Harga Filter Udara Mobil Terbaru

Filter udara mobil merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah kendaraan. Tugas yang utama dari komponen ini yaitu menyaring udara dari air intake ke dalam ruang pembakaran, oleh karena itu Anda tidak boleh menyepelekan komponen ini. Karena penumpukan kotoran pada filter mobil akan mengakibatkan tarikan mobil menjadi lebih lemah dan tidak responsif, terutama pada saat mengemudi diposisi jalan yang menanjak.

Selain itu konsumsi pada bahan bakarnya juga akan menjadi lebih boros dan pada suara mesin menjadi kasar. Karena adanya pembakaran di dalam ruang mesin yang tidak sempurna. Apabila dibiarkan dengan terus menerus akan menimbulkan akibat yang fatal karena akan merusak mesin di keseluruhan.

Fungsi Filter Udara Mobil

Harga Filter Udara Mobil Terbaru

Sesuai dengan namanya, filter udara ini mempunyai tujuan untuk menyaring udara. Filter udara terletak di sisi bagian atas mesin dan juga tertutup dengan rumah filter kemudian akan mengalirkan udara ke dalam ruang pembakaran. Rumah filter ini telah dilindungi dengan adanya klep yang bertujuan untuk mencegah kebocoran di udara. Performa dari mesin secara keseluruhan sangat bergantung pada kualitas dan kebersihan filter udara. Berikut ini adalah beberapa fungsi filter udara pada mobil.

Baca Juga :  Berikut Ini Harga Cat Anti Bocor No Drop di Tahun 2022

1.Menjaga Proses Pembakaran Tidak Terganggu

Fungsi yang pertama adalah untuk menjaga adanya proses pembakaran pada mobil agar tidak mengalami gangguan. Filter ini akan menyaring semua kotoran dan debu sehingga tidak dapat mengganggu proses pembakaran pada kendaraan. Jika terganggu, akan mengakibatkan mobil Anda menjadi tidak bisa digunakan. Hal ini juga telah disebabkan oleh kotoran dan debu yang masuk ke dalam ruang mesin.  Sementara itu, debu yang akan masuk ke dalam sistem Injeksi dan kemudian akan masuk ke dalam ruang mesin. Dari debu yang telah menumpuk maka kinerja ruang mesin akan menjadi terganggu, sehingga mobil tidak dapat digunakan.

Sebenarnya efek yang akan terjadi tidak tidak akan menyebabkan mobil menjadi mati total. Karena biasanya akan dimulai dari bahan bakar mobil yang menjadi cepat habis dan kendaraan akan menjadi lebih lambat pada saat digunakan. Jika bahan bakar cepat habis, tentu saja akan mengakibatkan boros dan akan sering mengisi ulang bensin. Supaya hal tersebut tidak terjadi, maka hal yang harus Anda lakukan pada filter udara mobil ini adalah melakukan pengecekan secara rutin. Anda dapat mulai mengecek apakah terdapat debu atau kotoran yang telah menumpuk dan dapat langsung dibersihkan. Pengecekan ini juga dapat dilakukan sendiri maupun di bengkel.

Baca Juga :  Rekomendasi Laptop Dell Core i5 Beserta Harganya

2.Menjaga Komponen Lain Agar Tidak Rusak

Fungsi yang kedua adalah menjaga dan merawat komponen kendaraan yang lain agar tidak akan mengalami kerusakan. Filter ini telah bekerja secara maksimal dengan tujuan untuk menyaring kotoran dan debu agar tidak masuk ke komponen lain, maka semua bagian yang terdapat didalam mobil akan terlindungi sehingga akan tetap awet.

Anda harus membersihkan penyaring udara ini dengan cara menyemprotkan kompresor ke bagian dalamnya jika kondisi komponennya tidak terlalu banyak kotoran. Akan tetapi jika kotorannya telah menumpuk dan khawatir akan merusak komponen lainnya, maka baiknya diganti dengan yang baru saja. Hal ini perlu dilakukan karena akan dikhawatirkan dapat berpengaruh pada performa komponen lain. Karena penyaring udara ini memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil.

Salah satu komponen yang dapat terkena dampaknya yaitu ruang pembakaran. Di ruang pembakaran akan banyak muncul kerak dan menjadi jauh lebih kotor. Lalu bagaimana dengan air yang berada di dalam penyaring udara? Anda dapat membersihkannya dengan cara berkala. Setiap penggunaan kendaraan yang sejauh 10.000 km, Anda juga harus menggantinya dengan air yang baru. Anda juga dapat mengganti air filter di setiap 40.000 km perjalanan.

Baca Juga :  Harga BTS Meal McDonalds Terbaru 2021 + Promo Menariknya!

3.Dapat Meningkatkan Performa Ruang Mesin

Fungsi yang berikutnya adalah untuk meningkatkan performa ruang mesin. Ruang mesin merupakan salah satu kendali yang utama pada mobil Anda sehingga Anda harus dirawat dan dijaga dengan sebaik mungkin. Jika kondisi ruang mesin pada mobil Anda bersih maka ketika mobil Anda digunakan akan terasa lebih nyaman.

Filter udara memang memang mempunyai peran yang penting dalam proses peningkatan performa tersebut. Komponen ini akan menjadi menyaring debu, kotoran dan juga udara yang akan masuk, sehingga tidak akan menyentuh ruang mesin.

Mengingat adanya fungsi tersebut, jika komponen ini tidak tersedia atau mengalami kerusakan, maka performa dari ruang mesin ini juga akan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan oleh air dari penyaring udara telah kotor. Hal ini juga akan mempengaruhi pada performa kendaraan.

Selain itu mesin ini juga tidak akan menghasilkan tenaga maksimal karena adanya komponen yang penting telah kotor. Oleh sebab itu, Anda wajib meluangkan waktu agar melakukan pengecekan. Anda juga dapat membawanya ke bengkel terdekat jika Anda tidak ahli dalam bidang ini. Jika komponen ini telah rusak parah, alangkah baiknya jika Anda harus langsung menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga :  Kredit Harga Honda Brio 2022 Baru dan Bekas

4.Menjaga Kualitas Dari Kendaraan

Fungsi filter udara yang terakhir yaitu menjaga kualitas kendaraan agar menjadi lebih awet dan akan tetap dalam kondisi yang baik pada saat digunakan. Apalagi jika Anda telah melakukan perawatan dengan rutin, maka kondisi komponen ini juga akan menjadi tetap bersih. Hal ini juga akan berpengaruh pada kualitas dari kendaraan Anda, karena komponen lainnya juga akan tetap dalam keadaan yang baik. Komponen ini dapat menyaring partikel sampai yang sangat kecil, sehingga tidak akan masuk ke dalam bagian kendaraan lainnya.

Jika Anda dapat menjaga filter udara ini maka proses dari penyaringannya juga akan berjalan dengan lancar. Hal itu juga telah berkaitan dengan adanya kualitas udara yang masuk ke dalam kendaraan. Jika udara yang masuk ini bersih, maka proses dari pembakaran juga tidak akan mengalami gangguan dan kualitas dari kendaraan juga akan tetap terjaga. Waktu yang digunakan untuk melakukan pembersihan ini sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, akan tetapi alangkah baiknya jika dilakukan pada saat musim kemarau. Hal ini karena pada saat musim kemarau menjadi lebih banyak kotoran dan debu yang masuk ke dalam kendaraan yang akan mengganggu kinerjanya. Untuk merawat komponen ini dan komponen lainnya dalam kendaraan, Anda dapat melakukan service secara berkala di bengkel.

Baca Juga :  Daftar Harga Mobil Chevolet Colorado

Harga Filter Udara Mobil

Harga Filter Udara Mobil Terbaru

Harga dari filter udara mobil ini dapat dibilang cukup bervariasi dan tergantung dari bahannya. Pada umumnya harga filter ini dengan bahan kertas yang berkualitas baik merupakan berkisar di antara Rp.100.000 sampai Rp.200.000. Sementara itu filter udara dengan bahan busa yang berkualitas tinggi yaitu berkisar antara Rp.200.000 sampai Rp.350.000. Sementara itu, filter udara dengan bahan kain mempunyai harga yang sedikit lebih mahal karena adanya umur penggunaannya yang lebih panjang jika dibandingkan dengan yang lain. Filter udara dengan bahan kain untuk mobil ini mempunyai harga berkisar antara Rp.300.000 sampai Rp.450.000. Harganya juga jauh lebih mahal karena telah memberikan kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan kertas dan busa.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.