Harga Water Pump Mobil Terbaru

Harga Water Pump Mobil Terbaru

Water pump mobil adalah salah satu bagian mesin yang telah berperan penting untuk mengatur sirkulasi air dalam radiator mobil agar suhu mesin dapat tetap terjaga. Water pump mobil merupakan salah satu bagian mesin yang telah memiliki peranan yang sangat penting. Bagaimana tidak, water pump ini sangat berperan dalam mengatur sirkulasi air pada radiator mobil agar suhu pada mesin dapat tetap terjaga.

Bagi Anda yang telah memiliki mobil, pastinya harus paham tentang water pump mesin kendaraan yang dapat bekerja dengan optimal. Namun, bagi Anda yang masih belum tahu tentang adanya fungsi dan ciri kerusakan pada water pump ini, berikut ini adalah ulasannya.

Fungsi Water Pump Mobil

Setiap bagian yang berada pada mesin mobil pastinya akan dibuat karena telah memiliki fungsinya tersendiri, begitu juga dengan water pump. Water pump ini tentunya mempunyai fungsi yang sangat besar untuk kendaraan Anda.

Baca Juga :  Harga Web Ecommerce Terbaik, Cocok Untuk Semua Bisnis UKM dan UMKM !

Fungsi water pump mobil yaitu dapat memompa air pada radiator agar bisa bersirkulasi dengan baik. Dengan demikian, suhu mesin pada saat bekerja akan tetap menjadi lebih terjaga dan tidak akan mengalami overheat.

Water pump ini pada umumnya telah digerakkan oleh sebuah drive belt, namun pada sebagian orang ada yang menyebutnya dengan sebutan fan belt. Pompa air mobil ini mempunyai sebuah puly yang telah dihubungkan dengan drive belt yang menggunakan putaran mesin.

5 Ciri-ciri Water Pump yang Rusak

Harga Water Pump Mobil Terbaru

Water pump yang telah mengalami kerusakan akan dapat membuat mobil menjadi lebih cepat mengalami overheat. Jika mobil terus menerus mengalami overheat, maka akan berakibat kepada kerusakan komponen mesin mobil lainnya. Berikut ini adalah 5 ciri-ciri water pump yang rusak.

1.Mesin Mobil Mengeluarkan Bunyi yang Bising

Ciri-ciri yang pertama dari water pump yang mengalami kerusakan yaitu akan muncul bunyi yang berisik dari mesin mobil Anda. Bunyi yang berisik ini telah ditimbulkan dari adanya kerusakan tali kipas water pump atau yang biasanya disebut dengan sebutan drive belt.

Biasanya, drive belt ini akan mulai kendur atau pecah-pecah akan membuat putaran water pump menjadi kurang maksimal dan akan muncul bunyi yang berisik. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti drive belt dengan yang baru yang bertujuan untuk mengatasi water pump yang telah mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Oppo Reno 5 Spesifikasi dan Harga

2.Kipas Radiator Tidak Berhenti Berputar

Kipas radiator yang tidak mau berhenti berputar juga akan menjadi salah satu ciri-ciri dari water pump yang akan mengalami kerusakan. Hal ini dapat terlihat dari adanya peningkatan suhu mesin mobil yang telah mencapai di atas 96oC. Dengan demikian kipas radiator yang akan terus berputar dan akan menghasilkan hembusan angin yang panas.

3.Terdapat Tetesan Air di Bagian Mesin Mobil

Apabila Anda menemukan tetesan air di bagian mesin mobil, maka hal ini dapat menjadi salah satu tanda bahwa adanya kerusakan yang telah terjadi pada water pump mobil Anda. Kebocoran pada water pump ini akan dapat terjadi karena adanya bagian penutup atau bearing yang memiliki karat.

4.Air Radiator Tidak Berhenti Bersirkulasi

Ciri lain yang akan menandakan bahwa water pump sedang mengalami kerusakan yaitu air pada radiator telah berhenti bersirkulasi. Cara yang dapat Anda lakukan agar mengecek keadaan tersebut adalah dengan cara membuka thermostat untuk sementara waktu pada saat mesin dalam keadaan idle.

Idle adalah suatu keadaan di mana mesin kendaraan berada dalam kondisi bekerja, namun kendaraan tidak mau bergerak. Dalam keadaan mesin idle ini, cobalah Anda cek lubang penutup bagian radiatornya. Jika air radiator ini bersirkulasi, berarti water pump Anda dalam kondisi yang baik dan sebaliknya.

Baca Juga :  Harga Sewa Alat Berat Perbulan

Namun jika Anda kurang yakin, dapat menerapkan cara yang lain, yaitu dengan membuka selang pada bagian atas radiator. Kemudian, cobalah isi radiator dengan air yang bertujuan agar water pump dapat menghisap air tersebut.

Jika air muncrat atau terdapat riak dengan jumlah yang besar, tandanya water pump ini telah bekerja secara normal. Namun, jika ketika Anda menuang air pada radiator tidak ada air yang muncrat dan tidak terdapat riak, maka tandanya water pump ini sedang mengalami masalah.

5.Baling-Baling Pompa Air Tidak Berputar

Ciri-ciri water pump rusak yang terakhir yaitu adanya baling-balingnya habis atau tidak mau berputar. Keadaan fisik dari baling-baling ini dapat Anda lihat dengan cara membongkar water pump terlebih dahulu. Jika baling-baling habis dan tidak dapat berputar padahal terdapat pulynya berputar, bisa jadi water pump mengalami kerusakan.

Seperti contohnya, Anda baru saja mengganti water pump yang baru, namun setelahnya terjadi kerusakan karena antara baling-baling dan as pada water pump tidak saling terhubung dengan kuat. Walaupun, puly pada water pump ini dapat berputar dengan baik.

Baca Juga :  Harga Galon di Indomaret dan Alfamart

Akibat Terjadinya Kerusakan Water Pump Mobil

Harga Water Pump Mobil Terbaru

Anda sudah tahu bahwa water pump adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting. Secara umum, kerusakan yang telah dialami oleh water pump telah berada pada sistem radiatornya. Lalu, apakah dampak yang akan ditimbulkan jika water pump ini mengalami kerusakan? Water pump sangat berperan penting dalam mengalirkan air pada radiator ke dalam seluruh bagian sistem yang akan mendinginkan mesin. Jika water pump ini mengalami kerusakan, tentu pendistribusian air radiator juga akan mengalami gangguan. Bahkan, masalah ini dapat merembet pada mesin yang lainnya.

Pompa air pada mobil sebenarnya jarang sekali mengalami kerusakan. Bahkan, umur dari water pump sendiri dapat mencapai  sampai 10 tahun jika pengisian air radiator ini dilakukan dengan benar. Akan tetapi, jika water pump telah mengalami kerusakan, maka bagian mesin secara keseluruhan dapat terkena imbasnya. Oleh karena itu, ketika Anda mendapati water pump mengalami kerusakan dan gangguan, segera lakukan ganti dengan yang baru. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa penggantian pompa air mobil ini akan lumayan merepotkan karena berada di belakang timing belt.

Baca Juga :  Berikut Harga dan Spesifikasi Vivo V23 5G

Ketika Anda melakukan penggantian water pump, sebaiknya timing belt juga akan diganti sekalian jika usianya telah terlalu lama. Gunakan suku cadang water pump yang asli dengan tujuan dapat dipakai dalam waktu yang lebih lama. Agar Anda tidak merasa kesulitan pada saat Anda mengganti water pump, ada baiknya membawa mobil Anda ke pada bengkel resmi Suzuki yang terdekat agar diganti secara langsung oleh orang yang ahli di bidangnya. Setelah melakukan pergantian water pump mobil, jangan lupa lakukan perawatan dengan baik agar menjadi lebih awet.

Harga Water Pump Mobil Terbaru

Harga dari komponen ini sangat bervariasi. Harganya yaitu berkisar Rp.300.000 sampai dengan Rp.500.000. Selain itu untuk merawat bagian waterpump terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan. Unsur yang paling utama dalam kinerja waterpump adalah air pendingin dan coolant. Sebaiknya gunakan air pendingin yang bermutu baik dan sesuai dengan spesifikasi. Jangan hanya gunakan air karena pada nantinya waterpump akan mengalami karat dan akhirnya akan rusak. Salah satu tindakan perawatan yaitu menguras radiator dengan secara berkala yaitu setahun sekali. Hal ini bertujuan untuk mengganti air dalam radiator dengan air pendingin yang lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *