan cara ini memang sangat cocok untuk para petani modern. Berikut akan kita bahas mengenai cara melakukan bercocok tanaman menggunakan hidroponik dan berbagai rincian harga dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Bertani menggunakan sistem ini memang sangat cocok pada jenis tanaman yang berusia pendek. Misalnya saja sayuran, buah, maupun berbagai tanaman jangka pendek lainnya. Tidak membutuhkan tanah sedikitpun dalam menggunakan cara bertani modern ini. Bahkan bertani menggunakan metode ini sangat cocok pada lahan yang sempit, dan bahkan Anda bisa melakukannya pada area di rumah Anda.

Selain bisa memaksimalkan kondisi dan area rumah Anda, menggunakan metode cocok tanam hidroponik bisa menghasilkan pundi pundi rupiah setiap bulannya. Bahkan sekarang ini banyak cara dan panduan untuk bercocok tanam hidroponik. Baik dari website, video Youtube dan media sosial lain.

Bermodalkan beberapa peralatan sederhana dan benih tanaman yang harganya bahkan murah, Anda bisa menghasilkan banyak uang dari cara ini. Salah satu yang paling banyak ditemukan dan paling banyak dilakukan dengan metode hidroponik adalah tanaman selada hijau. Daun selada hijau bisa dipanen dalam kurun waktu kurang dari dua bulan. Dan hasilnya sendiri cukup melimpah.

Baca Juga :  Rekomendasi dan Harga Mobil Angkot

Bahkan menggunakan metode tanaman hidroponik tidak memerlukan banyak pupuk baik organik maupun pupuk lain. Hanya cairan pupuk sedikit yang digunakan untuk vitamin dan sumber makanan bagi tumbuhan, agar bisa panen dan tumbuh segar secara maksimal.

Keuntungan Menggunakan Tanaman Hidroponik

Harga Perlengkapan Tanaman Hidroponik

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan metode hidroponik di rumah Anda. Bahkan jika Anda sudah bisa cara ini, Anda bisa menghasilkan uang dari lahan yang sempit dan sederhana. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan cara ini.

1. Media Tanam Minim

Anda mempunyai lokasi pekarangan yang sempit? Anda bisa lebih mudah menggunakan cara bertanam metode hidroponik ini. Bahkan dengan langkah yang sederhana, dan mudah dilakukan. Selain itu Anda bisa menghasilkan keuntungan dari tanaman yang Anda tanam.

Kebanyakan tanaman yang bisa di tanam menggunakan metode ini adalah selada, kangkung, cabai, tomat dan beberapa tanaman lain. Anda bisa mencoba sendiri beberapa tanaman buah lain. Bertani menggunakan cara ini cukup sederhana, jadi mulai sekarang maksimalkan area yang ada di rumah Anda, bahkan sempit sekalipun juga bisa.

Baca Juga :  Harga Obat Tetes Mata

2. Modal Murah

Modal menggunakan cara ini juga sangat murah, bahkan sangat terjangkau. Jika menggunakan berbagai peralatan yang semuanya harus beli, memang akan sangat mahal. Namun Anda bisa menggunakan berbagai perlengkapan sederhana, misalnya saja botol bekas atau ember bekas cat dan beberapa alat bekas lainnya.

3. Bersih

Bertani menggunakan metode ini bisa bersih. Dan ini sangat cocok bagi kaum mudah di jaman sekarang. Anda bisa menggunakan metode hidroponik ini bahkan di dalam rumah sekalipun. Penyemaian benih sampai panen tidak akan menggunakan metode tanah sama sekali, jadi akan makin bersih dan mudah dilakukan di dalam rumah sekalipun. Anda juga bisa menggunakan metode tisu sebagai awal penyemaian benih, jika memang diperlukan.

Kemudian Anda bisa meletakkan di nampan dan wadah yang sudah Anda sediakan. Barulah jika benih tadi sudah tumbuh, Anda bisa memberikan sinar matahari dan lanjut ke dalam penanaman di wadah yang lebih besar.

4. Bertani Modern dan Cocok untuk Milenial

Sangat cocok sebagai sarana dan sumber pendapatan bagi para petani modern, bahkan dengan cara ini juga bisa menjadi sumber keuangan tersendiri. Karena memang usaha menjadi petani sekarang ini kurang diminati. Mungkin karena istilah para petani yang memang kotor dan identik dengan sawah dan perkebunan.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi HP Xiaomi Terbaru 2021

Dengan adanya terobosan baru mengenai tanaman hidroponik ini, seolah dunia pertanian sekarang memang cocok untuk semua umur, bahkan anak mudah sekalipun.

Ada banyak kelebihan bukan yang akan Anda rasakan? Sekarang mari kita lebih rincikan pada perlengkapan dan berbagai jenis kebutuhan untuk memulai bercocok tanam model hidroponik.

Harga Perlengkapan Tanaman Hidroponik

Harga Perlengkapan Tanaman Hidroponik

Ada beberapa perlengkapan yang memang bisa Anda sediakan untuk metode tanaman hidroponik. Misalnya saja mengenai paralon sebagai media tanam memanjang, tempat penyemaian benih, dan saluran air sebagai sumber energi pada tanaman. Kalau untuk secara sederhana, di toko online ada yang sudah menyediakan untuk porsi yang kecil. Bentuk kotak seperti box dan ada beberapa jenis tanaman maupun media tanam. Bahkan sudah lengkap dengan jenis bibit yang akan Anda tanam. Namun ini hanya porsi kecil dan cocok untuk suplai sayuran rumahan dan dikonsumsi sendiri saja.

Jika memang ingin membuat yang lebih besar, Anda bisa menyediakan tempat dan area yang lebih besar lagi. Bahkan kalau bisa minimal seribu bibit tanaman. Namun Anda juga bisa memanfaatkan sekitaran rumah Anda. Dan bahkan sekarang ini sudah ada banyak hal lain yang juga cocok. Atau kalau mau sebagai percobaan Anda bisa menggunakan barang bekas yang ada di rumah Anda. Misalnya botol bekas, ember cat dan masih banyak lagi dan sebaiknya Anda gunakan barang bekas yang bersih.

Baca Juga :  Harga Repeater Wifi

Untuk harga dari satu paket untuk kebutuhan rumahan, hidroponik ini memang sangat terjangkau. Bahkan tak sampai 100 ribuan. Namun jika ingin yang opsi besar, tentu saja biaya bisa menyesuaikan dengan kondisi lahan yang Anda sediakan. Untuk perkiraan harga jika menggunakan atap baja ringan bisa sampai 30 an juta, sedangkan kalau menggunakan plastik biasa bisa lebih murah.

Contoh Sayuran Hidroponik

Ada beberapa contoh tanaman hidroponik yang bisa Anda coba dari rumah Anda, bahkan untuk bibitnya sangat mudah dan masa panennya juga sangat cepat, bahkan tak sampai dua bulan juga sudah bisa panen.

1. Selada

Selada memang mempunyai jenis tanaman yang unik, dan untuk harganya sendiri juga sangat lumayan perkilonya. Jadi jika dibudidayakan memang sangat mudah dan bahkan bisa menghasilkan banyak uang dari tanaman ini. Selain itu juga banyak di butuhkan untuk berbagai kebutuhan sayuran di berbagai restoran.

2. Tomat

Sangat dibutuhkan dan banyak dijual di pasaran, untuk bibit juga mudah dan dapat di tanam dengan mudah. Bibit tomat juga dapat dengan cepat tumbuh di berbagai kondisi. Jadi sangat cocok jika memang dijadikan di tanaman hidroponik.

Baca Juga :  Nonton TV Digital Android, Ini Alat dan Harganya !

3. Bayam

Bayam selain tanaman yang mudah hidup dan mengandung banyak vitamin, tanaman ini juga banyak dibutuhkan di pasaran. Bahkan dari setiap restoran dan berbagai warung makan juga sangat membutuhkan tanaman ini.

4. Timun

Buah yang satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lalapan dan banyak dikonsumsi baik orang di desa dan di kota. Menanam timun dengan metode hidroponik memang sangat mudah dan menghemat lahan, bahkan juga lebih murah dalam hal biaya.

5. Bunga

Tak hanya sayuran, bahkan bunga berbagai tanaman saat mengembangbiakkan dan penyemaian benih bisa menggunakan metode ini. Jika sudah besar baru dipindahkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.