Harga Sekring Mobil Beserta Fungsinya

Harga Sekring Mobil Beserta Fungsinya

Kendaraan mobil tentu mempunyai banyak sekali komponen yang bisa digerakkan sebagaimana mestinya. Apabila satu komponen saja tidak bisa berfungsi dengan maksimal, maka akan menghambat kinerja pada komponen lain. Disini, sekring mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting.

Mobil adalah komoditas yang cukup digemari oleh banyak masyarakat. Terdapat banyak sekali pilihan atau tipe mobil yang bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Kembali lagi pada komponen sekring. Karena komponen ini sangat penting, maka Anda perlu memahaminya dengan baik.  Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai sekring mobil.

Apa Itu Sekring Mobil?

Harga Sekring Mobil Beserta FungsinyaPengetahuan tentang mobil ini dapat saja diakses oleh pemilik mobil, calon pemilik mobil, sampai hingga montir. Setiap komponen ini tidak bisa diremehkan begitu saja, meskipun ukurannya kecil sekalipun. Sama halnya dengan sekring pada mobil. Sekring yang ada di mobil ini kurang lebih hampir sama dengan sekring yang terdapat pada kendaraan bermotor lainnya.

Adanya sekring ini akan membuat mobil menjadi lebih safety untuk mendeteksi arus listrik yang tidak normal dalam mobil. Hal ini merupakan peran utama dari sekring pada mobil dalam menunjang kinerja aspek dan komponen lain pada mobil. Sesuai dengan dayanya, sekring untuk mobil ini diciptakan dalam beberapa varian. Varian tersebut biasanya akan ditemui dalam beberapa varian warna, varian bentuk, dan ukuran. Perbedaan bentuk, warna, serta ukuran biasanya telah menandakan perbedaan dalam dayanya.

Baca Juga :  Harga PlayStation 3 atau PS3 Terbaru Tahun 2021

Fungsi Sekring Mobil

Karena sekring atau fuse ini berfungsi untuk melindungi peralatan listrik dan peralatan elektronika dari kerusakan yang diakibatkan oleh arus yang berlebihan. Sekring atau fuse ini biasanya juga disebut dengan pengaman listrik. Oleh karena itu keberadaan komponen ini cukup dipertimbangkan dalam komponen elektronika. Dibawah ini adalah beberapa fungsi dari sekring ( fuse )

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk memutuskan hubungan pada saat terjadi hubungan singkat. Dapat juga disebabkan oleh kelebihan arus yang mengalir atau beban lainnya sehingga arus listrik tidak akan mengalir
  • Sebagai salah satu komponen yang berperan penting untuk menjaga komponen listrik pada mobil yang terdapat pada sebuah rangkaian listrik.
  • Salah satu komponen yang berfungsi sebagai suatu pengaman kelistrikan.
  • Sebagai komponen yang telah berfungsi untuk mencegah kebakaran, karena memang dengan adanya sekring ini semua komponen pada kelistrikan yang ada akan aman.

Jenis Sekring Pada Mobil

Harga Sekring Mobil Beserta Fungsinya1.Model Glass Cartridge

Jenis sekring pertama yang banyak dipakai pada mobil yaitu model Glass Cartridge. Sekring jenis ini telah dibuat dari material keramik dengan adanya bentuk seperti tabung kaca.

Baca Juga :  Harga Bakpia Pathok 25 Termurah dan Paling Enak

Pada bagian tengahnya terdapat bagian transparan yang dapat digunakan untuk melihat kondisi sekring. Apabila sekring telah rusak, maka pada bagian dalam akan terlihat putus.

Pada bagian ujung tabung terdapat angka yang telah menunjukkan kapasitas dari jumlah arusnya. Sehingga pada saat melakukan penggantian hanya cukup melihat angka yang tertera di ujungnya saja.

Biasanya sekring model ini sering dipakai pada kendaraan model lawas. Namun ada juga yang masih menggunakan sekring jenis ini karena telah dianggap akan lebih kuat.

2.Model Blade (Bilah Tancap)

Sekring model kedua yang paling sering digunakan pada mobil yaitu model blade atau bilah tancap. Sekring jenis ini telah mempunyai bagian logam di bagian bawah dan plastik pada bagian atasnya.

Pemakaiannya juga sangat mudah yaitu cukup tancapkan saja sekring di tempat yang telah tersedia. Biasanya bagian plastik pada sekring blade ini terdiri dari beberapa warna.

Perbedaan warna ini telah menjadi tanda dari adanya kapasitas jumlah arus yang dapat diterima. Pada umumnya kendaraan modern telah memakai sekring jenis ini karena lebih mudah dan lebih modern dari cara pakainya.

Baca Juga :  Harga Realme 9 Pro dan Spesifikasinya

3.Model Batu

Model sekring selanjutnya yang banyak digunakan pada mobil yaitu sekring batu. Mungkin banyak yang belum pernah mendengar dan melihat sekring jenis ini.

Biasanya sekring jenis ini telah digunakan oleh beberapa pabrikan yang berasal dari Eropa seperti Mercedez-Benz dan BMW. Sekring batu berdasarkan dari bentuk mirip seperti sekring tabung.

Bedanya sekring ini tidak mempunyai bagian transparan di bagian tengah. Sekring batu ini telahh menggunakan bahan plastik pada bagian tengah dan terdapat logam di bagian ujung sampai ke tengah. Sekring jenis ini mempunyai ukuran yang cukup kecil jika dibandingkan dengan logam yang lebih tebal.

4.Model Yazaki

Sekring lainnya yang digunakan pada mobil adalah model Yazaki. Sekring jenis ini merupakan pengembangan dari sekring model fusible link yang desainnya telah dibuat secara lebih ringkas. Paad umumnya sekring ini digunakan dengan tjuan untuk melindungi kabel aki untuk pengamanan yang akan lebih baik.

5.Model Fusible Link

Kemudian sekring terakhir yaitu model fusible link. Sekring jenis ini telah memiliki bentuk yang seperti kabel dengan adanya ring di salah satu bagian ujungnya.

Namun ada juga fusible link yang telah berbentuk kotak pada kedua ujungnya. Di kedua ujungnya ini telah terdapat logam yang disolder dengan bersamaan. Titik yang telah disolder ini memang sengaja dibuat supaya lebih mudah meleleh pada saat terjadinya korsleting arus listrik.

Baca Juga :  Harga Sirup ABC Terbaru 2022

Cara Kerja Sekring ( Fuse )

Harga Sekring Mobil Beserta FungsinyaPada umumnya sekring ( fuse ) telah digunakan untuk melindungi perangkat kelistrikan pada kendaraan mobil maupun bermotor. Sistem kendaraan bermotor biasanya telah dibuat dengan tegangan listrik 6 Volt, 12 Volt serta 24 Volt. Adapun tegangan 6 Volt biasanya telah terdapat pada mobil – mobil tua.

Sedangkan yang berukuran 12 Volt adalah suatu tegangan yang pada umumnya telah digunakan di mobil – mobil yang pada saat ini sering digunakan oleh banyak orang. Sedangkan yang berukuran 24 Volt ini telah digunakan pada mobil niaga yang mempunyai ukuran yang besar.

Pada umumnya sekring ini telah dikelompokkan menjadi beberapa rangkaian. Ada yang telah dipasang atau yang dikhususkan bagi arus utama yang akan keluar dari baterai, rangkaian lampu – lampu, rangkaian utilities seperti radio, rangakian sistem pengapian, dan berbagai rangkaian yang lainnya.

Selain itu, karena sekring atau fuse tersebut telah dipasang pada area yang memang membutuhkan pengaman listrik. Maka jika terjadi muatan listrik yang berlebihan atau telah terjadinya hubungan arus pendek yang akan diakibatkan oleh berbagai faktor pada sistem kelistrikan yang ada. Maka sekring atau fuse ini akan mempunyai cara kerja dengan cara menghambat atau mengamankan komponen listrik yang ada di sebuah rangkaian listrik tersebut. Dengan tidak meneruskan penghantaran arus listrik kepada komponen tersebut. Karena telah diperhitungkan muatan listriknya tidak sesuai dengan standarnya atau tidak seperti seharusnya.

Baca Juga :  Harga Paket Axis Terbaru 2022

Sekring atau fuse ini dapat mendeteksi sistem arus listrik yang muatannya bermasalah ataupun tidak. Oleh karena itulah sekring ini tahu kapan dia harus bekerja. Misalnya pada saat lajur kabel berhenti yang akan menuju ke belakang akan berlangsung korslet dengan bodi, maka pada akhirnya arus listrik pada rem mobil di injak, akan naik dengan secara tiba – tiba sampai melebihi 10 ampere. Maka pada saat inilah sekring akan bekerja untuk memutuskan arus sehingga kabel tidak terbakar.

Harga Sekring Mobil

Harga sekring di bengkel ataupun toko spare part sebenarnya terbilang cukup murah. Harganya berkisar Rp.2.000 sampai dengan yang termahal yaitu Rp.100.000.

Dengan harganya yang sangat murah, namun bukan berarti sekring ini tidak perlu dirawat. Sebagai pemilik mobil yang baik juga wajib untuk menjaga kondisi sekring supaya tidak cepat rusak.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.