Harga Aki Motor Beat

Harga Aki Motor Beat

Dailysuka.com – Aki motor memang menjadi salah satu pokok kelistrikan pada motor, bahkan kendaraan lain pun juga demikian. Walaupun memang seiring penggunaan yang semakin lama juga akan rusak. Jika Anda sedang mengalami beberapa masalah pada motor terutama pada bagian stater maupun pengisian aki, berikut akan kita bahas faktor penyebab, tips dan harga dari aki motor Beat maupun motor merk lain.

Aki memang sumber utama arus listrik pada berbagai kendaraan. Semakin besar dan performa kendaraan, maka semakin besar juga konsumsi daya listrik dan aki penyimpanan arus. Pada dasarnya aki ini memang merupakan baterai. Namun baterai ini bisa menyimpan arus, bisa di charge dan mengeluarkan arus. Secara kompatibel, dua fungsi bisa berjalan sekaligus pada jenis baterai isi ulang. Baik mengeluarkan arus dan menyimpan arus. Tak hanya aki motor saja, baterai lain juga begitu, misalnya laptop dan ponsel Anda.

Aki ini ada dua jenis, yang pertama aki kering dan yang kedua aki basah. Namun sekarang ini memang lebih banyak di pasaran dan pada penggunaan kendaraan terbaru juga paling banyak menggunakan aki kering. Seiring dengan berjalannya waktu, aki juga bisa melemah. Ini karena kandungan air aki di dalamnya yang sudah lemah dan tidak dapat menyimpan daya listrik. Walaupun memang permasalahan motor tidak bisa di stater juga ada berbagai penyebab, tidak hanya mengacu pada aki saja.

Baca Juga :  Harga Mobil Isuzu Elf Terbaru

Misal pada bagian switch stater, kabel penghubung switch, fuse, dan pada motor stater itu sendiri. Kadang juga masalah sepele, misalnya saja pada sekring yang putus, atau kabel dari aki baik plus atau min tidak tersambung dengan kuat pada terminal aki. Untuk beberapa kasus memang pada pengisian yang tidak stabil, dan kadang masalah juga ada pada sistem dan rangkaian listrik pengisian. Ini bisa Anda cek di bagian aki pada saat motor dihidupkan, kemudian ukur tegangan dari aki. Jika lebih dari 12 volt, berarti aki dalam keadaan pengisian, namun jika terus berkurang, ada masalah pada sistem pengisian di kendaraan Anda.

Daftar Isi

Baca Juga :  Harga Domain dan Hosting Pertahun

Tips Agar Aki Motor Beat Awet

Harga Aki Motor Beat

Motor Beat yang baru memang menggunakan sistem injeksi pada pembakaran bahan bakar di mesin. Tentu saja sudah kita tahu kalau mesin yang menggunakan injeksi jauh lebih irit bahan bakar, karena ini sudah menggunakan ECU. Pada motor Beat injeksi, dalam keadaan on saja akan ada bunyi persiapan mesin dengan indikator kuning di bagian spedometer. Untuk menyalakan motor, memang tunggu dulu sampai bunyi selesai dan lampu mati.

Untuk menjaga agar aki motor Beat Anda awet, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda lakukan. Berikut beberapa tipsnya,

1. Tidak Memasang Berbagai Aksesoris di Luar Kapasitas Daya Baterai

Kapasitas daya dan arus dari baterai motor Beat memang sudah diperhitungkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak memasang berbagai aksesoris motor di luar kapasitas daya baterai. Misalnya saja lampu variasi, maupun klakson. Atau memodifikasi yang tidak sesuai standar kelistrikan.

Jika berlebihan dalam memodifikasi kelistrikan tentu akan mempengaruhi dari arus baterai itu sendiri. Secara singkatnya, kebutuhan dan beban listrik yang dibutuhkan semakin besar, sementara nantinya juga tidak seimbang dengan arus yang masuk pada saat pengisian. Ini yang memang sering terjadi pada berbagai jenis kendaraan. Misalnya saja pada mobil yang menggunakan audio berlebih, tentu akan mempengaruhi daya baterainya.

Baca Juga :  Harga Baterai Xiaomi 5A / Note 5A Terbaru dan Terbaik

2. Cek Arus Pengisian Baterai Secara Berkala

Jika terjadi sekali saja motor Anda tidak bisa di stater, sebaiknya cek saja kapasitas baterai dan daya pengisian. Anda bisa menggunakan AVO meter, kemudian motor dihidupkan. Setelah itu cek pada tegangan yang masuk, jika memang lebih dari 12 V, maka ada pengisian. Jika tidak, dan bahkan kurang, sebaiknya Anda cek bagian sistem arus pengisian aki pada motor Anda.

3. Nyalakan Kendaraan dan Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Jangan lupa untuk panaskan mesin sebelum digunakan. Ini sangat penting, karena memang motor yang sering tidak digunakan kemungkinan arus yang ada pada aki juga akan melemah. Jangan sampai aki motor atau mobil Anda rusak sia-sia hanya karena kendaraan Anda tidak digunakan.

4. Jika Arus dan Daya Rendah, Charger Menggunakan Charger Khusus Pengisian Aki

Jika sudah Anda cek pada bagian tegangan dan arus memang sedikit, Anda bisa cas dulu aki Anda dengan alat pengisian khusus. Anda bisa membelinya lewat toko online. Atau juga bisa lewat pengisian aki terdekat, harganya juga paling 10 ribu untuk sekali pengisian. Karena walaupun di pindah ke motor yang sudah hidup sekalipun, tetap juga tidak akan mengisi, karena aki sudah terlanjur kosong. Dan ini perlu daya yang lebih kuat untuk memasukkan arus ke dalam baterai.

Baca Juga :  Harga Gift TikTok

Faktor Penyebab Kerusakan Aki Motor

Harga Aki Motor Beat

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat aki motor Beat Anda cepat rusak. Misalnya saja mulai aksesoris, konslet, atau pun aki motor Anda terendam air.

1. Pemasangan Aksesoris yang Berlebihan

Aksesoris yang berlebihan memang bisa membuat aki motor jadi mengeluarkan daya yang berlebihan, sementara ini bisa tidak berimbang dengan arus suplai pengisian yang masuk. Kemudian pada beberapa aksesoris juga membutuhkan daya lebih besar dan komponen utama dalam kendaraan.

Sebaiknya Anda hitung dulu kebutuhan arus sebelum memasang aksesoris kendaraan motor Anda.

2. Konsleting atau Ada Hubung Singkat Arus Pendek

Sering kali juga karena adanya konsleting arus listrik. Baik kabel yang putus, mengelupas maupun ada benda yang menghubungkan kedua terminal kabel atau pun terminal komponen kelistrikan. Namun biasanya kalau ada konsleting juga akan kalah pada bagian sekring atau fuse. Bagian ini memang akan memanas dan putus jika terjadi hubungan singkat arus listrik. Coba Anda lihat di bagian sekring, biasanya pada motor ada di sebelah aki. Cek satu persatu jika ada yang putus dan setelah diganti baru masih putus lagi, Anda bisa cek sistem pengisian baterai.

Baca Juga :  Harga Remote TV Polytron dan Aplikasi Remote TV Android

3. Penutup Aki Rusak atau Aki Terendam Air

Penutup aki memang sangat penting, namun kadang orang juga ceroboh, kadang juga cuma mencuci kendaraan, aki bisa terendam dan bahkan basah. Ini sangat berbahaya dan bahkan aki bisa langsung konsleting. Atau pada kendaraan yang terendam dan nekat menerobos banjir, justru ini bisa merusak motor secara keseluruhan.

Harga Aki Motor Beat

Untuk harga aki motor Beat yang baru ini ada berbagai macam. Namun kami akan merekomendasikan merk yang sudah digunakan oleh banyak kendaraan dan sudah terkemuka. Misalnya saja GS, untuk harganya sendiri sekitar 230 sampai 300 ribuan. Ini juga tergantung di mana Anda beli dan lengkap dengan jasa pemasangan atau tidaknya. Namun kami sarankan untuk menggunakan aki GS yang asli, karena memang sekarang ini banyak barang tiruan dan imitasi beredar di pasaran, bahkan dengan harga yang sangat murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *