Harga Kaca Spion Mobil

Kaca spion merupakan salah satu alat kelengkapan pada kendaraan yang telah mempunyai peranan yang cukup penting. Spion kendaraan ini bukan hanya sekedar sebuah aksesoris saja, namun sebuah alat kelengkapan kendaraan yang fungsinya yaitu untuk keamanan pada saat berkendara. Namun demikian, banyak orang yang beranggapan bahwa spion kendaraan masih dianggap tidak terlalu penting secara fungsi serta kegunaannya.

Anda mungkin pernah melihat di jalanan masih banyak beberapa orang yang kendaraannya tidak menggunakan spion. Mereka dengan sengaja melepas kaca spion kendaraannya, baik salah satu ataupun keduanya. Biasanya para pelaku yang telah melepas spion kendaraan yaitu para pengguna kendaraan mobil maupun sepeda motor, dengan alasan sebagai modifikasi.

Fungsi Kaca Spion Kendaraan

Harga Kaca Spion MobilSpion kendaraan pada umumnya digunakan untuk melihat area belakang agar lebih mudah serta dapat berkendara dengan aman. Spion kendaraan ini telah menjadi salah satu alat bantu berkendara yang paling penting dalam mengurangi risiko kecelakaan. Jika dibandingkan dengan alat kelengkapan lainnya pada sebuah kendaraan, spion kendaraan ini memang tidak dianggap sebagai alat yang terlalu penting.

Baca Juga :  Harga Alat Wifi Untuk di Rumah

Namun, adanya kehadiran spion kendaraan bukan berarti diabaikan begitu saja. Alat kelengkapan kendaraan ini harus dimiliki oleh setiap pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat. Dan tetap harus digunakan pada saat berkendara pada semua jenis kendaraan.

Dengan menggunakan spion kendaraan ini, para pengendara tidak akan sembarangan berkendara yang mungkin akan dapat membahayakan keselamatan dirinya maupun pengguna jalan lain. Berikut ini adalah 3 fungsi dari kaca spion.

1.Spion Bagian Luar

Sesui dengan namanya, spion ini jelas letaknya juga berada diluar. Pada umumnya, posisi kaca ini menempel di sudut pintu depan kiri dan kanan. Melalui kaca spion bagian luar ini, dapat memudahkan para pengemudi untuk melihat ke bagian belakang mobil. Dan lebih tepatnya pada bagian sisi kiri belakang dan kanan belakang. Adapun posisi idealnya, kaca spion bagian luar ini harus dapat merefleksikan seperempat bagian body mobil. Spion luar ini dapat diatur dengan cara elektrik, namun masih ada juga yang telah diatur dengan cara manual.

2.Spion Bagian Dalam

Letak spion bagian dalam ini tentunya berada di bagian dalam mobil sebagai interior. Pada umumnya telah menempel diplafon mobil di bagian depan dekat kaca. Namun ada juga beberapa produsen mobil yang telah meletakkan posisi spion dalamnya menempel jadi satu dengan kaca depan. Fungsi spion dalam ini yaitu untuk membantu para pengemudi dapat mudah melihat objek yang berada di bagian sisi belakang mobil. Hal ini sangat berguna pada saat melakukan parkir mundur atau pada saat mengatur jarak dengan kendaraan yang telah berada di bagian belakang mobil. Spion bagian dalam ini telah diatur dengan cara manual.

Baca Juga :  Harga Tiket Masuk Candi Borobudur 2022

3.Spion Tambahan

Jenis kaca spion mobil tambahan ini telah digunakan sebagai salah satu alat pelengkap kaca spion mobil yang sudah ada. Biasanya diletakkan dengan posisi menempel pada spion bagian luar. Spion tambahan ini berguna untuk melihat objek yang berada di titik buta (blind spot) yang tidak dapat tertangkap pada spion standar di mobil. Ada juga yang meletakan kaca spion tambahan ini di atas fender ban depan, yang berfungsi untuk alat pengukur jarak roda dengan trotoar, got atau dengan pembatas jalan lainnya.

Manfaat Menggunakan Kaca Spion

Harga Kaca Spion MobilSpion yang berada pada kendaraan kerap saja disepelekan. Lihat saja para pengendara sepeda motor rata-rata masih banyak yang melepas spionnya. Meski para pengendara motor di belakang dapat dilihat secara langsung bukan dengan melalui spion, namun itu cukup berbahaya. Pasalnya bisa saja pengendara tidak fokus dengan kondisi di depannya. Sementara pada mobil, kaca spion setidaknya terdapat tiga bagian. Dua dibagian luar dan satu ada di bagian dalam, atau biasa juga disebut dengan kaca spion tengah. Ketiga spion itu mempunyai fungsi yang berbeda pada mobil. Ketiganya dapat dipakai untuk memantau dari beberapa sisi mobil. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan spion mobil.

Baca Juga :  Harga Modifikasi Mobil di Tahun 2022

1.Dapat Menjaga Body Kendaraan

Salah satu fungsi spion pada kendaraan yaitu untuk menjaga body kendaraan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk pengendara mobil namun juga berlaku untuk pengendara sepeda motor. Meskipun demikian, tingkat kebutuhannya lebih di dominasi bagi kendaraan roda empat. Sebab kendaraan roda empat tentu mempunyai ukuran body yang lebih besar jika dibandingkan dengan sepeda motor. Selain itu, spion sangat diperlukan untuk menjaga body mobil baik dari goresan maupun jika menabrak sesuatu.

Apalagi pada saat kondisi jalanan yang ramai dan macet, dapat membuat pengemudi dituntut untuk menjadi lebih waspada. Selain itu, spion juga dapat membantu menjaga body kendaraan akan tergores pada saat akan parkir. Atau bahkan bisa mencegah terjadinya tabrakan dengan benda lainnya pada saat parkir juga.

2.Dapat Mencegah Terjadinya Kriminalitas

Mengapa sih spion pada kendaraan bisa mencegah akan terjadinya kriminalitas? Hal ini akan berlaku bagi Anda yang sering berkendara pada malam hari atau pada saat melewati daerah yang sepi. Sebab, salah satu fungsi dari spion yaitu dapat menjadi alat pantau. Sama halnya dengan melihat arah ke belakang pada saat Anda ingin mundur melalui spion, Anda dapat selalu awas terhadap gerak-gerik yang mencurigakan dengan kendaraan yang berada di Belakang Anda. Oleh karena itu, gunakan spion sebagai salah satu alat pemantau bagian belakang kendaraan yang dapat membuat Anda menjadi selalu waspada.

Baca Juga :  Rekomendasi Mobil Harga 300 Jutaan Terbaru 2022

Pelaku kejahatan jalanan seperti pembegalan biasanya akan membuntuti korban sampai ke dalam tempatyang sepi sebelum menjalankan aksinya. Karena itu jika ada kendaraan yang terus menerus mengikuti Anda atau terus menerus membuntuti kendaraan Anda secara beriringan, Anda dapat mencoba menepi di tempat yang ramai atau segera meminta bantuan kepada pihak yang berwajib.

3.Dapat Memudahkan Parkir

Anda akan merasakan manfaat dari spion kendaraan Anda pada saat akan parkir di tempat yang sempit. Selain itu, Anda harus memarkirkan kendaraan roda empat namun keadaan tempat parkir sempit. Parkir di tempat yang sempit adalah suatu tantangan tersendiri untuk para pengguna kendaraan roda empat.

Selain membutuhkan kejelian, Anda juga telah dituntut untuk memposisikan kendaraan Anda dengan sedemikian rupa agar tidak bersenggolan atau bersentuhan dengan kendaraan lain. Banyak kejadian dari pengemudi yang telah mengalami tabrakan atau senggolan pada saat melakukan parkir tanpa dengan memanfaatkan spion. Karena itu, kaca spion ini sangat penting fungsinya untuk manuver pada saat memarkir kendaraan.

Baca Juga :  Harga Pintu Kamar Mandi Galvalum

Selain tu, spion juga bisa menjadi pedoman untuk posisi kendaraan. Hal yang paling utama berlaku untuk kendaraan roda empat. Misalnya, pada saat melakukan parkir ternyata body mobil Anda miring. Spion dapat membantu Anda untuk memastikan apakah kendaraan sudah pada posisi yang tepat atau belum.

Harga Kaca Spion Mobil

Harga Kaca Spion Mobil

Harga kaca spion mobil sangat bervariasi. Pasalnya, tergantung dengan kualitas dari spion itu sendiri. Harga kaca spion mobil biasanya berkisar Rp.150.000 sampai dengan Rp.1.000.000. Jika ingin kualitas yang terbaik dan unggul maka pilihlah kaca spion dengan harga yang premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published.