Memahami Sustainable Business dan Mengapa Ini Penting

Memahami Sustainable Business dan Mengapa Ini Penting

Ada istilah penting dalam dunia usaha yang perlu dipahami oleh para pebisnis. Istilah yang dimaksud adalah sustainable business. Pernahkah kamu mendengar istilah ini? Kali ini, mari kita belajar bersama definisi dan alasan mengapa para pebisnis wajib memahami istilah populer tersebut.

Tujuan sustainable business adalah untuk mencapai kebaikan bersama. Mulai dari diri kamu, mari bersama-sama menerapkan prinsip sustainable business.

Jika kita terjemahkan, sustainability adalah keberlanjutan. Itu berarti istilah sustainable business berarti bisnis yang berkelanjutan. Apakah makna dari berkelanjutan dalam dunia bisnis? Berikut penjelasan penting yang perlu kamu baca.

Mengenal Sustainable Business

Memahami Sustainable Business dan Mengapa Ini Penting

Pada penjelasan di atas, kita sudah mengetahui bahwa sustainable business bermakna ‘bisnis berkelanjutan’. Lalu, apa yang dimaksud dengan berkelanjutan dalam dunia bisnis? Apakah bisnis yang bisa bertahan dan terus bertumbuh dalam waktu yang lama? Jawabannya adalah tidak.

Baca Juga :  Jenis dan Cara Memilih Media Iklan yang Efektif

Bisnis berkelanjutan adalah sebuah bisnis yang mempertimbangkan kondisi lingkungan. Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak sekali usaha yang justru memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan, terutama yang berkaitan dengan limbahnya.

Dalam hal ini, keberlanjutan dalam dunia bisnis mengacu pada upaya menciptakan bisnis yang tidak berdampak bagi lingkungan, komunitas, atau masyarakat umum. Dua kategori utama untuk sustainable business adalah pengaruh bisnis terhadap lingkungan serta pengaruh bisnis terhadap masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bersama, sebuah bisnis hampir selalu menciptakan limbah. Namun, ketika pebisnis menjalankan prinsip ini, mereka berusaha untuk mengurangi dampak buruk limbah yang mereka hasilkan.

Dalam dunia bisnis secara luas, sebenarnya sudah banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan prinsip ini. Contoh bisnis berkelanjutan di Indonesia adalah Holcim. Ia pernah mendapatkan penghargaan sebagai Best, Strategy & Sustainability Management.

Selanjutnya, perusahaan sustainable Indonesia yang layak kamu contoh adalah PT Pertamina. Perusahaan ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai “Best Energy Management”.

Selain beberapa perusahaan di atas, masih banyak lagi perusahaan yang mulai menerapkan prinsip ini. Kamu pun bisa menjadikan perusahaan besar tersebut sebagai contoh sustainability usaha. Kemudian, mulailah menerapkan bisnis yang sama.

Baca Juga :  Apa itu Bootstrapping Startup dan Plus Minusnya?

Mengapa Pebisnis Perlu Menerapkan Strategi Sustainable Business

Memahami Sustainable Business dan Mengapa Ini Penting

Alasan pentingnya sustainable business sebenarnya sudah dijelaskan secara tersirat dalam pembahasan sebelumnya. Namun, kali ini, mari kita tekankan alasan pentingnya pengusaha menerapkan prinsip sustainable business.

Pertama, dengan menerapkan sustainable business, kita berusaha menjaga alam dengan sebaik-baiknya. Kedua, kita berusaha untuk tidak memberikan dampak yang merugikan untuk masyarakat di sekitar bisnis kita.

Dengan begitu, setidaknya kamu tidak egois karena memikirkan keuntungan diri sendiri. Kamu juga berusaha semaksimal mungkin agar tidak merugikan lingkungan dan orang-orang di sekitarmu.  

Cara Menciptakan Sustainable Bisnis

Memahami Sustainable Business dan Mengapa Ini Penting

Lalu, bagaimana strategi untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan? Kamu bisa memulainya dengan memperhatikan lima hal berikut.

1. Memahami Pentingnya Konsep Keberlanjutan

Langkah pertama yang sangat penting adalah memahami pentingnya konsep sustainability dalam bisnis. Langkah ini sudah berhasil kamu lakukan karena kamu sudah membaca pembahasan sustainable business hingga tahap ini.

2. Menentukan Tujuan

Setelah itu, kamu perlu menentukan tujuanmu sendiri. Temukan jawaban yang konkret mengapa kamu perlu menerapkan bisnis berkelanjutan.

Baca Juga :  Pentingnya Mendata Kehadiran Karyawan dengan Aplikasi Absensi

Cobalah menganalisis berapa besar dampak perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat. Dari situ, kamu akan bisa membuat tujuan yang konkret.

3. Menentukan Misi yang Nyata

Setelah memahami konsep bisnis berkelanjutan dan menentukan tujuan, saatnya membuat misi atau cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Buat pernyataan misi sehingga kamu bisa tetap fokus untuk menjalankan misi tersebut meskipun skala bisnis sudah mulai berkembang pesat.

4. Buat Strategi Terbaik

Langkah berikutnya adalah membuat strategi jitu untuk menerapkan misi tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak langkah yang kita ambil untuk mengembangkan bisnis.

Kamu harus melakukan pemasaran, penjualan, dan penilaian. Dari semua langkah tersebut, pastikan kamu tetap mempertimbangkan bisnis berkelanjutan sebagai dasarnya. Rancang strategimu sendiri untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik.

5. Terapkan Strategi dan Buat Penilaian

Setelah strategi berhasil kamu buat, mari konsisten untuk menerapkannya. Buat timeline yang jelas untuk menilai seberapa efektif strategi tersebut.

Jika penilaiannya hasilnya bagus, kamu bisa tetap menjalankan strategi tersebut. Namun, jika hasilnya kurang bagus, itu berarti kamu perlu merombak strategi kamu. Bagaimanapun hasilnya, pastikan kamu rutin untuk membuat penilaian, ya.

Baca Juga :  Jenis dan Cara Memilih Media Iklan yang Efektif

Pada dasarnya, konsep sustainable business bisa berjalan berdampingan dengan misi-misi bisnis lainnya. Jadi, teruslah berusaha untuk mencari cara terbaik mewujudkan bisnis berkelanjutan, ya.

Kesimpulan

Sebagai pebisnis, tidak ada salahnya bagi kita untuk lebih peduli dengan lingkungan. Bagaimanapun, kita perlu ikut andil dalam menjaga lingkungan. Jadi, sudah saatnya kita memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan yang kita tinggali.

Fokus bisnis seharusnya tidak semata-mata untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Ada bumi yang perlu kita jaga bersama-sama. Jangan egois dengan hanya berfokus pada untung materi semata. Semoga informasi ini bermanfaat!

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:

  • https://dailysuka com/sustainable-business/
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *