Harga Genset 2000 Watt

Harga Genset 2000 Watt

Genset merupakan salah satu alat yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Selain itu, genset juga sering digunakan untuk memasok listrik pada saat aliran listrik padam. Genset juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu genset silent, genset mini, hingga genset portable. Kapasitas dari genset juga sangat beragam yaitu mulai dari 2000 watt, 3000 watt, sampai hingga 5000 watt.

Akan tetapi, terdapat dua bagian yang penting pada dalam genset, yaitu mesin dan alternator. Mesin ini dapat mengubah bahan bakar menjadi energi mekanik yang dapat membuat rotor yang terdapat di dalam alternator berputar. Saat rotor berputar, medan magnet yang terdapat di antara rotor dan stator akan menghasilkan listrik.

Pengertian Genset

Harga Genset 2000 Watt

Genset adalah singkatan dari generator set. Genset ini biasanya digunakan untuk tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh listrik, seperti halnya wilayah pedesaan dan area pertambangan. Akan tetapi, genset juga sering digunakan pada tempat yang aktivitasnya bergantung pada listrik, yaitu contohnya penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga :  Daftar Harga Ban di Planet Ban

Genset juga dikelompokkan berdasarkan arus listrik yang telah dihasilkan. Terdapat genset yang dapat menghasilkan arus listrik AC dan DC. Genset yang menghasilkan arus AC dapat dipakai untuk menghidupkan peralatan elektronik rumah tangga. Selain itu, genset arus listrik DC ini dapat digunakan sebagai keperluan yang lebih besar, yaitu seperti bank baterai dan juga kereta.

Memilih Genset 2000 watt yang Baik

Harga Genset 2000 Watt

Saat ini telah banyak produsen genset telah menjual produknya di dalam situs belanja online. Jadi, dapat mempermudah dalam membeli genset. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memilih genset yang baik dan benar:

1.Pilihlah Genset Silent, Portable dan Open

Ketika Anda memilih genset, pasti Anda akan menemukan genset silent dan genset open. Selain itu, terdapat juga genset portable. Agar tidak salah memilih, Anda harus perlu mengetahui perbedaan antara genset-genset tersebut.

1.)Genset Silent

Genset dengan jenis silent ini telah memiliki penutup atau cangkang. Penutup ini biasanya terbuat dari besi yang telah diberi lapisan busa agar dapat meredam suara yang telah dikeluarkan oleh genset. Oleh karena itu, genset jenis ini tidak akan menimbulkan polusi suara bagi lingkungan sekitar. Itulah mengapa alasan genset jenis ini diberi nama genset silent.

Penutup tersebut tidak hanya memiliki fungsi sebagai peredam suara, namun juga berfungsi untuk alat pelindung mesin dari panas serta hujan. Pihak resmi dari produsen selalu melengkapi penutup genset tersebut dengan pintu. Jadi, jika mengalami kerusakan atau masalah para teknisi dapat melakukan perawatan dan perbaikan dengan mudah.

Baca Juga :  Oppo Reno 4 Spesifikasi dan Harga

2.)Genset Open

Genset open ini tidak mempunyai penutup atau cangkang. Oleh karena itu, genset ini biasanya disimpan pada sebuah ruangan yang kedap suara. Hal ini dilakukan supaya suaranya tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya.

Proses perawatan dan perbaikan genset jenis ini juga termasuk mudah karena mesinnya juga tidak tertutup cangkang. Selain itu, penempatan genset ini yaitu di dalam ruangan yang juga membuat para teknisi dapat merawat dan memperbaiki genset kapan saja (pada malam hari maupun siang hari).

3.)Genset Portable

Sebenarnya, genset portable ini dapat dikelompokkan ke dalam genset silent atau pada genset open. Namun, ukuran yang kecil telah membuat genset portable ini dianggap sebagai genset jenis lain. Genset jenis ini biasanya dapat dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan listrik pada saat melakukan acara pada saat di luar ruangan, misalnya yaitu pada saat berkemah. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan genset ini untuk memasok listrik di rumah atau untuk usaha kecil.

2.Perlu Mengetahui Jenis Bahan Bakar yang Dibutuhkan (Genset 2000 Watt)

Sebelum Anda membeli genset, Anda harus mencari tahu jenis bahan bakar yang dibutuhkan pada genset tersebut. Selain itu, Anda juga sebaiknya memilih sebuah genset yang memiliki bahan bakar yang mudah untuk didapatkan. Dibawah ini adalah beberapa jenis bahan bakar yang dapat digunakan untuk menyalakan genset.

Baca Juga :  Harga Obat Gatal anak

1.)Solar

Solar merupakan salah satu bahan bakar yang dapat menghidupkan genset diesel. Genset dengan berbahan bakar solar memang dapat dikatakan lebih bising jika dibandingkan genset dengan berbahan bakar lain. Selain itu, genset diesel ini tetap dicari karena mempunyai kapasitas yang lebih besar dari pada genset lainnya.

Walaupun demikian, bahan bakar solar juga telah mengandung kalori yang lebih besar dari bensin. Hal ini dapat membuat tenaga yang dihasilkan oleh satu liter solar dapat lebih besar jika dibandingkan dengan tenaga yang dihasilkan dalam satu liter bensin.

Alasan lain yang dapat membuat genset diesel masih menjadi pilihan banyak orang adalah genset ini tidak membutuhkan busi. Itulah mengapa proses perawatan genset diesel ini dapat dikatakan lebih mudah dan murah.

2.)Bensin

Anda dapat mendapatkan bensin dengan mudah. Namun, genset dengan bahan bakar bensin cenderung akan lebih boros dan kurang cocok digunakan untuk menyuplai keperluan energi yang besar. Mesin genset dengan berbahan bakar bensin juga telah cukup sulit untuk dirawat karena pada bagian dalamnya juga terdapat busi.

Baca Juga :  Harga dan Kelebihan Kasur Busa Inoac

Namun, proses kompresi bahan bakar pada mesin genset dengan berbahan bakar bensin ini cenderung lebih kecil. Oleh karena itu, genset jenis ini juga mempunyai suara yang lebih halus dibandingkan dengan genset lainnya. Jika Anda membutuhkan mesin genset tanpa mengeluarkan bunyi, maka genset dengan bahan bakar bensin dapat menjadi pilihan yang tepat. Genset ini juga dapat memenuhi kebutuhan energi listrik pada saat di rumah Anda dan tanpa mengganggu para tetangga.

3.)Gas

Pada saat ini produsen telah mulai membuat genset dengan berbahan bakar gas. Bahan bakar gas ini dapat Anda temukan dengan mudah karena bahan bakar gas juga dijual secara luas. Selain itu, genset dengan berbahan bakar gas juga telah menghasilkan emisi yang lebih sedikit.

Bahan bakar gas juga hampir tidak meninggalkan sisa pada saat diproses menjadi energi listrik. Oleh karena itu, permasalahan mesin yang telah disebabkan oleh adanya sisa pembakaran bahan bakar pun dapat diminimalkan. Selain itu, genset jenis ini juga biasanya mempunyai harga yang cukup mahal, akan tetapi pada proses perawatannya juga termasuk mudah dan murah.

Baca Juga :  Harga Headset Bluetooth yang Bagus 2022

3.Sesuaikan Tenaga yang Dibutuhkan

Jika Anda mempunyai banyak peralatan elektronik di rumah tangga yang perlu dihidupkan, Anda dapat menghitungnya terlebih dahulu sebelum membeli genset. Pihak produsen alat elektronik juga biasanya mencantumkan besaran energi yang telah dibutuhkan dalam jumlah watt. Setelah itu, Anda juga dapat mempertimbangkan genset mana saja yang paling pas untuk dipasang di dalam rumah Anda.

Harga dan Rekomendasi Genset 2000 watt

Harga Genset 2000 Watt

Berikut ini adalah rekomendasi genset 2000 watt beserta harganya.

Multipro Genset Diesel Silent Generator Rp.27.500.000
Krisbow Generator 2800W 1PH Open KRP28 Rp.5.090.800
Loncin Generator Gas Rp.6.570.000
Duoms Genset Sinar Matahari GSM-200 Rp. 5.947.000
Yamaha Inverter Generator EF1000IS Rp.12.375.000
Honda Genset EU30is Rp.14.946.960

Kesimpulan

Genset biasanya digunakan untuk pemasok energi listrik cadangan pada saat listrik mengalami padam atau menjalani kegiatan pada di luar ruangan. Namun, terdapat beberapa hal yang harus para pengguna perhatikan ketika dalam memilih genset, seperti halnya bahan bakar serta tenaga yang dihasilkan.

Sebagai tambahan, harga di atas hanya sebagai referensi. Jika Anda ingin membelinya, silahkan beli secara online pada platform yang telah menyediakan nya atau langsung datang ke toko offline terdekat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *